Harga Tulang Sumsum Sapi (1 kg, 800 gr, 3,6 kg) untuk Aneka Masakan

Memasak kaldu atau makanan berkuah, tentu akan lebih nikmat jika ditambah dengan tulang sumsum sapi. kaldu atau makanan akan menjadi lebih gurih dan kental. Jika Anda tertarik, tidak sulit menemukan tulang sumsum sapi, meskipun harganya memang tidak bisa dibilang murah.

Tulang Sumsum Sapi untuk Apa?

Tulang sumsum sapi dimanfaatkan banyak orang sebagai untuk membuat aneka masakan berkaldu, karena bagian ini mengandung banyak nutrisi. Secara ilmiah, tulang sumsum sapi mengandung banyak kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga tulang dan gigi.[1] Bagian hewan tersebut juga mengandung banyak kolagen yang baik untuk kesehatan kulit dan sel-sel dalam tubuh.

Tulang Sumsum Sapi - heritagehillsfarmstead.com

Tulang Sumsum Sapi - heritagehillsfarmstead.com

Kandungan kolagen pada tulang sumsum sapi adalah bagian penting yang sering dimanfaatkan untuk membuat tekstur kaldu yang kental dan legit. Kolagen juga akan membuat kuah masakan menjadi lebih padat dan berwarna kekuningan atau pekat. Semakin banyak jumlah tulang sumsum sapi yang dipakai untuk membuat kaldu, maka kaldunya akan semakin kental dan gurih.

Membuat Kaldu Tulang Sumsum Sapi

Tidak sulit membuat kaldu dari tulang sumsum sapi, karena Anda hanya perlu menyiapkan 800 gr hingga 1 kg tulang sumsum sapi dan air. Untuk membuat kaldu, sebaiknya Anda memilih tulang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Selain itu, pilih juga tulang yang mengandung sumsum tebal di bagian tengahnya.

Baca juga  Harga Sosis Jumbo di Pasaran (Berbagai Merk)

Cuci tulang sumsum sapi hingga bersih menggunakan air mengalir. Setelah itu, masukkan tulang ke dalam panci dan isi dengan air hingga seluruh tulang terendam. Nyalakan kompor dengan api sedang dan biarkan air mendidih. Matikan kompor dan buang air rebusan pertama yang masih mengandung banyak bakteri serta kotoran.

Masukkan tulang sumsum sapi ke dalam panci dan jangan lupa untuk membilas panci Anda setelah rebusan pertama. Setelah itu, tuang air ke dalam panci hingga tulang terendam semua. Nyalakan kompor dengan api kecil dan biarkan air mendidih. Setelah mendidih, ambil sendok dan perhatikan kekentalan kaldu. Jika Anda merasa kaldu kurang kental atau kurang pekat, Anda bisa merebusnya lagi hingga mendapatkan tekstur yang Anda inginkan.

Membuat kaldu dari tulang sumsum sapi memang terbilang gampang-gampang sulit. Terlalu sebentar memasak kaldu akan membuatnya menjadi encer. Secara umum, untuk mendapatkan kaldu tulang sumsum sapi yang berkualitas, Anda perlu memasaknya selama sekitar 1 hingga 3 jam. Ada juga orang yang memasaknya hingga 12 jam penuh jika ingin membuat kaldu dalam jumlah banyak.

Baca juga  Harga Mie Samyang (Semua Varian Rasa)

Manfaat Kaldu Tulang Sumsum Sapi

Kaldu tulang sumsum sapi bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran masakan. Cara paling simpel untuk memanfaatkan bahan ini adalah dengan membuat rebusan. Untuk membuat rebusan, Anda perlu menyiapkan sapi yang sudah diiris tipis-tipis, aneka sayur, jamur, dan aneka . Anda bisa memakai jenis sayur apa pun, namun akan lebih lezat jika memakai sawi hijau, bawang bombay, dan kol.

Cucilah semua bahan hingga bersih dan potong-potong sesuai selera agar mudah dimakan. Setelah itu, siapkan panci dan tuang kaldu tulang sumsum sapi. Nyalakan kompor dengan api sedang dan biarkan kaldu mendidih. Sambil menunggu kaldu siap, Anda bisa menambahkan sedikit garam, minyak wijen, dan kecap asin ke dalam bahan-bahan yang akan direbus.

Tulang Sumsum Sapi - shopee.co.id

Tulang Sumsum Sapi - shopee.co.id

Masukkan semua bahan rebusan ke dalam kaldu dan biarkan selama 3 hingga 5 menit atau hingga matang. Rebusan yang sudah jadi bisa langsung disantap dengan nasi atau tanpa nasi. Makanan rebusan seperti ini akan lebih nikmat jika dimakan bersama keluarga.

Baca juga  Info Review dan Harga Berbagai Menu Shabu Ghin

Selain dijadikan sebagai bahan rebusan, kaldu tulang sumsum juga enak dijadikan kuah bakso. Kuah bakso yang memakai kaldu tulang tersebut, rasanya akan lebih gurih dan memiliki yang khas. Supaya rasanya tidak terlalu hambar, Anda bisa menambahkan bawang goreng, garam, merica, dan penyedap rasa pada kuah bakso dari tulang sumsum sapi.

Tulang Sumsum Sapi

Tulang Sumsum SapiHarga (Rp)
Tulang Sumsum Sapi 1 kg30.000
Tulang Sumsum Sapi 800 gr25.000
Tulang Sumsum Sapi 3,6 kg76.000

Perlu Anda ketahui, harga tulang sumsum sapi di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga tulang sumsum sapi tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Prasetyo, Susiana S., dkk. 2004. Kajian Awal Ekstraksi Kolagen dari Tulang Sapi secara Batch (Laporan Ilmiah). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

author

Leave a reply "Harga Tulang Sumsum Sapi (1 kg, 800 gr, 3,6 kg) untuk Aneka Masakan"