Info Harga Ular Jagung (Corn Snake) di Pasar Hewan

adalah jenis melata yang tidak memiliki kaki tapi punya tubuh yang panjang. Sama halnya seperti , tubuh ular diselimuti oleh sisik sehingga termasuk ke dalam jenis reptil Squamata atau yang biasa disebut reptil bersisik. Ular termasuk jenis hewan karnivora. Banyak jenis ular yang bisa dipelihara, salah satunya adalah ular jagung atau corn snake, yang dijual mulai Rp500 ribuan.

Ular jagung (sumber: tailsandscales.ca)

Ular jagung (sumber: tailsandscales.ca)

Ular sendiri bisa digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu ular berbisa dan juga ular yang tak berbisa. Karena itu, ular menjadi hewan yang seringkali dianggap sebagai ancaman dan ditakuti oleh masyarakat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kekhawatiran masyarakat terhadap ular pun mulai berkurang. muda saat ini justru mulai menggemari ular dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Banyak jenis ular yang populer dan dijadikan sebagai ular peliharaan. Selain ular ball phyton, salah satu jenis ular yang biasa dipelihara adalah ular corn snake atau yang biasa disebut ular jagung. Jenis ular corn snake cukup banyak direkomendasikan bagi pemula untuk memulai hobinya. Karena, karakter ular jenis ini cukup jinak dan tidak agresif. 

Selain itu, jenis ular jagung juga bukan termasuk jenis ular yang memiliki bisa. Bahkan, saking jinaknya ular jenis ini, diklaim aman dipelihara oleh anak kecil sekalipun karena sudah terbiasa dengan manusia selama di peternakan.

Warna tubuh ular peliharaan jenis ini unik dan cerah. Kebanyakan jenis ular corn snake berwarna oranye dan bermotif sadel merah atau sedikit kecoklatan. Selain itu, di bagian bawah ular, juga bisa ditemukan corak yang bentuknya menyerupai catur. Bahkan, ada spesies khusus seperti albino corn snake yang putih bersih, dan palmetto corn snake yang tampak kalem. Ular ini sudah memiliki berbagai corak warna karena sudah banyak disilangkan. 

Cara Memelihara Ular Corn Snake  

  • Sediakan plastik yang diberi alas kandang yang berupa koran bekas yang bersih. Corn snake adalah ular soliter, artinya terbiasa sendiri. Disarankan agar Anda cukup menempatkan satu ekor ular jagung di satu kandang saja. Corn snake juga termasuk ular yang sangat pandai melepaskan diri dari kandang. Jadi, pastikan bahwa kandang selalu tertutup. Suhu kandang juga sebaiknya selalu stabil, berkisar antara 21 hingga 26 derajat Celcius. Ganti alas kandang setiap 2 minggu sekali, atau jika sudah terlihat kotor. 
  • Sediakan ranting panjat dan hiding box bagi ular corn snake, karena jenis yang satu ini sangat senang bersembunyi. 
  • Sediakan wadah berisi mineral di dalam kandang. 
  • Ular jagung dalam kandang (sumber: gotherping.com)

    Ular jagung dalam kandang (sumber: gotherping.com)

    Makanan corn snake berupa tikus putih berukuran kecil. Anda juga bisa memberikan cicak, pinkies, dan katak berukuran kecil. Sebaiknya jangan memberikan jangkrik sebagai makanan corn snake karena tidak cocok. Corn snake dewasa bisa diberikan makanan 10 hingga 12 hari sekali, dan bayi serta anakan corn snake bisa diberikan makan 5 hingga 7 hari sekali. 

  • Jangan memegang ular setelah diberi makan, biarkan ular mencerna makanannya terlebih dahulu. Anda baru bisa memegang corn snake peliharaan Anda 12 jam setelah diberi makan. 
  • Jika corn snake menunjukkan gejala ganti kulit, Anda bisa menyemprotkan air menggunakan spray ke tubuh corn snake sebanyak 3 kali sehari agar corn snake mudah dalam melepaskan kulitnya saat shedding. 

Kandang yang Cocok untuk Ular Corn Snake

Terdapat 4 tahap yang harus dilakukan untuk pembuatan ruangan atau kandang bagi ular jagung atau corn snake, yaitu:

Belilah tangki untuk ular dengan ukuran yang tepat

Ular jagung dewasa dapat mencapai ukuran sepanjang 1,4 m. Mungkin tidak akan membutuhkan kandang bervolume 75 L sebagai permulaan, namun seiring waktu Anda akan memerlukannya. Kandang dapat berupa tangki ataupun vivarium. Ketika ukuran ular masih kecil, ia dapat dipelihara dalam tangki yang lebih kecil pula, misalnya Exo Terra Faunarium atau produk serupa. Panjang ukuran vivarium harus sekitar 75-125 cm untuk ular yang sudah besar, pastikan saja kandang cukup besar karena tidak ada batas ukuran nyata.

Berikan panas yang cukup

Sediakan matras pemanas yang menutupi ⅓ lantai tangki untuk memberikan gradien panas yang tepat. Matras pemanas harus dikontrol menggunakan termostat karena dapat mencapai suhu lebih dari 120⁰ C, yang akan menyebabkan luka bakar tingkat tinggi pada ular. Letakkan matras pemanas di atas satu sisi untuk mendapatkan gradien. Suhu tangki harus berkisar antara 23-29⁰ C, dengan suhu lebih tinggi pada area yang hangat di satu sisi tangki.

Ular jagung dalam kandang (sumber: shpock.com)

Ular jagung dalam kandang (sumber: shpock.com)

Ular jagung adalah hewan nokturnal yang menggunakan panas dari dalam tanah, bukan dari matahari sehingga lampu pemanas tidak cocok digunakan di kandangnya. Batu panas tidak pernah cocok digunakan untuk hewan peliharaan manapun karena menyediakan sumber panas terbatas yang berlebihan. Batu panas dapat menyebabkan luka bakar serius pada ular.

Berikan ular tempat untuk bersembunyi

Anda harus menyediakan tempat bersembunyi bagi ular agar ia merasa aman. Cobalah menyediakan tempat persembunyian pada sisi yang hangat, pilihan lainnya bersifat opsional. Posisi persembunyian harus berada pada area tangki yang hangat, di atas matras pemanas. Tempat persembunyian dapat berupa apa pun, dari yang dibeli di toko hingga potongan lego. Berkreasilah, namun pastikan bahan yang digunakan tidak mengandung racun.

Lapisi tangki atau vivarium dengan substrat

Ada begitu banyak pelapis lantai berbeda yang tersedia secara komersial untuk ular jagung, tetapi serbuk aspen dan koran adalah pilihan terbaik. Koran merupakan alas yang paling baik karena sangat menyerap dan mudah diganti, walaupun pada kenyataannya tidak terlalu sedap dipandang. Gunakan serbuk aspen jika menginginkan substrat yang dekoratif. Pilihan baik lainnya adalah jerami atau kulit pohon cemara. Jangan gunakan serutan cedar untuk habitat ular karena dapat meracuni reptil.

Harga Ular Corn Snake 

Nah, seperti yang dijelaskan di atas, ular corn snake menjadi salah satu jenis ular yang direkomendasikan untuk dipelihara oleh pemula. Selain karena aman atau tidak berbisa, jenis ular ini juga memiliki corak dan warna kulit yang bervariasi. Di pasar hewan online maupun offline, ular corn snake dijual mulai harga Rp500 ribuan hingga Rp2 juta, tergantung dari corak dan warna kulit corn snake. Semakin cantik warna dan coraknya, maka banderol harganya pun akan semakin mahal. 

Baca juga  Harga Frame Sepeda MTB United (Semua Tipe)
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Harga Ular Jagung (Corn Snake) di Pasar Hewan"