Harga Urinoir American Standard Asli (Berbagai Tipe)

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan urinoir atau urinoar. Ini adalah kamar atau ruangan untuk buang air kecil (air seni) atau tempat kecil atau kamar kecil yang khusus dipakai untuk kaum pria. Diklaim melambangkan peradaban yang lebih modern, sudah ada banyak yang urinoir yang dapat Anda temukan, seperti Toto, American Standard, dan lainnya, yang dijual dengan harga bervariasi, tergantung brand dan tipe.

Urinoir American Standard (sumber: fandom.com)
Urinoir American Standard (sumber: fandom.com)

Apa Itu Urinoir?

Secara singkat, urinoir adalah tempat kencing, salah satu alat sanitasi yang berguna sebagai tempat buang air kecil, khususnya untuk kaum pria, yang limbahnya dapat langsung dialirkan ke selokan atau tempat penampungan.[1] Ini adalah jenis toilet otomatis yang dapat menyiram air kencing dengan sendirinya, Urinoir merupakan salah satu sanitasi yang diciptakan untuk menunjang kemudahan manusia dalam hal buang air kecil. Biasanya, urinoir ditempatkan di fasilitas-fasilitas publik seperti mal-mal, kantor, hotel, kampus, bahkan di masjid.[2]

Bacaan Lainnya

Model ini adalah jenis yang mengadopsi teknologi sensor infrared. Sensor ini akan bekerja jika terdapat panas (suhu badan) yang mendekat. Jadi, ketika seseorang mulai mendekati urinoir, sensor akan aktif dan mengeluarkan air. Namun, air tersebut akan ditampung terlebih dahulu, kemudian dikeluarkan sekitar lima sampai sepuluh detik setelah orang tersebut meninggalkan urinoir.

Review Urinoir American Standard

Di pasaran sendiri, seperti disinggung di atas, sudah banyak urinoir yang dapat Anda temukan, dan salah satu yang cukup populer adalah American Standard. Secara tampilan, urinoir American Standard berbentuk kotak dengan bagian dalam yang terhubung langsung dengan selang pembuangan. Bagian atasnya telah dilengkapi dengan selang serta tempat untuk meletakkan kran otomatis. Produk ini juga memiliki lubang pengait untuk memasang paku, sehingga urinoir bisa diletakkan dengan posisi menggantung di dinding, sehingga tidak akan membutuhkan banyak tempat.

Produk urinoar buatan American Standard terbuat dari porselen dengan kualitas premium dan cukup tebal, sehingga diklaim tidak mudah pecah dan awet. Bagian dalamnya memiliki bentuk berlekuk dan cembung atau biasa disebut dengan permukaan anti-bakteri. Hal ini membuat produk diyakini lebih terjaga kebersihannya dan tetap higienis saat dipakai.

Permukaan porselen yang licin dan mengilap membuat urinoir buatan American Standard mudah dibersihkan dan tidak mudah berkerak atau berubah warna akibat urine. Untuk membersihkan produk ini, Anda hanya membutuhkan lap atau sikat dan bahan pembersih toilet. Beberapa orang memilih bahan pembersih yang berbentuk karena mudah dibilas.

Saat ini, urinoir American Standard kebanyakan dijual terpisah dengan krannya, sehingga Anda bisa memilih tipe kran yang akan dipasang. Anda bisa memilih kran manual yang diputar atau kran otomatis yang ditekan. Pilihlah kran yang sesuai dengan kebutuhan dan desain tema kamar mandi Anda. Anda juga bisa memilih alat penyiram otomatis flush yang ditekan di bagian atas. Lalu, berapa harga urinoir American Standard saat ini?

Urinoir American Standard (sumber: wayfair)

Harga Urinoir American Standard

Tipe Urinoir American Standard Harga
American Standard Washbrook Top Spud Urinal Rp1.799.000  Q Rp2.415.000
American Standard Maybrook II Top Spud Urinal Rp1.925.000 – Rp2.150.000
American Standard Mini Washbrook Top Spud Urinal Rp2.868.050 – Rp3.080.000
American Standard Longbrook Integrated Sensor Rp10.545.750

Informasi harga urinoir American Standard di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan rumah tangga dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga urinoir produksi American Standard tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga urinoir di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Apabila Anda memutuskan membeli urinoir, baik dari American Standard atau produk lainnya, Anda harus mengetahui pemasangan urinoir yang tepat. Luas minimal satu toilet disarankan 90 cm x 150 cm, dengan ruang bebas minimal untuk lebar satu wastafel adalah 80 cm. Urinoir bisa dipasang dengan ketinggian 43,8 cm dari lantai bagi orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak sebaiknya memakai urinoir yang sampai ke lantai. Satu buah urinoir biasanya membutuhkan ruang dengan lebar 80 cm, dengan lebar dinding pemisah sekitar 45 cm dan ketinggian 105 cm.

[1] Prihantono, Achmadi. 2018. Kendali Otomatis Penyiraman Urinoir dengan Sensor Ultrasonik dan Arduino Uno. ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Universitas Islam Blitar, Vol. 12(2): 1-7.

[2] Hidayat, Rizqi, 2016. Penggunaan Toilet Jongkok dan Duduk dalam Perspektif Hukum Islam dan Kesehatan (Skripsi). IAIN Palangkaraya, hlm. 4.

Pos terkait