Kandungan, Indikasi, Cara Pemakaian, Dosis dan Harga Valacyclovir

Dari sekian banyak kulit di luar sana, herpes menjadi salah satu yang paling ditakuti, apalagi jenis herpes yang mudah menular dan dapat menurunkan daya imun . Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan memberikan obat antivirus, seperti Valacyclovir, yang harganya memang tidak bisa dibilang .

Ilustrasi: penyakit herpes (sumber: singlecare.com)

Ilustrasi: penyakit herpes (sumber: singlecare.com)

Obat antivirus memang dapat digunakan dalam pengobatan penyakit herpes. Obat tersebut terbukti efektif melawan infeksi HSV dengan cara menghambat sintesis DNA virus. Sehingga, perkembangan virus herpes virus terhambat, dan penyakit dapat disembuhkan. Secara umum, obat antivirus untuk herpes yang beredar di pasaran adalah Valacyclovir.[1]

Kandungan dan Indikasi Valacyclovir

Valacyclovir merupakan obat generik yang memiliki berbagai macam merek dagang, seperti  Vandavir, Zostavir, Cloviar, Inlacyl, Valacyclovir, Iclofar, Valtrex, Inclovir, Norus, Valvir, Herclov, Valcor, dan masih banyak lagi. Umumnya, dalam satu kemasan tablet obat ini, mengandung Valacyclovir sebanyak 500 mg.

Valacyclovir sendiri digunakan untuk mengobati penyakit akibat virus seperti herpes pada pasien dengan gangguan imun. Valacyclovir memiliki indikasi untuk mengobati herpes zoster, herpes labialis, herpes genital awal dan rekuren.

Baca juga  Harga Kiranti Sehat Datang Bulan dan Pegal Linu

Cara kerja obat adalah Valacyclovir akan diubah menjadi acyclovir di dalam saluran pencernaan dan hati. Kemudian, antivirus ini akan menghambat polimerase DNA secara kompetitif di dalam DNA virus setelah diaktifkan dalam bentuk acyclovir trifosfat. Bentuk aktif tersebut akan menghambat sintesis DNA dengan cara menutup backbone rantai DNA.

Meskipun Valacyclovir dapat menghentikan pertumbuhan virus penyebab infeksi, obat ini tidak bisa menghilangkan virus sepenuhnya dari tubuh. Obat hanya mampu mengurangi gejala yang ditimbulkan, mempercepat proses penyembuhan, dan mencegah penyakit kambuh lagi. Obat Valacyclovir dapat bekerja dengan baik, apabila pasien mengonsumsinya dengan cara yang tepat.

Cara Konsumsi Valacyclovir

Valacyclovir merupakan salah satu jenis obat resep yang bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak berusia 12 tahun keatas, setelah makan. Karena obat ini termasuk kategori B, meskipun dapat dikonsumsi oleh orang hamil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika sedang hamil. Namun, obat antivirus ini tidak dianjurkan untuk ibu menyusui, karena kandungan obat dapat diserap oleh ASI.

Obat valacyclovir (sumber: nurx.com)

Obat valacyclovir (sumber: nurx.com)

Valacyclovir juga tidak disarankan bagi pasien penderita HIV, gangguan ginjal, alergi terhadap kandungan obat atau alergi terhadap acyclovir, dan pernah menjalani transplantasi ginjal atau sumsum. Selain itu, jika pasien sedang menjalani terapi atau mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terkait boleh tidaknya memakai obat tersebut.

Baca juga  Update Kisaran Biaya Operasi Hipospadia

Selain memperhatikan cara konsumsinya, Anda juga perlu memperhatikan dosis penggunaan Valacyclovir. Dilansir dari alodokter, berikut adalah dosis pemakaian Valacyclovir secara umum.

Dosis dan Efek Samping Valacyclovir

KondisiUsiaDosis
Herpes zosterDewasa1 gr, 3 kali sehari, selama 7 hari.Pasien dengan sistem kekebalan tubuh rendah (misalnya penderita HIV): Lanjutkan pengobatan selama 2 hari setelah bintil kering.
Herpes labialisDewasa dan anak-anak (di atas 12 tahun)2 gr, setiap 12 jam, untuk 1 hari.
Herpes genitalDewasa dan anak-anak (di atas 12 tahun)500 mg – 1 gr, 2 kali sehari, selama 10 hari. Bila berulang, konsumsi 3-5 hari saja.
Pencegahan infeksi cytomegalovirus pada pasien dengan sistem kekebalan tubuh rendahDewasa dan anak-anak (di atas 12 tahun)2 gr, 4 kali sehari.Untuk pasien transplantasi, pengobatan segera dilakukan setelah transplantasi dan berlangsung selama 90 hari.
Pencegahan herpes simpleks berulangDewasa dan anak-anak (di atas 12 tahun)500 mg per hari, dapat dikonsumsi langsung atau dibagi menjadi 2 dosis.Pasien dengan sistem kekebalan tubuh rendah: 500 mg, 2 kali sehari. Pengobatan akan dievaluasi ulang setelah 6-12 bulan masa pengobatan.
Produk obat valacyclovir (sumber: forhims.com)

Produk obat valacyclovir (sumber: forhims.com)

Jika Anda tidak memperhatikan dengan baik cara konsumsi dan dosis Valacyclovir, maka ada efek samping yang dapat timbul, seperti kepala, penurunan fungsi hati, peradangan saluran pernapasan bagian atas, mual, nyeri perut, dan turunnya sel darah putih. Apabila Anda yang ingin membeli Valacyclovir, Anda juga perlu mengetahui harganya. Sehingga, mudah bagi Anda untuk memperkirakan anggaran belanja obat-obatan.

Baca juga  Harga Terbaru Masker Penutup Hidung dan Mulut Merk Sensi di Apotik

Harga Valacyclovir

Merek ValacyclovirHarga (Rp)
Zostavit 1 Kaplet9.000
Valvir 1 Kaplet10.000
Cloviar 1 Kaplet11.500
Zostavit 1 Box165.000
Herclov 1 Box195.500
Valvir 1 Box679.000
Clovir 1 Box150.000
Iclofar 1 Kaplet24.000
Inclovir 1 Box117.000

Informasi harga Valacyclovir di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagang online. Harga Valacyclovir  tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Kusumastuti, Endah. 2016. Gingivostomatitis Hepertika Primer pada NY. N Usia 32 Tahun. Jurnal Wiyata, Vol. 3(2): 156-161.

author

Leave a reply "Kandungan, Indikasi, Cara Pemakaian, Dosis dan Harga Valacyclovir"