Harga Tripod Takara Eco Original (Semua Tipe)

No comment13 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat bernama tripod, terutama Anda yang berkecimpung di dunia fotografi. Secara garis besar, tripod adalah yang berguna untuk membantu fotografer memperoleh foto yang stabil dan hasil yang lebih baik lagi. Ada banyak tripod yang telah dirilis di pasaran, salah satu Takara Eco, yang saat ini dijual di kisaran harga ratusan ribu rupiah.

Pengertian dan Tripod

Fotografer menggunakan tripod

Fotografer menggunakan tripod

Menurut Wikipedia, tripod, atau kaki tiga, dikatakan sebagai alat stan untuk membantu agar badan bisa berdiri dengan tegak dan tegar. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan fotografer dalam mengambil gambar atau foto dan mengurangi noise yang ditimbulkan oleh guncangan tangan fotografer. Secara lebih rinci, manfaat tripod antara lain:

  • Tripod mampu meningkatkan ketajaman pada hasil potret, sebab dengan adanya tripod, kita bisa mengatur setting ISO menjadi rendah.
  • Tripod mampu menghasilkan light painting atau yang biasa disebut sebagai lukisan cahaya. Tanpa adanya tripod, hal ini akan sulit didapatkan. Mengapa demikian? Sebab dengan menggunakan tripod, speed rendah, bahkan terjadinya guncangan juga tetap bisa tertangkap kamera.
  • Tripod sangat baik bagi fotografer yang ingin memotret landscape. Dengan adanya tripod, aturan rule of third, komposisi angle, terjadinya guncangan, atau tempat yang tidak terjangkau oleh fotografer dapat diatasi dengan baik.
  • Tripod membuat beban menjadi lebih ringan. Bisa dibayangkan jika kita memotret tanpa tripod. Dengan kamera dan lensa yang sudah berat, hasil foto bisa tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Jadi, tripod benar-benar bisa menghemat tenaga.
  • Tripod membuat hasil foto HDR dan panorama menjadi sangat luar biasa.
  • Tripod memberi kemudahan kala membuat foto bersama (grup) dengan mengatur timer pada kamera. Tentu seorang fotografer sesekali ingin turut berfoto bersama dengan objeknya, kan? Hal ini juga bisa dilakukan kala ingin berfoto sendiri namun tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk mengambil foto kita.
  • Dengan adanya tripod, foto bintang, bulan, dan berbagai hal lainnya bisa didapatkan dan hasilnya dijamin luar biasa.
  • Tripod mampu meminimalkan terjadinya guncangan tak terduga.
  • Tripod bisa dijadikan stand untuk frame sekaligus dudukan reflector dan juga flash.
  • Tripod mampu mengatur komposisi supaya hasil potret lebih maksimal.
Fotografer menenteng tripod & kamera (sumber: adorama.com)

Fotografer menenteng tripod & kamera (sumber: adorama.com)

Tripod umumnya terbuat dari , namun ada yang dibuat dari besi, kayu, carbon fiber, hingga magnesium. Secara umum, tripod dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kepala dan bagian kaki. Jika bagian kaki bentuknya itu-itu saja, maka bagian kepala tripod dapat dibedakan lagi menjadi beberapa , yaitu:

  • Bullhead, baik untuk sebagian besar jenis fotografi dan merupakan kepala tripod yang sangat fleksibel. Cocok digunakan untuk bermacam-macam jenis fotografi yang membutuhkan keluwesan dalam komposisi. Bullhead biasanya berbentuk sederhana dan tidak terlalu besar sehingga mudah dikemas. Sangat disarankan bagi pengguna pemula tripod untuk memiliki kepala tripod berjenis Bullhead ini.
  • Three Way Head, baik digunakan bagi fotografer yang membutuhkan presisi tinggi, misalnya fotografi still life, arsitektur, dan sebagainya. Three Way Head sering juga disebut sebagai pan-tilt head, yang memungkinkan kita untuk mengubah salah satu axis saja, yakni horizontal dan vertikal. Kelemahan tripod kepala jenis ini terletak pada ukurannya yang lumayan besar sehingga repot untuk dikemas.
  • Fluid Head, cocok untuk merekam video sebab tripod ini memungkinkan pergerakan kamera yang mulus. Kepala tripod jenis ini juga sering digunakan untuk memotret burung.
  • Gimbal Head, sangat cocok memakai lensa besar dan berat, misal pada lensa telefoto untuk foto margasatwa, hewan liar, olahraga, dan sebagainya. Dengan kepala tripod Gimbal Head, kita akan merasa lebih mudah dan ringan saat mengarahkan lensa telefoto.

Selain tripod, alat bantu memotret lain yang juga cukup banyak digunakan adalah monopod. Perangkat ini pada dasarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan tripod, cuma desain monopod hanya memiliki satu kaki saja. Dibandingkan tripod, rupanya monopod memiliki berbagai keunggulan. Monopod ini relatif lebih ringan dan lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Di samping itu, ada juga alat bantu lain bernama stabilizer, yang secara umum bermanfaat untuk mengurangi guncangan dan membuat gambar terlihat lebih halus dan tajam. Sebelum mahir menggunakan stabilizer, Anda memang perlu berlatih terlebih dahulu karena teknik penggunaan alat bantu ini juga akan berpengaruh pada video yang dihasilkan.

Varian Tripod Takara Eco

Tripod Takara Eco (sumber: Tokopedia)

Tripod Takara Eco (sumber: Tokopedia)

Saat ini, tidak sulit mendapatkan tripod karena beragam merek sudah dijual bebas di pasaran. Nah, salah satu brand yang cukup digemari adalah Takara Eco. Brand ini sendiri memiliki beberapa varian tripod, salah satunya Takara Eco-196A. Ini adalah tripod yang diklaim berkualitas tinggi dan mampu menjawab kebutuhan fotografi Anda.

Takara Eco-196A terbuat dari bahan aluminium dan mampu menopang berat kamera hingga 3 kg. Tripod ini memiliki tinggi maksimum 1,45 meter, serta tinggi minimum hanya 47,5 cm. Anda dapat dengan nyaman mengambil gambar atau merekam situasi dengan tripod ini, tanpa perlu khawatir ukuran dan berat tripod saat dibawa travelling.

Varian lainnya adalah Takara Eco-193A, yang juga terbuat dari aluminium dan mampu menopang kamera hingga 3 kg. Takara Eco-193A dapat dilipat hingga 55 cm sehingga memungkinkan Anda menyimpan tripod dengan pemakaian tempat yang minimal, seperti pada travel bag maupun koper Anda. Dibalik ukurannya yang kecil, Takara Eco-193A memiliki kaki yang kuat dan kokoh, sangat cocok bagi pengguna DSLR entry-level dengan lensa standard maupun telephoto.

Harga Tripod Takara Eco

Tipe Tripod Takara EcoHarga
Takara Eco-173ARp130.000
Takara Eco-183ARp143.000
Takara Eco-193ARp220.000
Takara Eco-196ARp230.000
Takara Eco-233ARp235.000

Harga tripod merek Takara Eco di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko kamera dan situs jual beli online. Harga tripod Takara Eco tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung mendatangi toko fotografi terdekat di kota Anda.

Baca juga  Info Daftar Harga Bet Tenis Meja Butterfly di Pasaran
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Tripod Takara Eco Original (Semua Tipe)"