Info Harga Tiket Penyeberangan ke Nusa Penida Terkini

Bagi Anda yang doyan rekreasi, terutama ke Pulau Bali, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Nusa Penida. Ini adalah sebuah pulau (nusa) yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali, yang dipisahkan oleh Selat Badung. Tidak kalah dengan Pulau Dewata, Nusa Penida juga memiliki beragam objek wisata yang menakjubkan, mulai pantai, air terjun, hingga bukit dan pura. Untuk menyeberang ke pulau ini, Anda bisa menumpang fast boat dengan harga tiket mulai ratusan ribu rupiah sekali perjalanan.

Kapal feri ke Nusa Penida (sumber: asiaferries.com)
Kapal feri ke Nusa Penida (sumber: asiaferries.com)

Lokasi Nusa Penida

Dilansir dari Wikipedia, Nusa Penida adalah sebuah pulau yang berada di sebelah tenggara Bali, yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini, juga terdapat pulau-pulau kecil lainnya, termasuk Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Perairan di Pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya, di antaranya di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, dan Malibu Point.

Bacaan Lainnya

Terletak di wilayah administratif Kabupaten Klungkung, dibandingkan Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan, Nusa Penida memiliki ukuran yang paling besar. Meski Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan terletak terpisah, kedua pulau tersebut secara administratif masih termasuk wilayah Nusa Penida. Jika ditotal, luas area Nusa Penida berkisar 202.840 meter persegi, yang terdiri dari 16 desa dan 79 banjar (komunitas sosial), dengan populasi sekitar 47.448 orang.

Layaknya pulau-pulau lainnya di Tanah Air, pesona wisata unggulan di Nusa Penida tidak jauh-jauh dari pantai dan air laut. Meski demikian, pulau ini juga menyimpan beberapa spot wisata menarik lainnya, termasuk goa, pura, mata air, hingga area perbukitan. Berikut beberapa objek wisata menarik di Nusa Penida yang tengah menjadi hits di kalangan para traveler.

Baca juga  Specs dan Update Harga Lokomotif CC 206

Tempat Wisata di Nusa Penida

  • Angel’s Billabong. Bisa dibilang, ini adalah destinasi wisata di Bali yang tengah naik daun di kalangan wisatawan. Pasalnya, banyak traveler yang mengabadikan momen liburan ke Angel’s Billabong mereka ke akun media sosial seperti Instagram. Angel’s Billabong sendiri merupakan kolam alami yang berada di bebatuan karang dan berbatasan langsung dengan laut. Airnya sangat jernih, kadang ada ikan atau biota laut yang terperangkap di dalamnya. Lokasi Angel’s Billabong berada di Banjar Sumpang, Desa Mekar, Nusa Penida.
  • Crystal Bay Beach. Dari sekian pantai bagus di Nusa Penida, Crystal Bay Beach mungkin yang paling banyak didatangi pelancong. Akses yang lumayan mudah serta ombak yang tidak begitu besar membuat pantai ini relatif aman untuk liburan anak dan keluarga. Daya tarik utama Crystal Bay Beach berupa pasir putih nan bersih dan air laut yang jernih, bahkan aneka di dalamnya bisa terlihat sangat jelas.
  • Pantai Atuh. Hamparan pasir putih, air laut yang biru, dan batuan karang yang menjulang tinggi menjadi sajian utama pantai ini. Pantai Atuh sendiri beralamat di Desa Pejukutan, Nusa Penida. Karena lokasinya terletak di bawah tebing atau perbukitan, satu-satunya akses menuju bibir pantai yaitu dengan berjalan kaki. Wisatawan harus trekking menuruni bukit dan melewati perkebunan warga jika ingin menikmati keindahan Pantai Atuh.
  • Pasih Uug atau Broken Beach. Pantai ini juga sudah cukup populer di kalangan wisatawan domestik maupun luar negeri. Menjadi salah satu ikon wisata Nusa Penida, jika dilihat dari atas menggunakan drone, Pasih Uug tampak seperti sebuah kolam besar yang berisi air laut dan dikelilingi tebing batuan karang yang berlubang. Keberadaan tebing berlubang ini membuat Pasih Uug tidak seperti pantai-pantai pada umumnya yang langsung berhadapan dengan hamparan laut biru.
  • Pantai Suwehan. Terletak di Desa Tanglad, Nusa Penida, pantai ini menawarkan pesona yang mengagumkan. Hamparan pasir putih dan air laut yang biru plus suasana yang sepi membuat siapa saja bakal betah berlama-lama di Pantai Suwehan. Ciri khas pantai ini sendiri berupa batu berbentuk segitiga mirip logo brand Volcom.
  • Tembeling Water Spring. Masih seputar air, namun bukan pantai, ada Tembeling Water Spring atau Mata Air Tembeling. Berlokasi di Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida, ini adalah kolam mata air dengan diameter lima sampai enam meter yang berlokasi cukup tersembunyi. Untuk menuju tempat ini, wisatawan perlu berjalan kaki melewati yang licin, terjal, dan curam
  • Mata Air Guyangan. Selain Tembeling Water Spring, ada juga Mata Air Guyangan atau Air Terjun Peguyangan yang sedang hits di media sosial. Ini adalah mata air alami yang berlokasi di Dusun Antapan, Desa Batukandik, Nusa Penida. Airnya yang sangat jernih menyegarkan dengan debit yang kencang, mencapai 120 liter per detik, membuat siapa saja tertarik basah-basahan di tempat ini.
  • Teletubbies Hills. Jika Anda bosan bermain air, tidak ada salahnya mengunjungi tempat yang satu ini. Terletak di Dusun Julingan, Desa Tanglad, Nusa Penida, bukit ini terdiri dari beberapa gundukan tanah hijau layaknya bukit pada serial anak ‘Teletubbies’. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi panorama rerumputan hijau yang sangat indah dan cocok untuk lokasi foto pre-wedding pengantin baru.
Broken Beach Nusa Penida (sumber: balipedia.id)
Broken Beach Nusa Penida (sumber: balipedia.id)

Seperti diutarakan sebelumnya, untuk menuju ke Nusa Penida, Anda harus menyeberang laut menggunakan fast boat. Biasanya, ke Nusa Penida dilakukan melalui Sanur. Ada banyak kapal atau fast boat yang menyediakan penyeberangan ke pulau tersebut. Berikut kisaran harga tiket penyeberangan ke Nusa Penida.

Baca juga  Update Kisaran Harga Sespan Vespa (Klasik dan Matic)

Harga Tiket ke Nusa Penida

Fast Boat Biaya Penyeberangan (Rp)
Dwi Manunggal Fast Boat One Way : 100.000 per orang
Return Trip : 200.000 per orang
Angel’s Billabong Cruise One Way Foreign : 200.000 per orang
Return Trip Foreign : 250.000 per orang
One Way Domestic : 125.000 per orang
Return Trip Domestic : 150.000 per orang
Maruti Express Fast Boat One Way : 225.000 per orang 
Return Trip : 450.000 per orang 
Crown Fast Cruises One Way : 250.000 per orang
Return Trip : 450.000 per orang
Idola Express Fast Boat Domestic : 75.000 per orang
Foreign : $10 (Rp156.940) per orang
Prasi Sentana One way : 200.000 per orang

Harga tiket ke Nusa Penida di atas kami rangkum dari brosur dan papan resmi masing-masing fast boat, serta sumber-sumber lain. Harga tiket penyeberangan tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Pada tahun 2020 lalu, harga tiket Dwi Manunggal Fast Boat misalnya, masih Rp100 ribu dan tahun 2021 menjadi Rp150 ribuan per orang untuk sekali perjalanan, namun tahun 2022 turun jadi Rp100 ribu per orang sekali jalan. Sementara itu, harga tiket Crown Fast Cruises ke Nusa Penida untuk one way trip yang semula Rp250 ribu, sempat naik menjadi Rp400 ribu per orang, namun turun lagi jadi Rp250 ribu.

Baca juga  Update Tarif Taksi Bandara Jogja (Adisucipto dan YIA) ke Magelang

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Halo. Kenapa harga fast boatnya beda-beda ya? Padahal sama-sama jenis fast boat? Soalnya saya berencana ke Nusa Penida dengan mempertimbangkan apakah bisa mendapatkan harga tiket fast boat termurah. Jadi bisa tolong beri tau apakah yang membedakan harga tiket tersebut cukup signifikan? Apakah kita yang mau menyebrang ke Nusa Penida bisa memilih tiket fast boat yang paling murah on the spot? Atau apakah harus pesan dulu jauh-jauh hari dari agen? Ada saran untuk mendapatkan harga tiket yang paling murah?

    Untuk makanan, mudah tidak mendapatkan makanan yang murah di Nusa Penida? Dimana ya bisa dapat makan yang murah di sana?

    Terima kasih 🙂

    1. Tarif sepenuhnya merupakan kebijakan manajemen masing-masing, saat ini dilakukan on-the spot.
      Untuk informasi lainnya akan kami tambahkan saat perbaruan content.
      Terimakasih atas feedback nya 🙂

  2. kami dari management maruti express,ingin merevisi harga yang telah tercantum sekarang, karena harga kami sekarang untuk domestik (WNI) IDR.75.000/One way dan IDR.150.000/Return, sedangkan untuk WNA IDR.125.000/One Way dan IDR.250.000/Return.
    terimakasih sebelumnya, salam hangat Maruti Express. terima kasih.