Seputar Timbangan Badan Digital Camry beserta Harga di Pasaran

Saat mengukur badan, Anda pasti tak asing dalam menggunakan badan. Salah satu merek badan berjenis digital yang populer di tengah masyarakat yakni . Di pasaran, luar negeri ini dijual dengan harga yang bervariasi.

Timbangan badan digital (sumber: productnation.co)

Timbangan badan digital (sumber: productnation.co)

Perbedaan timbangan digital dengan analog terletak pada cara pengukurannya. Jika timbangan analog bekerja dengan cara mekanik menggunakan sistem pegas, maka timbangan digital bekerja secara elektronik dengan mengubah gaya beban suatu benda menjadi sinyal listrik. 

Melalui pengukuran badan dengan timbangan analog, Anda harus memastikan terlebih dulu letak jarumnya. Belum lagi, garis-garis penanda pada timbangan analog sering kali terlalu kecil dan rapat, sehingga beberapa orang mengeluh kesulitan untuk membaca hasil akhirnya.

Jika dibandingkan dengan timbangan digital, pengguna akan lebih mudah dan cepat membaca hasil pengukuran. Pasalnya angka akan langsung terlihat otomatis saat beban telah berada di atas timbangan. Sehingga timbangan digital dinilai lebih akurat membaca angka dan mencegah kesalahan pengukuran. 

Tak heran jika cukup banyak orang yang beralih membeli timbangan ini daripada menggunakan timbangan analog. Meski begitu, keduanya juga memiliki perbedaan dalam hal keawetan. Timbangan badan analog diklaim lebih awet dan perawatannya lebih mudah dibanding timbangan digital. Sebab, Anda juga tak perlu mengganti baterai pada timbangan. 

Selain untuk keperluan medis, timbangan digital kini juga diperjualbelikan baik konvensional maupun secara online. Terlebih bagi sebagian orang yang tengah memiliki program penurunan berat badan akan begitu penting memiliki ini.

Soal harga, sudah menjadi hal umum jika timbangan analog lebih murah dari timbangan digital. Di pasaran, timbangan badan digital maupun analog dijual dengan berbagai macam jenis, , dan bentuk. Selanjutnya, timbangan dikualifikasikan pada jenis yang berbeda-beda, mulai dari timbangan lantai, platform, counting, duduk, laboratorium, hybrid, dan crane. 

Cara Memeriksa Timbangan Badan Digital Berfungsi Baik

Timbangan badan digital Camry (sumber: carousell.com)

Timbangan badan digital Camry (sumber: carousell.com)

Periksa baterai

Telah diketahui sebelumnya, timbangan badan digital menggunakan baterai agar dapat berfungsi dengan baik. Sehingga sebelum menggunakannya, Anda perlu memeriksa baterai pada timbangan.

Uji coba timbangan

Anda dapat memeriksa fungsi timbangan dengan mencoba mengukur berat benda yang sudah diketahui. Jika angka yang muncul sama dengan berat benda tersebut, maka timbangan badan digital Anda telah siap digunakan.

Timbanglah bobot Anda sambil memegang sebuah objek

Anda memang perlu melakukan uji coba beberapa kali untuk mengetes fungsi timbangan digital. Caranya dengan menimbang berat badan Anda ditambah objek lainnya. Misalnya, Anda menggunakan barbel di tangan Anda, dan memeriksa hasilnya.

Pindahkan lokasi timbangan

Ternyata lokasi timbangan juga berpengaruh pada fungsinya. Maka Anda disarankan untuk meletakkan timbangan pada  permukaan yang keras seperti lantai kamar mandi atau dapur yang rata. Hal ini untuk menjaga keseimbangan timbangan dalam mengukur berat badan Anda.

Jika menggunakan timbangan digital, Anda tak perlu lagi mengatur angka nol pada timbangan. Berbeda ketika Anda menggunakan timbangan analog yang perlu melakukan pengaturan ulang.

Harga Timbangan Badan Digital Camry

Timbangan digital Camry (sumber: tokotimbanganku.com)

Timbangan digital Camry (sumber: tokotimbanganku.com)

Toko OnlineKisaran Harga (Rp)
LazadaMulai 85.000 – 290.000
BlibliMulai 90.000 – 279.000
ShopeeMulai 85.000 – 400.000
Tokopedia Mulai 80.000 – 290.000
BukalapakMulai 98.000 – 300.000

harga di atas dirangkum dari sejumlah situs jual beli online. Tentu saja harga yang tertera tersebut akan berbeda antar wilayah satu dengan lainnya. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan harga spesial dengan diskon besar. Range harga di pasaran mulai dari Rp80 ribu – Rp420 ribu. Anda juga dapat membeli produk di apotik terdekat, misalnya di Apotek K24 saja timbangan badan digital Camry dijual seharga Rp158 ribu. 

Tersedia dua pilihan warna timbangan badan digital Camry, diantaranya pink dan biru dengan tampilan desain yang lebih modern. Banyak dari konsumen yang akan memilih Timbangan Camry, namun sebagai pilihan lain Anda dapat mengecek berbagai produk dari brand lainnya, seperti Universal, Gea dan Import.

Tips Memilih Timbangan Badan Digital Camry yang Berkualitas

Timbangan badan digital Camry (sumber: pricetada.id)

Timbangan badan digital Camry (sumber: pricetada.id)

Sesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum membeli timbangan, Anda wajib menyesuaikan dengan kebutuhan pengukuran badan. Misalnya timbangan yang Anda beli akan digunakan untuk bayi atau balita, tentu setiap kebutuhan akan berbeda-beda dari segi bentuk timbangan. Untuk itu, Anda juga perlu memperhatikan timbangan agar dapat digunakan sesuai kapasitasnya.

Cek kualitas bahan

Timbangan badan menjadi perlengkapan yang dapat digunakan untuk jangka panjang. Sehingga Anda harus memeriksa kualitas bahan pada timbangan. Jangan terkecoh dengan membeli produk Camry yang lebih murah dari harga pasaran. Sebab, bisa jadi alat tersebut palsu.

Pilih timbangan badan yang sudah terkalibrasi

Kalibrasi dikenal sebagai proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar atau tolak ukur. Sehingga dapat menghasilkan nilai yang konsisten. Caranya, dengan memeriksa segel atau stempel dari badan metrologi pada timbangan. Jika tidak tercantum, tentu Anda patut curiga dengan produk yang dibeli.

Beli produk Camry bergaransi

Adanya garansi pada semua peralatan elektronik begitu penting untuk memastikan keamanan produk. Jika Anda membeli produk Camry yang asli, tentu akan disertakan kartu garansi sebagai jaminan kelayakan produk yang diberikan oleh produsen. Tak hanya itu, kartu garansi juga bisa menunjukkan keaslian suatu produk.

Di Indonesia, garansi produk biasanya tersedia dalam dua jenis, yaitu garansi toko dan garansi pabrik. Garansi pabrik lazimnya dinyatakan secara tegas dan tertulis di kartu. Sedangkan garansi toko biasanya disampaikan secara lisan oleh penjualnya.

Dengan memperhatikan dan mencoba tips di atas, Anda akan terhindar dari produk timbangan badan digital bermerek Camry yang palsu. Anda perlu berhati-hati dengan semua produk yang dijual bebas di pasaran.

Baca juga  Update Harga AC Bekas (Second) di Indonesia
loading...
author

Leave a reply "Seputar Timbangan Badan Digital Camry beserta Harga di Pasaran"