Harga Tripod Bluetooth di Pasaran (Semua Merk)

Tripod menjadi salah satu peralatan yang wajib dimiliki oleh seorang fotografer profesional. Memiliki fungsi utama membantu fotografer untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan terbebas dari noise, tripod saat ini juga telah ada yang sudah dilengkapi Bluetooth. Di dalam negeri, tripod dengan Bluetooth saat ini ditawarkan di kisaran harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Tripod Bluetooth - www.gogi.in

Tripod Bluetooth - www.gogi.in

Sebelum membahas mengenai tripod Bluetooth, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit mengenai yang satu ini. Tripod, seperti dilansir dari Wikipedia, merupakan stand untuk membantu agar badan kamera bisa berdiri dengan tegak dan tegar. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi kelelahan fotografer dalam mengambil gambar atau foto dan mengurangi noise yang ditimbulkan oleh guncangan tangan fotografer. Secara lebih rinci, manfaat tripod antara lain:

  • Tripod mampu meningkatkan ketajaman pada hasil potret, sebab dengan adanya tripod, kita bisa mengatur setting ISO menjadi rendah.
  • Tripod mampu menghasilkan light painting atau yang biasa disebut sebagai lukisan cahaya. Tanpa adanya tripod, hal ini akan sulit didapatkan. Mengapa demikian? Sebab dengan menggunakan tripod, speed rendah, bahkan terjadinya guncangan juga tetap bisa tertangkap kamera.
  • Tripod sangat baik bagi fotografer yang ingin memotret landscape. Dengan adanya tripod, aturan rule of third, komposisi angle, terjadinya guncangan, atau tempat yang tidak terjangkau oleh fotografer dapat diatasi dengan baik.
  • Tripod membuat beban menjadi lebih ringan. Bisa dibayangkan jika kita memotret tanpa tripod. Dengan kamera dan yang sudah berat, hasil foto bisa tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Jadi, tripod benar-benar bisa menghemat tenaga.
  • Tripod membuat hasil foto HDR dan panorama menjadi sangat luar biasa.
  • Tripod memberi kemudahan kala membuat foto bersama (grup) dengan mengatur timer pada kamera. Tentu seorang fotografer sesekali ingin turut berfoto bersama dengan objeknya, kan? Hal ini juga bisa dilakukan kala ingin berfoto sendiri namun tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk mengambil foto kita.
  • Dengan adanya tripod, foto bintang, bulan, dan berbagai hal lainnya bisa didapatkan dan hasilnya dijamin luar biasa.
  • Tripod mampu meminimalkan terjadinya guncangan tak terduga.
  • Tripod bisa dijadikan stand untuk frame sekaligus dudukan reflector dan juga flash.
  • Tripod mampu mengatur komposisi supaya hasil potret lebih maksimal.

Tripod umumnya terbuat dari material aluminium, namun ada yang dibuat dari bahan besi, kayu, carbon fiber, hingga magnesium. Secara umum, tripod dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kepala dan bagian kaki. Jika bagian kaki bentuknya itu-itu saja, maka bagian kepala tripod dapat dibedakan lagi menjadi beberapa tipe, yaitu Bullhead, Three Way Head, Fluid Head, hingga Gimbal Head, dengan masing-masing.

Kelebihan Tripod Bluetooth

Nah, selain konvensional, sekarang sudah banyak pabrikan yang merilis tripod yang telah disertai fitur Bluetooth. Ini adalah teknologi teranyar yang dikatakan mampu membantu dalam mengambil gambar ataupun merekam . Umumnya, tripod dengan fitur Bluetooth bisa dihubungkan dengan ponsel cerdas atau smartphone, baik dengan sistem operasi Android maupun iOS.

Ada banyak produk tripod yang telah didukung dengan Bluetooth. Salah satu yang sudah dirilis ke pasaran adalah Yunteng VCT 5208. Ini adalah produk yang diklaim punya bodi yang kokoh untuk menahan kamera DSLR entry-level. Yunteng VCT 5208 sudah didukung dengan Bluetooth shutter compatible untuk iOS dan Android, serta dikatakan anti-karat dengan grip dari karet .

Tripod Bluetooth - www.pinkbike.com

Tripod Bluetooth - www.pinkbike.com

Model lainnya yang juga sudah meluncur di pasaran adalah NI5L, yang dikatakan sebagai produk anti-mainstream dalam jajaran aksesoris fotografi mobile. Pasalnya, produk ini mengusung konsep 3-in-1, yang menjadikan tripod mini, tongsis monopod, dan Bluetooth remote shutter dalam satu alat yang kompak. Tentunya, alat ini jauh lebih efisien ketimbang harus membawa masing-masing alat secara terpisah.

Pabrikan asal China, Xiaomi, juga tidak mau ketinggalan merilis tripod Bluetooth. Bernama Xiaomi Yi Selfie Stick, ini adalah alat yang terbuat dari bahan material aluminium berkualitas tinggi yang dibalut dengan karet anti-slip, mengurangi guncangan dan menambahkan stabilitas, membuat Anda dapat mengambil foto maupun merekam video dengan gampang. Selain itu, kelebihan alat ini ialah ringan, sehingga tak akan menyulitkan tangan Anda ketika menggunakannya.

Harga Tripod Bluetooth

Merk & Tipe Tripod BluetoothHarga
Deoclaus 3-in-1 Bluetooth Tripod Rp49.500
NI5L Tripod Bluetooth Shutter Rp72.200
OEM 1288 Remote Bluetooth Rp75.000
WT-3110 Tripod BluetoothRp79.000
Yunteng 1288 Tripod BluetoothRp99.000
Yunteng VCT 1688 Tripod BluetoothRp120.000
Yunteng YT 9928 Tripod BluetoothRp120.000
Yunteng Bluetooth VCT 5208Rp155.000
Adyss A19 Tripod BluetoothRp168.000
Huawei Honor AF-15 Tripod BluetoothRp204.300
Adyss A17 Tripod BluetoothRp218.000
Xiaomi Stick Original Tripod BluetoothRp246.000
ONE Tripod BluetoothRp261.240
Benro BK1 Tripod BluetoothRp265.500
BlitzWolf BW-BS3 Tripod BluetoothRp270.000
Benro MK1 Tripod BluetoothRp275.000
Xiaomi Mija XXJPG01YMRp349.000
Adonit 2-in-1 Bluetooth Shutter RemoteRp480.000

Harga tripod Bluetooth di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan fotografi dan situs jual beli online. Harga tripod Bluetooth tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung mendatangi toko peralatan fotografi terdekat di kota Anda.

Baca juga  Info Terbaru Harga California Audio Labs DX-1 di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi dan ekonomi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Tripod Bluetooth di Pasaran (Semua Merk)"