Harga Truk Hino 700 Series

Bagi para pengiriman barang skala besar atau mereka yang berkecimpung di bidang pertambangan, konstruksi, hingga pertanian dan perkebunan, pasti sudah tidak asing lagi dengan Hino. Ini adalah salah satu merk truk karena dikatakan tangguh dan bisa digunakan di berbagai medan. PT Hino Motors Sales Indonesia selaku produsen sekaligus distributor telah merilis banyak truk untuk konsumen Indonesia, salah satunya Hino 700 Series. Hadir dalam beragam tipe dan beberapa sudah standar Euro4, harganya memang tidak bisa dikatakan murah.

Truk Hino 700 Series - (teropongmedia.id)
Truk Hino 700 Series – (teropongmedia.id)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan truk. Truk adalah salah satu kendaraan besar yang digunakan untuk mengangkut segala barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Karena muatan yang diangkut seringkali , mesin truk harus bertenaga besar serta punya bodi yang kuat.[1] Biasanya muatan akan diletakkan di badan truk yang berada di bagian belakang.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan jenis muatan, truk dapat dibagi menjadi beberapa tipe. Ada light duty truck, yakni truk paling kecil, biasanya digunakan untuk mengangkut barang yang relatif ringan seperti perabot , dapat bermanuver dan melewati jalan yang sempit. Sementara itu, untuk mengangkut bobot ringan hingga sedang, ada medium duty truck, misalnya truk pengangkut logistik, material bangunan, tangki susu, atau sepeda motor.

Terakhir, untuk mengangkut muatan yang sangat berat, ada heavy duty truck. Biasanya tractor head atau kepala kontainer masuk kategori ini. Truk ini mengusung mesin diesel berkapasitas besar dan kemampuan transmisi yang disempurnakan untuk beban muatan berat dan besar. Namun, kemampuan manuver truk tersebut sangat rendah, dengan roda bisa mencapai 22 buah.

Dari sekian merk truk, yang sudah meluncurkan model, baik light duty truck, medium duty truck, maupun heavy duty truck, di pasaran dalam negeri adalah Hino. Jika Anda belum familiar, Hino Motors adalah perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1942 silam setelah memisahkan diri dari Diesel Motor Industry. Sejak tahun 1973, perusahaan ini menjadi produsen truk medium dan truk heavy-duty di Jepang. Khusus di Tanah Air, perusahaan ini mulai eksis sejak April 2003 lalu.

Berbicara mengenai truk Hino, mungkin model yang paling populer adalah dump truck. Dump truck sendiri adalah jenis truk dengan bak terbuka yang dapat didongkrak atau diangkat ke atas, biasanya untuk mengangkut barang seperti , pasir, tanah, dan kerikil.[2] Selain dump truck, Hino pun punya sejumlah varian heavy duty truck yang cukup laris, yakni Hino 700 Series.

Varian Hino 700 Series

Dilansir dari situs resminya, Hino 700 Series terbagi menjadi beberapa seri. Untuk SS Series 6×4, perusahaan memiliki Hino SS1E TH yang didukung mesin diesel berkapasitas 12.913cc dengan tenaga maksimal 480 PS pada putaran 1.800 rpm. Sementara itu, untuk SV Series 6×4, ada Hino SV 4145, juga dengan mesin berkapasitas 12.913cc, tetapi tenaga sedikit lebih rendah, yakni 450 PS pada putaran 1.800 rpm.

Sementara itu, untuk ZS Series 6×4, perusahaan memiliki Hino ZS 4141 yang terbagi dalam dua tipe, yakni transmisi manual dan otomatis. Keduanya telah didukung dengan emisi berstandar Euro2. Selain itu, pabrikan pun memiliki Hino ZS 4141 dengan standar Euro4 untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis serta didukung sejumlah fitur canggih.

Terakhir, ZY Series 8×4 hadir dalam varian Hino ZY 5041. Seperti model Hino ZS 4141, produk ini juga hadir dalam sistem transmisi manual dan otomatis. Tidak cuma itu, juga tersedia Hino ZY 5041 Euro4. Model terbaru ini didukung mesin common rail Hino dengan Diesel Oxidation Catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO), dan Hidrokarbon (HC). Dengan beragam teknologi di dalamnya, membuat mesin common rail Hino memiliki emisi gas buang ramah lingkungan, efisiensi bahan bakar yang baik, dan menghasilkan suara mesin halus dan minim getaran.

Truk Hino 700 Series - (YouTube: Hino World )
Truk Hino 700 Series – (YouTube: Hino World )

Harga Truk Hino 700

Varian Hino 700 Harga
Hino SS1E TH Rp1.337.000.000
Hino ZS 4141 M/T Rp2.218.500.000
Hino ZY 5041 M/T Rp2.524.500.000

Daftar harga truk Hino 700 Series di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah dealer Hino di beberapa kota. Perlu Anda catat bahwa khusus harga Hino ZS 4141 dan Hino ZY 5041 adalah harga global, belum termasuk pajak distribusi barang ke dalam negeri (biasanya sebesar 10 persen). Harga tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih , Anda bisa mengunjungi dealer Hino terdekat.

[1] Castor, Harriet. 2005. Mesin-Mesin Besar: Truk (terjemahan Fita Fitria A.). Jakarta: Erlangga for Kids, hlm. 2.

[2] Maulana, Febryan. 2015. Rancang Bangun Dudukan Kabin Hino Dump Truck untuk Perbaikan. Politeknologi, Vol. 14(3).

Pos terkait