Update Harga Tiket Susi Air (Berbagai Rute)

Siapa sih yang tak kenal dengan Susi Pudjiastuti? ini adalah mantan Menteri Perikanan dan Kelautan pada Kabinet Kerja Jokowi periode 2014-2019. Selain terkenal sebagai menteri, wanita ini memiliki bisnis maskapai yang diberi nama Susi Air. Pesawat ini siap membawa Anda bepergian dari berbagai pelosok negeri. Untuk menikmati dengan Susi Air, tentunya Anda harus membayar tiket pesawat dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: Ibu Susi Pudjiastuti di Dalam Pesawat Susi Air (credit: travelingyuk)
Ilustrasi: Ibu Susi Pudjiastuti di Dalam Pesawat Susi Air (credit: travelingyuk)

Profil Susi Air

Susi Air yang didirikan oleh PT ASI Pudjiastuti Aviation sudah memegang Air Operation Certificate (AOC 135-028). Susi Air didirikan oleh Susi Pudjiastuti pada 2004 lalu dengan dua pesawat terbang. Awalnya, pesawat ini beroperasi di Medan dengan dari Medan ke beberapa daerah di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Hingga saat ini, Susi Air tidak hanya melayani penumpang dengan tujuan Medan-Pangandaran, tetapi juga ke Jakarta (Bandara Halim Perdanakusuma). Bandara Halim Perdanakusuma sendiri merupakan salah satu bandara terbesar dan terpadat di Indonesia.[1] Dengan banyaknya orang di bandara ini, membuat pesawat Susi Air menjadi lebih dikenal masyarakat di Nusantara.

Baca juga  Update Tarif GrabCar di Jogja

Ada sekitar 49 armada pesawat dan beberapa di antaranya akan singgah ke Bandara Halim Perdanakusuma untuk mengangkut penumpang dengan tujuan ke berbagai daerah di dalam negeri. Selain itu, ada juga pesawat Susi Air yang membawa penumpang dari berbagai daerah.

Dilansir dari website resminya, dari 49 armada pesawat Susi Air, 32 di antaranya adalah Cessna Grand Caravan C208B, 9 Pilatus PC-6 Turbo Porter, 3 Piaggio P180 Avanti II, 1 Air tractor AT 802 Fuel Hauler, 1 Piper Archer PA-28, dan 1 LET 410 untuk pesawat sayap tetap. Semua pesawat canggih ini tentunya sudah memiliki sertifikat resmi yang diterbangkan oleh pilot profesional.

Selain memiliki pesawat terbang, PT ASI Pudjiastuti Aviation juga memiliki helikopter. Kendaraan ini diketahui beroperasi mulai akhir 2009 dengan nama 1 Agustawestland Grand A109S dan 1 Agustawestland Koala A119. Sementara itu, helikopter ini mulai bergabung sebagai armada pada 2010 lalu.

Meskipun pesawat Susi Air bukan termasuk jenis pesawat besar, kenyamanan yang diperoleh penumpang terbilang setara dengan maskapai besar. Memasuki pesawat, Anda akan menemukan bangku-bangku khusus yang terbuat dari busa dan semi kulit. Di bagian depan dan belakang kursi, terdapat pengaman khusus supaya Anda bisa duduk dengan nyaman dan tidak merasakan turbulensi dengan kencang.

Baca juga  Update Harga Forklift Toyota (Baru dan Bekas)

Pesawat-pesawat Susi Air juga memiliki pramugari yang siap melayani Anda. Pramugari di sini tidak hanya bertugas membawakan makanan atau menawarkan selimut kepada penumpang, tetapi ikut menjaga keamanan penumpang. Sebelum pesawat berangkat, setiap pramugari ditugaskan untuk memberikan pengarahan keamanan, termasuk cara memakai pelampung jika terjadi dengan pesawat dan cara menggunakan kantong udara untuk Anda yang terkena serangan panik.

Untuk fasilitasnya, pesawat Susi Air memiliki kamar mandi yang selalu terawat dan dilengkapi dengan kloset otomatis. Selain itu, ada tempat khusus berupa wastafel untuk cuci tangan. Kamar mandi ini dibedakan secara khusus untuk pria dan wanita, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan privasi Anda.

Pesawat Susi Air (sumber: sindonews)
Pesawat Susi Air (sumber: sindonews)

Bagi Anda yang ingin bepergian ke beberapa daerah di Nusantara menggunakan Susi Air, pastikan Anda mengetahui harga tiketnya. Jadi, Anda bisa memperkirakan anggaran berlibur dengan baik. Lalu, berapa harga tiket pesawat Susi Air untuk saat ini dan apa saja yang masih dilayani maskapai tersebut?

Harga Tiket Susi Air

Asal Tujuan Harga Tiket
Pangandaran (Nusawiru – Cijulang) Jakarta Pondok Cabe Rp924.000
Jakarta Pondok Cabe Pangandaran (Nusawiru – Cijulang) Rp924.000
Malinau Robert Atty Bessing (LNU) Tarakan Juwata (TRK) Rp772.000
Tarakan Juwata (TRK) Malinau Robert Atty Bessing (LNU) Rp730.000
Sorong Dominique E Osok Bintuni Stenkol Rp1.584.000
Tarakan Juwata Tanjung Selor Rp273.000
Sumenep Banyuwangi Rp245.000
Banyuwangi Sumenep Rp299.000
Baca juga  Update Tarif Uber Motor (GrabBike) di Surabaya

Informasi harga tiket pesawat Susi Air di atas kami rangkum dari situs resmi maskapai yang bersangkutan dan sumber-sumber yang lain. Untuk Pangandaran-Jakarta, jika sebelumnya turun di Bandara Halim Perdanakusuma, saat ini mendarat di Bandara Pondok Cabe lantaran Bandara Halim Perdanakusuma tengah direnovasi. Sementara itu, rute Banyuwangi-Sumenep PP baru dibuka pada Januari 2022.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga tiket pesawat Susi Air saat ini ada yang tetap, ada pula yang turun. Tarif penerbangan Pangandaran-Jakarta atau sebaliknya misalnya, masih dipatok Rp924 ribu sekali jalan. Sementara itu, harga tiket pesawat Susi Air relasi Sorong Dominique E Osok-Bintuni Stenkol yang semula Rp1,61 juta, sekarang sedikit turun menjadi Rp1,58 juta sekali jalan.

[Update: Panca]

[1] Nurhayati, Yati, dkk. 2015. Telaahan Pengembangan Bandar Udara Baru di Pantai Pakis Jaya Karawang sebagai Reliever bagi Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Jurnal Udara Pusat Litbang Perhubungan Udara, Vol. 41(1): 1-10.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.