Update Harga Traktor Yanmar (Baru dan Bekas)

Yanmar menjadi salah satu merk alat pertanian yang cukup populer di Indonesia. Pasalnya, perusahaan ini telah meluncurkan berbagai produk untuk pertanian, termasuk traktor, alat panen padi, alat tanam padi, hingga traktor tangan. untuk produk traktor, Yanmar setidaknya sudah lebih dari lima tipe di pasaran Indonesia, yang dijual dengan harga berkisar puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Ilustrasi: Salah Satu Tipe Traktor Yanmar (credit: compactequip)
Ilustrasi: Salah Satu Tipe Traktor Yanmar (credit: compactequip)

Apa Itu Traktor?

Sebelum membahas mengenai traktor produksi Yanmar, tidak ada salahnya kita mengulik sedikit mengenai kendaraan pertanian yang satu ini. Menurut Wikipedia, traktor dikatakan sebagai kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau implemen yang digunakan dalam pertanian atau konstruksi. Istilah ini umum digunakan untuk mendefinisikan suatu jenis kendaraan untuk pertanian. Instrumen pertanian umumnya digerakkan dengan menggunakan kendaraan ini, ditarik ataupun didorong, dan menjadi sumber utama mekanisasi pertanian. Istilah umum lainnya, ‘unit traktor’, yang mendefinisikan kendaraan truk semi-trailer.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, kata traktor diambil dari bahasa Latin, trahere, yang berarti ‘menarik. Ada juga yang mengatakan traktor merupakan gabungan dari kata ‘traction motor’, yaitu motor yang menarik. Awalnya dipakai untuk mempersingkat penjelasan ‘suatu mesin atau kendaraan yang menarik gerbong atau bajak’, untuk menggantikan istilah ‘mesin penarik’ (traction engine).

Traktor pertama menggunakan mesin baja bermesin uap konon dibuat pada tahun 1800-an. Instrumen pertanian bermesin pertama adalah mesin portabel, yaitu mesin uap yang digunakan dalam bidang pertanian. Hingga sekitar tahun 1850, mesin penarik dikembangkan dari mesin tersebut, dan digunakan secara luas di pertanian.

Perkembangan mesin penggerak traktor terjadi pada awal abad ke 20, mesin pembakaran dalam menjadi pilihan utama sumber traktor. Antara tahun 1900 hingga 1960, bensin menjadi bakar utama, sedangkan minyak tanah dan etanol sebagai alternatif bahan bakar. Sementara, penggunaan mesin diesel mencapai puncaknya pada tahun 1960, dan traktor pertanian modern umumnya menggunakan mesin diesel yang memiliki output power antara 18 HP hingga 575 HP (15-480 kW).

Traktor bisa diklasifikasikan sebagai two wheel drive, four wheel drive, atau track tractor. Traktor, kecuali track tractor, umumnya memiliki 4 roda dengan dua roda yang lebih besar di belakang atau keempat roda sama besar. Track tractor memiliki penggerak seperti tank yang membuatnya mampu bergerak di berbagai medan. Karena traksinya yang sangat hebat, track tractor menjadi populer di California pada tahun 1930-an.

Sekarang, memang sudah tersedia traktor tangan dengan dua roda. Sebagai alat pengolahan tanah, traktor tangan ini relatif memiliki adaptasi yang tinggi dengan kondisi alam di Indonesia, karena penggunaan garu dan cangkul memberikan kapasitas kerja dan tingkat kenyamanan kerja yang lebih rendah.[1] Namun, produktivitas traktor tangan beroda dua dikatakan masih sangat kecil dibandingkan traktor empat roda.

Manfaat Traktor

Untuk pertanian, traktor dikatakan memiliki banyak manfaat bagi petani. Salah satu keunggulan penggunaan traktor adalah dapat melakukan substitusi penggunaan kerja yang kian hari kian mahal dan langka, terutama untuk kegiatan persiapan lahan. Selain itu, traktor juga dapat mempercepat kegiatan persiapan lahan, sehingga memungkinkan petani untuk melakukan penanaman tepat waktu pada musim tanam.[2]

Traktor Yanmar (youtube:
MrTractor)

Dalam sebuah penelitian, penggunaan alsintan berupa traktor diklaim dapat meningkatkan produktivitas usaha tani padi. Penggunaan traktor pada pengolahan tanah telah meningkatkan produktivitas 667 kg per hektar sehingga meningkatkan penerimaan sebesar Rp2,84 juta.[3] Di samping itu, penggunaan traktor telah mengurangi penggunaan kerja sehingga menghemat biaya.

Varian dan Spesifikasi Traktor Yanmar

Melansir situs resminya, untuk kendaraan traktor, Yanmar setidaknya sudah menyediakan dua tipe traktor di pasaran dalam negeri, yaitu Yanmar EF494T dan Yanmar EF393T. Kedua tipe tersebut merupakan traktor roda empat dan penggerak empat roda, namun memiliki perbedaan pada daya yang dihasilkan.

Untuk tipe Yanmar EF494T, ini adalah varian yang dikatakan lebih cepat, lebih bertenaga, dan lebih menguntungkan. Kendaraan ini dibangun di atas desain yang mudah untuk dioperasikan, dengan lingkar kemudi berukuran 260 mm yang mudah dikendarai tanpa hentakan. Tempat duduk operator nyaman karena dapat disetel dan dilipat. Selain itu, terdapat saluran pembuangan air pada rangka, ruang yang lebih leluasa untuk menempatkan kaki, tangga yang kuat, serta pegangan tangan yang besar.

Di bagian jantung pacu, PT Yanmar Diesel Indonesia telah membekali traktor ini dengan mesin 4-stroke, diesel, 4 silinder vertikal, berkapasitas 2.190cc. Yanmar EF494T diklaim mampu menyemburkan maksimal 49 HP pada putaran 2.800 rpm, dengan sistem transmisi 9 kecepatan maju dan 9 kecepatan mundur, yang memberikan banyak pilihan dalam pemakaian tingkat kecepatan dengan daya optimal.

Sementara, untuk tipe Yanmar EF393T, diklaim sebagai traktor yang cemerlang. Selain desain yang disetel mudah untuk dioperasikan, produk ini juga telah dibekali dengan sistem pompa bakar tekanan tinggi tipe plunger tunggal, yang akan mengoptimalkan tekanan solar dan memaksimalkan kemampuan semua nozzle.

Pabrikan juga sudah menanamkan ukuran sistem pendingin yang lebih besar, dan dilengkapi filter udara lapis ganda, sehingga panas dapat dilepaskan dengan lebih baik. Karena itu, traktor dapat dipakai bekerja seharian tanpa panas berlebih. Jika tidak, akan mengakibatkan hilangnya waktu kerja untuk pendinginan dan juga bahan bakar dapat terbakar dengan sempurna tanpa asap hitam.

Di sektor dapur pacu, traktor berdimensi 3.170 x 1.440 x 2.110 mm ini telah didukung dengan mesin tipe 4-stroke, diesel, 3 silinder vertikal, berkapasitas 1.642cc. Dengan modal tersebut, Yanmar EF393T dikatakan sanggup menghasilkan daya puncak di angka 39 HP atau 29,1 kW pada putaran 2.800 rpm dan daya PTO (Power Take Off) 31,4 HP pada putaran 3.005 rpm.

Selain itu, perusahaan ternyata juga sudah merilis traktor Yanmar YM351A/YM357A. Produk ini dikatakan memiliki kekuatan dan kemampuan yang luar biasa, memaksimalkan efisiensi kerja petani dengan teknologi yang lebih maju. Tak hanya itu, Yanmar pun meluncurkan solis traktor Solis 90. Dengan maksimal 90 HP, produk ini didukung ruang operator yang luas, nyaman, serta lampu utama LED ganda. Sayangnya, harga dua traktor terbaru ini masih belum diumumkan.

Seperti disampaikan di atas, selain traktor kendaraan roda empat, Yanmar juga telah meluncurkan beragam tipe traktor tangan. Di pasaran dalam negeri, pabrikan yang berbasis di Depok ini setidaknya sudah merilis enam varian traktor tangan, yaitu YZC Series tipe rotary, YST Series tipe singkal, Bromo Series tipe singkal, YM Series tipe singkal, Te550ex Series, serta model YK450RK-R.

Traktor 4 Roda Yanmar – (Youtube: choqerz taziex)

Harga Traktor Yanmar

Tipe Traktor Harga
Yanmar EF393T Rp367.502.000
Yanmar EF494T Rp397.669.300
Yanmar Te550n Paket 4 Cultivator Rp28.000.000
Yanmar Te550ex Rp15.500.000
Yanmar YM 80 Hand Tractor Rp20.535.000
Yanmar YST Pro Hand Tractor Rp29.400.000
Yanmar Bromo Pro V2 Series Hand Tractor Rp23.915.000 – Rp29.500.000
Yanmar YZC Rotary Hand Tractor Rp39.650.000

Informasi harga traktor Yanmar di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada pula yang turun. Yanmar Te550n Paket 4 Cultivator misalnya, awalnya dijual Rp19,75 juta dan sekarang menjadi Rp28 juta. Sebaliknya, harga Yanmar EF494T yang semula Rp450 juta, saat ini turun menjadi Rp397 jutaan.

Traktor Yanmar (sumber: yanmar.com)

Harga Traktor Yanmar Bekas

Tipe Traktor Harga Bekas
Yanmar EF393T Rp200.000.000
Yanmar Te550n Rp14.000.000
Yanmar YST Pro Hand Tractor Rp20.500.000
Yanmar Bromo Series Hand Tractor Rp13.000.000
Yanmar YZC Rotary Hand Tractor Rp16.500.000

Daftar harga traktor Yanmar bekas di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat pertanian dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga traktor Yanmar second tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda, tergantung kondisi barang.

[1] Zulpayatun, Cahyawan Catur Edi Margana, Guyup Mahardhian Dwi Putra. 2017. Performansi Traktor Tangan Roda Dua Modifikasi Menjadi Roda Empat Multifungsi (Pengolahan dan Penyiangan) untuk Kacang Tanah di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Vol. 5(1): 296-302.

[2] Suyatno, Adi, Imelda, Komariyati. 2018. Pengaruh Penggunaan Traktor terhadap Pendapatan dan Penggunaan Kerja pada Usahatani Padi di Kabupaten Sambas. Agraris: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, Vol. 4(2): 91-100.

[3] Ibid.

Pos terkait