Kegunaan dan Harga Alat USG Kucing di Pasaran

Bagi Anda yang memiliki di rumah, khususnya kucing ras berbulu tebal, tampaknya akan sulit mengetahui apakah anabul kesayangan Anda sedang hamil atau hanya gembul. Untuk itu, dokter hewan menyarankan kucing untuk melewati pemeriksaan kehamilan menggunakan USG yang biayanya relatif mahal karena alat USG sendiri tidak murah.

USG pada kucing (youtube: Kitten Street)
USG pada kucing (youtube: Kitten Street)

Kegunaan USG

Kebuntingan pada umumnya berkisar 63-67 hari sejak perkawinan pertama, dimulai dari ovum mengalami fertilisasi hingga melahirkan, termasuk implantasi dan plasentasi.[1] Indikasi kucing hamil selain perutnya yang membesar adalah peningkatan protein kebuntingan yang disebut feline conceptus.

Bacaan Lainnya

Feline conceptus dihasilkan organ-organ reproduksi betina seperti endometrium (uterus) yang mengurangi false negative dan positif. Untuk menentukan usia kebuntingan kucing bisa menggunakan alat USG dengan mengukur diameter kepala pada fetus dengan perkiraan usia lebih dari 30 hari.

Selain itu, alat USG kucing memiliki untuk mengetahui kesehatan kucing. Pada beberapa kucing ras, ada yang berisiko terkena penyakit hati dan ginjal. Untuk cek kesehatan bulanan atau tahunan, dokter hewan akan menggunakan USG. Memang, USG juga mampu mendeteksi adanya kelainan atau penyakit pada saluran kemih, liver, jantung, hati, dan ginjal.

Baca juga  Cara Penyajian dan Update Harga Chocolatos Drink (Sachet & Pack)

Pada beberapa kasus, USG juga dibutuhkan untuk mendeteksi kebersihan rahim kucing. Umumnya ini untuk menganalisis kesehatan kucing setelah melahirkan dan keguguran. Rahim kucing memiliki banyak kantong dan ini menyebabkan mereka mampu melahirkan 2-5 kitten.

Untuk kucing yang stunting atau kucing ras tertentu yang memiliki kelainan genetik, diketahui berisiko mengalami keguguran jika hanya ada satu bayi berukuran besar dalam satu kantung dan si induk tidak mampu mengejan. Biasanya, owner kucing akan membantu induk kucing melahirkan dengan cara menarik kepala anak kucing yang sudah mulai keluar.

Setelah anak kucing keluar dalam keadaan tidak bernyawa, owner kucing harus segera membawa anabul kesayangannya ke dokter hewan. Dokter akan memeriksa apakah di dalam kantong rahim kucing masih ada janin yang tersisa atau sudah bersih menggunakan USG. Jika masih ada janin yang tersisa dalam keadaan mati, maka kucing harus melakukan prosedur kuret.

Sementara itu, jika sudah tidak ada janin kucing yang tersisa, dokter umumnya akan memberikan obat khusus seperti antibiotik, pereda nyeri, dan anti-inflamasi. Nah, bagi Anda yang ingin memeriksakan kehamilan kucing Anda, pastikan juga mengetahui biaya treatment USG kucing seperti berikut.

Baca juga  Info Terkini Harga Vaksin Hepatitis B Dewasa

Biaya USG Kucing

Untuk melakukan USG, Anda bisa membawa anabul kesayangan ke klinik hewan terdekat. Dilansir dari Klinik Online Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, umumnya biaya USG kucing berkisar Rp100 ribu hingga Rp150 ribu. Ini belum termasuk konsultasi, pendaftaran, vitamin, dan obat kehamilan kucing jika diperlukan. Lalu, berapa alat USG kucing saat ini? Berikut tabelnya.

USG pada kucing (sumber: depositphotos)
USG pada kucing (sumber: depositphotos)

USG Kucing

Merek/Tipe USG Kucing Spesifikasi
SP Mindray Vet USG Kucing ●       Ultrasound Portable

●       2D Black and White

●       Tipe DP-10

●       Probe Micro-Convex 1

●       Slim & Smart

●       LED Monitor 12,1 inci

Rp33.000.000
SUN-808F USG Kucing ●       Electronic Linear Array

●       Electronic Convex Array

●       Model (B, B/B, B/M, M, 4B)

●       Grayscale 256 levels

●       Four Selectable Gamma Curve

●       Transducer Frequency 2,5-8,5 MHz

●       Penyimpanan Permanen 1024

●       Cine Loop >=400 Frame

●       2 USB Ports

●       8 IP Set

Rp33.333.000
Mindray DP10 VET USG Kucing ●       Power Doppler Versi terbaru

●       Probe Convex

●       Kabel Power

●       Kabel Printer

●       Slim & Smart

●       LED Monitor 12,1 inci

Rp36.000.000
CTS 800 Alat USG Kucing ●       Ultrasound USG

●       Monitor 7 inci

●       WVGA LCD Monitor

●       Environmental Rating PS54

●       Baterai Bisa Bertahan hingga 3 jam

●       Berat 0,8 kg

●       Display Mode (B, 2B, Zoom B, B/M, M)

●       Depth Max to 250 mm

●       B Gain 0-100

●       Penyimpanan Gambar 256 frames

●       Cine Loop 256 frames

●       Image Layout transverse/ vertical

●       Probe L50/7,5 MHz

Rp64.000.000
Sogata SG10 USG Kucing ●       Monitor

●       Display Mode Bervariasi

●       Dilengkapi Penyimpanan

●       Image Layout

●       Bisa Terhubung Printer

Rp67.500.000

alat USG kucing di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga USG kucing tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Khairunnisa, Nabila Safira. 2020. Kandidat Diagnosa Kebuntingan Berdasarkan Screening Protein Feline Conceptus dan Pengukuran Diameter Kepala Fetus Dengan USG (Ultrasonografi) pada Kucing (Felis domestica) Bunting Usia 41-60 Hari (Skripsi). Universitas Brawijaya Malang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.