Manfaat, Cara Membuat, dan Harga Toner Cuka Apel

No comment227 views

Bagi penggemar skincare seperti Anda, pastinya sudah tidak asing lagi dengan toner . Apalagi saat ini sudah banyak beauty YouTuber yang mengulas berbagai macam toner . Selain memiliki banyak , harga toner yang tergolong terjangkau menjadi alasan produk ini digemari banyak orang.

Cuka Apel (sumber: everydayhealth)

Cuka Apel (sumber: everydayhealth)

Manfaat Toner Cuka Apel

Cuka apel merupakan jenis cuka buah, dan sebagai produk pangan yang dapat dimanfaatkan sebagai pengawet. Hal ini karena cuka buah memiliki asam asetat yang bersifat sebagai antimikroorganisme. Pada dasarnya, cuka apel berasal dari cairan buah apel yang berasal dari cairan mikroorganisme pada jaringan-jaringan yang berkarbohidrat.

Selain dapat dimanfaatkan sebagai pengawet, cuka apel dapat dijadikan sebagai bahan pangan fungsional. Hal ini karena cuka apel tidak hanya memiliki fungsi primer, seperti mencukupi kebutuhan nutrisi atau mineral dalam tubuh manusia. Cuka apel juga memiliki fungsi sekunder sebagai penambah citarasa pada makanan, sebagai , dan sebagai pencegahan terhadap beberapa macam penyakit.

Dalam pembuatannya, cuka apel diproses melalui pengekstrakan sari buah apel sebagai substrat fermentasi alkohol. Dalam proses fermentasi tahap awal (alkohol), ekstrak buah apel dicampur dengan mikroorganisme yang dapat merombak gula menjadi alkohol dan karbondioksida.[1]

Baca juga  Fungsi dan Harga Doppler (Semua Merk)

Sementara cuka apel dikenal sebagai salah satu bahan pangan, ternyata sudah banyak orang yang memakainya sebagai bahan skincare, dan salah satu produk perawatan kecantikan yang terkenal dari cuka apel adalah toner. Toner yang berbahan cuka apel ini konon dapat mengobati jerawat, mengurangi peradangan akibat jerawat, mencerahkan , dan memudarkan bekas jerawat atau flek di .

Cara Membuat Toner Cuka Apel

Manfaat beragam cuka apel tentu membuat orang semakin tertarik memakainya. Apalagi, cara membuat toner cuka apel sangat mudah. Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan cuka apel murni yang bisa Anda dapatkan di toko bahan makanan terdekat, atau Anda bisa membuat cuka apel sendiri di rumah.

Cara Membuat Cuka Apel Sendiri (sumber: tablespoon.com)

Cara Membuat Cuka Apel Sendiri (sumber: tablespoon.com)

Perlu Anda ketahui bahwa cuka apel yang dijual di pasaran memiliki dua varian, yaitu cuka apel filtrasi dan unfiltered. Sebaiknya pilihlah varian cuka apel filtrasi, jika Anda ingin membuat toner cuka apel. Ciri cuka apel filtrasi dapat dilihat dari warnanya yang bening dan tidak ada gumpalan atau endapan di bagian bawah .

Siapkan bahan berupa aquades atau air yang sudah diendapkan terlebih dahulu selama 1 malam. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 2:1 untuk mengobati jerawat yang parah, 1:1 untuk mengobati bruntusan atau menghilangkan noda bekas jerawat, atau 1:2 untuk perawatan sehari-hari.

Baca juga  Komposisi, Indikasi, Dosis, Cara Pemakaian dan Harga Duphaston

Aduk campuran cuka apel dan air secara merata, dan masukkan dalam botol flip atau spray. Cuka apel yang sudah bisa dipakai harus selalu disimpan di tempat yang sejuk dan bebas dari sinar matahari langsung. Ini agar kandungan toner cuka apel tidak terkontaminasi atau rusak.

Ilustrasi: Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Wajah (sumber: tasteofhome.com)

Ilustrasi: Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Wajah (sumber: tasteofhome.com)

Bagi Anda yang terlalu sibuk untuk membuat cuka apel sendiri, Anda tidak perlu khawatir. karena , Anda juga bisa membelinya dengan mudah di berbagai gerai kosmetik. Bahkan, Anda bisa menemukan produk ini di sejumlah situs jual beli online lokal. Berikut kisaran harga toner cuka apel di Indonesia.

Harga Toner Cuka Apel

/Varian Toner Cuka ApelHarga (Rp)
Toner Cuka Apel ACV 30 ml6.500
Toner Cuka Apel Haymask 40 ml10.000
Toner Cuka Apel Bragg 60 ml 1:412.000
Toner Cuka Apel ACV 60 ml12.000
Toner Cuka Apel Bragg 60 ml 1:212.500
Toner Cuka Apel Yoqueen Beauty13.999
Toner Cuka Apel Arabelle 60 ml15.999
Toner Cuka Apel Asy-Syifa 100 ml16.000
Toner Cuka Apel Bragg 60 ml 1:118.000
Toner Cuka Apel Bragg 100 ml 1:219.900
Toner Cuka Apel Keys Beauty 100 ml25.000
Toner Cuka Apel Mahira Beauty 100 ml26.250
Toner Cuka Apel Bragg 100 ml 1:126.999
Toner Cuka Apel O Nana 100 ml28.500
Toner Cuka Apel Baby Kosmetik 20 ml30.000
Toner Cuka Apel Beauty Glam 100 ml35.000
Toner Cuka Apel Organic Rich 100 ml35.000
Toner Cuka Apel Rich 100 ml35.000
Toner Cuka Apel Keenan Skin Care 100 ml39.500
Toner Cuka Apel The Face Treatment 100 ml41.000
Toner Cuka Apel Aquila 100 ml65.000
Toner Cuka Apel Zhofira 100 ml85.000
Baca juga  Indikasi, Komposisi, Dosis, dan Harga Flamar Gel

Harga cuka apel di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk sejumlah situs dagang online. Perlu Anda ketahui bahwa harga cuka apel di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Atro, Risca Adenila, dkk. 2015. Keberadaan Mikroflora Alami dalam Fermentasi Cuka Apel Hijau (Malus sylvestris Mill.) Cultivars Granny Smith. Jurnal Biologi Universitas Andalas, Vol. 4(3): 156-161.

loading...
author

Leave a reply "Manfaat, Cara Membuat, dan Harga Toner Cuka Apel"