Info Harga Tinta Stempel Yamura (Semua Varian & Ukuran)

Stempel sangat dibutuhkan untuk kegiatan perkantoran maupun perdagangan. Dengan keberadaan stempel, kita jadi lebih mudah untuk menandai suatu dokumen atau bahkan memberi identitas pada suatu dokumen. Agar bisa berfungsi dengan baik, stempel juga membutuhkan tinta khusus. Tinta stempel tersedia dalam berbagai merk, salah satu merek Yamura. Harga tinta stempel Yamura cukup terjangkau, tak heran jika tinta satu ini cukup laris.

Stempel & bantalan tinta (sumber: artltdmag.com)
Stempel & bantalan tinta (sumber: artltdmag.com)

Sebelum membahas lebih lanjut seputar tinta stempel, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis stempel yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia berikut ini.

Bacaan Lainnya

Jenis Stempel

  • Stempel Otomatis/Stempel Flash/Stempel Warna, adalah stempel yang bisa digunakan tanpa bantalan tinta, artinya stempel ini menyimpan tinta di dalam karetnya. Stempel ini menggunakan karet khusus, yaitu karet flash yang dapat menyerap tinta dan menyimpannya dalam waktu lama. Dalam satu stempel, warna yang dihasilkan bisa lebih dari satu warna atau beberapa warna. Stempel warna flash ini juga menggunakan gagang yang mempunyai penutup pada bagian bawahnya. Ini berguna untuk mencegah agar tinta pada karet stempel flash tidak cepat kering, juga berfungsi sebagai karet flash-nya. Tinta yang digunakan stempel flash ini pun menggunakan tinta yang jauh lebih mahal dari pada tinta stempel biasa. Ini yang menyebabkan harga jual stempel ini lebih mahal dari pada stempel kayu biasa.
  • Stempel Runaflek, adalah stempel yang menggunakan karet runaflek yang menjadi bahan dasar stempel biasa, yaitu stempel dengan gagang kayu, kristal, maupun berbahan dan menggunakan bantalan tinta.
  • Stempel Dater, adalah stempel yang mempunyai fasilitas tanggal, bulan, dan tahun yang dapat diubah-ubah sesuai kapan waktu pengecapan dokumen/surat tersebut, bahkan ada juga yang mempunyai status penunjuk jam.
  • Stempel Emboss, adalah stempel yang menggunakan tekanan agar relief stempel menjadi timbul pada permukaan kertas.
Baca juga  Prosedur dan Info Terbaru Biaya Pembuatan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Secara umum, stempel sangat mengandalkan tinta. Tinta stempel punya banyak varian warna. Ada yang menggunakan tinta stempel hitam, warna ungu, biru, merah, atau warna-warna lain. Bahkan, beberapa lembaga atau toko ada yang memiliki tinta stempel custom atau yang tidak selalu ada di pasaran untuk mempertegas ciri khas mereka.

Tinta adalah bahan berwarna yang mengandung pigmenwarna yang digunakan untuk mewarnai suatu permukaan. Tinta bersama pena dan pensil digunakan untuk menulis dan menggambar. Tinta merupakan sebuah yang sangat kompleks, berisikan pelarut, pigmen, celupan, resin dan pelumas, sollubilizer (semacam senyawa yang membentuk ion-ion polimer polar dengan resin tahan air). Selain itu, ada surfaktan yang merupakan unsur basah yang menurunkan tekanan permukaan dari sebuah cairan yang memungkinkan penyebaran dengan mudah, surfaktan juga menurunkan tekanan antar permukaan antara dua cairan).

Dalam tinta juga terdapat materi-materi partikular, pemijar, dan material-material lainnya. Komponen-komponen tinta tersebut menjalankan banyak fungsi seperti unsur pembawa tinta, pewarna, dan bahan-bahan tambahan lainnya yang digunakan untuk mengatur aliran, ketebalan, dan tinta ketika kering.[1]

Tinta stempel Yamura (sumber: bukalapak)
Tinta stempel Yamura (sumber: bukalapak)

Seperti tinta pada printer, tinta stempel ini pun perlu diisi ulang agar stempel bisa menjalankan fungsinya. Saat ini, sudah banyak varian merek tinta stempel di pasaran, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Anda bisa membeli tinta stempel sesuai dengan kebutuhan dan juga jenis stempel yang Anda gunakan. Sebagai gambaran, berikut informasi harga tinta stempel Yamura di pasaran.

Baca juga  Harga Pupuk KNO3 Merah dan Putih (Semua Kemasan)

Harga Tinta Stempel Yamura

Varian Tinta Stempel Yamura Harga (Rp)
Tinta Stempel Bak kecil Yamura 231 2.200
Tinta StempelYamura Standard 27 cc 4.700
Tinta Stempel Bak Besar Yamura 233 5.000
Tinta Stempel (Stamp Pad Ink) Yamura 50 cc 8.500
Tinta Stempel Bak Yamura 250 ml 25.000
Tinta StempelYamura 500 cc (biru, hijau, hitam, merah, violet) 33.500 – 41.500

Tinta stempel Yamura tersedia dalam beberapa warna, mulai dari merah, hitam, biru, hijau, dan violet (ungu). Informasi harga tinta stempel Yamura di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu diingat bahwa harga tinta stempel Yamura dapat berubah sewaktu-waktu.

[1]Rahmad, dkk. 2018. Pembuatan Tinta Stempel Yang Lebih Aman Dan Murah Dari Buah Keduduk. Jurnal Aktualita. 9(1): 17-31.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.