Info Harga Timbangan Kodok Baru dan Bekas

Saat berjalan-jalan ke pasar tradisional, Anda mungkin lebih sering menemukan pedagang mengukur barang dagangannya dengan menggunakan kodok. Timbangan tradisional ini memiliki banyak sebutan, mulai dari timbangan bebek, timbangan itik, timbangan jago, hingga timbangan duduk. Timbangan unik ini rupanya dijual dalam kondisi baru maupun bekas dengan harga mulai ratusan ribu rupiah karena dikenal awet dan tidak mudah rusak.

Timbangan kodok/timbangan bebek (sumber: lazada)
kodok/timbangan bebek (sumber: lazada)

biasanya disebut “scale”dalam Bahasa Inggris adalah alat ukur untuk menentukan atau massa benda. Sebuah yang menggunakan sistem pegasmelakukan proses pengukuran berat dengan mengukur jarak pegas dengan rentang yang telah disiapkan akibat beban.

Bacaan Lainnya

Manual merupakan jenis timbangan yang bekerja secara mekanis dengan sistem pegas. Biasanya jenis timbangan ini menggunakan indikator berupa jarum sebagai penunjuk ukuran massa yang telah terskala.

Digital merupakan alat ukur untuk mengukur masa benda atau zat dengan tampilan digital. Dalam pemanfaatannya timbangan digunakan di berbagai bidang,dari bidang medis/kesehatan, bidang perdagangan, industri, sampai perusahaan jasa.[1]

Baca juga  Update Harga Alat Bekam Komplet (Manual dan Elektrik)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, timbangan kodok tergolong timbangan manual yang bekerja dengan memanfaatkan anak batu dari bahan logam yang terdiri dari beberapa ukuran, yaitu mulai dari 50 gram (1/2 ons), 100 gr (1 ons), 200 gram (2 ons), 500 gram (1/2 kilo), dan yang paling 1000 gram (1 kg). Timbangan kodok yang tersedia di pasaran biasanya ada dua pilihan kapasitas, yakni yang mampu menimbang hingga berat 3 kilogram atau bahkan mencapai 10 kg.

Timbangan atau neraca kodok kerap dimanfaatkan untuk menimbang telur, beras, tepung, buah-buahan, bumbu, bahan makanan, gula, dan masih banyak lagi. Jika dibandingkan timbangan digital, timbangan kodok dipercaya lebih tahan lama, terlebih karena timbangan ini bekerja tanpa membutuhkan baterai. Berikut info daftar harga timbangan kodok baru dan bekas dalam berbagai merek.

Harga Timbangan Kodok Baru

Merek/Tipe Timbangan Kodok Baru Harga (Rp)
Timbangan Kodok Raja 445.000 – 450.000
Timbangan Kodok SSS 10kg + 1 set timbel 395.000
Timbangan Kodok/bebek 10 kg SNS + timbel 310.000
Timbangan Kodok 10 kg merk Dynasti 400.000
Timbangan Kodok 10kg Radjin + 1 set timbel 385.000
Timbangan Kodok 3kg CK + 1 set timbel 365.000
Timbangan Kodok Raya + 1 set batu 360.000
Timbangan Kodok Rahayu + 1 set timbel 325.000
Timbangan Kodok Sri Rejeki 10 kg + anak bandul 300.000
Timbangan Kodok 10kg merk Putra (P A) 284.000
Timbangan KodokRujen Rose 10 kg 375.000
Timbangan Kodok KS 10 kg 624.300
Timbangan Kodok PDS 10kg + 1 set batu timba 390.000
Baca juga  Update Harga Pensil Mekanik Faber Castell (Semua Varian dan Ukuran)

Selain dijual 1 set lengkap, ada juga pedagang yang menjual pemberat dan timba atau tembor-nya secara terpisah. Adapun harga batu timbangan kodok berkisar mulai Rp85 ribu sampai Rp125 ribuan, sedangkan untuk tembornya dijual antara Rp50 ribu hingga Rp70 ribuan. Jika membeli timbangan kodok dalam kondisi baru Anda rasa kurang memuaskan, Anda juga bisa membeli timbangan kodok bekas atau second yang biasanya masih menggunakan tembor dari bahan kuningan dan berbahan besi yang berkualitas. Berikut informasi lengkapnya.

Harga Timbangan Kodok Bekas

Timbangan bebek atau kodok marking AA kapasitas 10 kg harga second-nya dibanderol Rp450 ribu tanpa anak timbangan. Sedangkan timbangan kodok antik merek Reni Super kekuatan 10 kg dengan bak berbahan kuningan harganya mencapai Rp775 ribu. Ada pula yang menjual timbangan kodok antik dengan kapasitas maksimal 10kg dan bak timbangan yang berbahan kuningan tua, harganya dibanderol Rp2,5 juta, lengkap dengan anak timbangan. Sementara itu, timbangan kodok bekas yang kapasitasnya hanya 3 kg dijual seharga Rp300 ribu saja.

Baca juga  Update Harga Kopi Tubruk Gajah (Gadjah) di Indomaret dan Alfamart

Perlu Anda ketahui bahwa harga timbangan kodok baru dan bekas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga timbangan kodok dalam kondisi baru maupun bekas yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda. Jika Anda membutuhkan timbangan kodok untuk keperluan dagang atau semacamnya, Anda bisa membeli di toko-toko timbangan terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

[1] Hulu, FN. 2018. Analisis Perbandingan Tingkat Akurasi Timbangan Digital Dan Manual Sebagai Alat Pengukur Badan Anak. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis. 9(1): 1864-1868.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.