Update Harga Tiket dan Wahana di Kampung Batu Malakasari

tiket kampung batu 2019 dibedakan menjadi dua kategori, yaitu untuk anak-anak (di bawah tinggi 80 cm) sebesar Rp5.000 dan dewasa Rp10.000. Kawasan Kampung Batu Malakasari terletak di Jalan Raya Banjaran Rencong, Desa Malakasari, Baleendah, Bandung, Jawa Barat.

tempat ini dekat dengan Sungai  Ciherang. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila udara di sini sejuk. Kampung Batu merupakan destinasi liburan dan edukasi, petualangan serta kuliner di Bandung.

di Kampung Batu Malakasari

Bermain Flying Fox

Wahana flying fox di Kampung Batu Malakasari (sumber: kampungbatu.co.id)

Wahana flying fox di Kampung Batu Malakasari (sumber: kampungbatu.co.id)

Bagi Anda yang menyukai sesuatu yang melatih keberanian dan memicu adrenalin, wahana satu ini patut dicoba. Flying fox ini memiliki panjang 120 meter yang terbentang di atas danau. Selain itu juga ada wahana lain yaitu Burma Bridge, Loop Bridge, Jaring Laba-laba Pohon, serta arena panjat dinding, Kukuyaan dan Jembatan Goyang.

Bermain di Tektona Waterpark

Wahana ini memberikan sensasi bermain air yang menyenangkan. Ada seperti Kolam Ombak dan Kolam Arus, Kolam Anak dan Balita, Semi Olympic, dan Mega Slider. Untuk menikmati wahana ini, Anda harus membayar tiket sebesar Rp50.000.

Penangkaran Rusa Totol dan Rumah Kelinci

Di sini Anda dapat merasakan bermain dengan 30 ekor rusa jinak dari jarak dekat. Selain itu juga terdapat hewan lain yaitu kelinci dan marmut. Pengunjung juga bisa merasakan mengambil susu sapi dan , membuat pupuk organik dan kompos.

Mempelajari Kebudayaan Sunda

Pengunjung dari luar dan dalam Bandung bisa menikmati berbagai jenis permainan khas Bandung melalui kegiatan kaulinan Sunda. Anda juga bisa mengamati berbagai rumah adat Sunda, seperti Tepas, Leuit, Pawon, Songsong, Seeng, Aseupan, Lisung, Halu, dan lain sebagainya.

Memancing di Danau

Kegiatan memancing di sini menggunakan sistem catch and release, sehingga kelestarian ikan dapat terjaga.

Kampung Batu Malakasari (sumber: tourbandung.com)

Kampung Batu Malakasari (sumber: tourbandung.com)

Beternak Ayam, Bebek, Kalkun dan Angsa

Aktivitas menarik di sini adalah mencoba cara mengangon bebek dan mengumpulkan telur bebek untuk diolah menjadi telur asin, juga dapat dihias, kemudian dibawa pulang oleh pengunjung.

Mencoba Aktivitas Berkebun dan Bertani

Di Kampung Eco Park, Anda dapat mencoba bagaimana rasanya berkebun, melakukan pembibitan, penyemaian serta belajar cara bercocok tanam. Tidak ketinggalan, Anda juga dapat menikmati proses bertani dan membajak sawah dengan kerbau.

Fun and Adventure Games

Kegiatan menyenangkan yang ditawarkan di sini antara lain Lomba Bakiak, Kukuyaan, Ngala Tutut, Tangkap Belut, Tangkap Kelinci, Kereta Mini, Trampolin Anak, Sepeda Roda Tiga.

Wisata Kuliner di Dapur Neng

Anda dapat menikmati menu khas Jawa Barat dan modern dengan rasa yang lezat, variasi lengkap serta harga terjangkau. Menu yang disajikan di antaranya minuman dengan kisaran harga Rp3.000-14.000. Di sini juga tersedia aneka jajan tradisional dengan kisaran harga Rp12.500-21.450. Kalau Anda ingin mencoba aneka nasi tradisional, di sini dijual dengan kisaran harga Rp32.500-150.000 ( untuk 4 orang). Apabila Anda ingin mencoba berbagai masakan tambahan seperti karedok sayur, nasi timbel, aneka sambal, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp5.500-82.500.

Harga Tiket Wahana Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari - jabarnews.com

Kampung Batu Malakasari - jabarnews.com

Jenis Wahana Harga 
Perahu Rp5.000 
Persawahan Rp25.000 
Perikanan Rp25.000 
Peternakan Rp10.000 
Berkebun Rp10.000 
Penangkaran Rusa Rp5.000 
Rumah Adat Sunda Rp15.000 
Flying FoxRp15.000 
Rumah Pohon Rp10.000 
Kukuyaan Rp5.000 
Sesak Gantung Rp5.000 
Ngangon Meuri Rp15.000 
Beternak Unggas Rp15.000 
Outbond Kids (Free Milo) Rp20.000 
Memberi Makan Kelinci Rp15.000 
Mewarnai Boneka Gypsum Rp10.000 
Melukis Alat Tradisional Rp15.000 
Kreasi Tanah Liat Rp20.000 
2 Fun Games Rp10.000 
Becak Mini Rp15.000 
Sepeda Roda Tiga Rp15.000 
Mandi Bola Rp15.000 
Komedi Putar Rp15.000 

Fasilitas yang dapat dimanfaatkan di Kampung Batu Malakasari adalah apabila Anda ingin mengadakan pertemuan keluarga, kantor, arisan, pesta pernikahan, di sini disediakan persewaan Aula. Ditambah pula dengan saung, sound + listrik, paket musik, sewa kursi dan tenda.

Tempat ini bisa juga dijadikan lokasi pre-wedding dan shooting video. Untuk ini Anda dikenakan biaya sebesar Rp500.000. Tetapi, untuk memastikan ketersediaan tempat dan jadwal, diharapkan menghubungi pihak marketing setempat.

Aktivitas outbond di Kampung Batu Malakasari (sumber: kampungbatu.co.id)

Aktivitas outbond di Kampung Batu Malakasari (sumber: kampungbatu.co.id)

Jika Anda tertarik dengan paket Outbond yang ditawarkan, di sini tersedia 6 paket Outbond yang terdiri dari:

Jenis Paket Outbond Biaya 
Kids Outbond Rp80.000 
Fun Adventure Rp90.000 
Guyang Leutak Rp95.000 
Wisata Pelajar Rp100.000 
Lembur Kuring Rp105.000 
Smart and Creative Rp110.000 

Kampung Batu Malakasari dulunya bekas lokasi penambangan batu alam yang dieksploitasi secara tradisional oleh masyarakat setempat sejak tahun 1900. Oleh sebab itu, tempat ini dikenal juga sebagai tempat untuk belajar geologi. Luasnya sekitar 5.000 meter persegi.

Pada akhirnya, di tahun 2012, tempat penambangan itu diubah menjadi kawasan wisata alternatif bagi keluarga. Sebelumnya, telah banyak usulan agar tempat wisata tersebut juga dijadikan laboratorium alam untuk pendidikan lingkungan hidup, penelitian geologi dan geofisika. Hal ini diperkuat karena sejak lama pelajar, mahasiswa, peneliti menjadikan tempat ini sebagai lokasi penelitian.

Namun karena tujuan semula adalah menjadikan lokasi ini sebagai kawasan wisata keluarga, usulan itu terpaksa dikesampingkan. Bersamaan dengan itu muncul berbagai wahana rekreasi dan kolam renang.

Menurut Suteja, manajer Kampung Batu Malakasari, setiap harinya yang berkunjung ke tempat wisata ini sekitar seribuan orang. Jumlah ini akan meningkat lima kali lipat pada akhir pekan. Jumlah pengunjung juga meningkat drastis ketika Lebaran.

"Wisatawan rata-rata dari masih Bandung Raya dan sebagian dari luar kota yang silaturahmi ke keluarga lalu berwisata," ujarnya.

Untuk dapat sampai ke tempat ini, selain dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat memanfaatkan transportasi umum. Angkutan umum yang melewati Kampung Batu Malakasari yaitu angkot Tegallega-Banjaran. Anda juga bisa mengambil rute keluar tol Buah Batu ke arah kanan-Bojongsoang-Dayeuhkolot-Rencong (Borma)-Kampung Batu Malakasari.

Namun, jika Anda tidak ingin terjebak kemacetan di Dayeuhkolot, bisa mengambil jalur alternatif keluar dari tol Buah Batu, lalu ambil jalan ke kanan-Bojongsoang-pertigaan Bojongsoang ambil ke arah kiri/jembatan Citarum-di pertigaan Ayam Bakar Simpang ambil kanan-Tugu Baleendah ambil kanan-Jl. Belakang Rumah Sakit Al Ihsan-pertigaan Jl. Banjaran/SPBU belok kiri ke arah Rencong (Borma)-Kampung Batu Malakasari.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Harga Kertas Samson per Lembar dan 1 Rim
loading...
author

Leave a reply "Update Harga Tiket dan Wahana di Kampung Batu Malakasari"