Info Terkini Harga Tiket Masuk Zoo Melaka & Night Safari Malaysia

Untuk Anda yang ingin berlibur ke namun dengan alokasi dana yang murah meriah, pastikan Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata Anda untuk mengisi waktu liburan Anda yang berharga. Malaysia memang sebuah negara yang cocok menjadi salah satu destinasi wisata, baik mereka yang senang dengan wisata kota, tradisional etnik, hingga wisata kuliner. Salah satu tempat wisata pilihan dengan harga tiket masuk terjangkau yakni Zoo Melaka & Night Safari.

Ilustrasi: Melaka Zoo Night Safari (credit: Klook)
Ilustrasi: Melaka Zoo Night Safari (credit: Klook)

Sebagai negara tetangga, Malaysia memang sangat dekat dengan Indonesia. Kedekatan tersebut bukan hanya perkara jarak saja, melainkan juga bahasa, budaya, dan kulinernya. Karena kedekatan itulah, berlibur ke Malaysia tak ubahnya seperti liburan ke dalam negeri. Murah dan tidak sulit bagi Anda yang hanya bisa memahami dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan bahasa daerah.

Bacaan Lainnya

Dari sisi bujet, liburan ke Malaysia tidak jauh berbeda jauh dengan berlibur ke kota-kota di Indonesia. Mungkin memang sedikit lebih mahal daripada berlibur ke Jogja, namun jauh lebih murah jika dibandingkan berwisata ke Indonesia timur. Secara pilihan destinasi pun banyak, tak hanya ke , ada Melaka, Penang, maupun Johor. 

Lokasi Zoo Melaka & Night Safari

Jika Anda berencana untuk melancong ke Negeri Jiran, jangan lupa untuk mengunjungi Malacca Zoo atau Zoo Melaka (kebun binatang) yang cukup populer di sana. Zoo Melaka & Night Safari merupakan kebun binatang terbesar kedua di Malaysia yang terletak di Lebuh Raya Ayer Keroh. Mini Safari ialah satu kawasan ketika pengunjung dapat menyaksikan hewan-hewan dari penjuru dunia secara bebas di tanah yang lapang.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Zoo Melaka dibangun sejak 1963 lalu, dan kemudian pada tahun 2013 berganti nama menjadi Malacca Zoo & Night Safari. Kebun binatang seluas 54 hektar ini berada dalam naungan manajemen baru Konsortium KKW Sdn Bhd. Di tempat ini, pengunjung akan disuguhkan sebuah transformasi kebun binatang dengan konsep terbuka. Zoo Melaka biasa dipergunakan sebagai sarana program pendidikan satwa liar, program pemuliaan dan konservasi hewan, dan dijadikan sebagai sarana rekreasi warga Malaysia.

Sementara, untuk Night Safari atau Safari Malam, sengaja disuguhkan untuk memberi pengunjung kesempatan unik dalam mengamati perilaku hewan nokturnal di alaminya. Di kebun binatang Melaka & Safari Malam ini, pengunjung tidak hanya bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, namun juga sebagai sarana edukasi untuk anak pra-sekolah, hingga mahasiswa dan perusahaan. 

Kebun binatang ini terletak di pinggir jalan dan mudah untuk ditemui. binatangnya cukup lengkap. Di area gajah, wisatawan dapat memberi makan gajah dengan mengeluarkan tambahan untuk membeli makanannya. Juga ada show binatang gratis yang sangat menarik yang dapat dilihat pada jam-jam tertentu setiap harinya. 

Seperti biasa, tiket masuk Malacca Zoo untuk turis asing dan turis lokal dibanderol dengan harga yang berbeda.  Untuk anak di bawah usia 3 tahun tidak dikenakan tarif tiket masuk alias gratis. Berikut informasi lengkap tiket masuk Zoo Melaka.

Ilustrasi: Pengunjung Melihat Jerapah di Melaka Zoo (credit: bharian.com.my)
Ilustrasi: Pengunjung Melihat Jerapah di Melaka Zoo (credit: bharian.com.my)

Harga Tiket Masuk Zoo Melaka

Kategori Tarif Tiket
Anak-anak usia 4-12 tahun (turis lokal) RM31,00
Anak-anak usia 4-12 tahun (turis asing) RM59,00
Dewasa usia 13-59 tahun (turis lokal) RM38,00
Dewasa usia 13-59 tahun (turis asing) RM81,00 
OKU – Dewasa RM31,00
OKU – Anak-anak  RM26,00
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Apabila diamati harga tiket masuk Zoo Melaka tahun 2020 terbilang naik dari tahun . Misalnya, untuk kategori anak-anak usia 4-12 tahun (turis lokal) sebelumnya dikenakan tarif masuk sebesar RM6,75 dan naik harga menjadi RM15,00 atau setara Rp53.152. Tak jauh berbeda dengan dewasa turis asing sekitar usia 13-59 tahun yang semula tarifnya sebesar RM22,50 naik menjadi RM35,00 setara Rp124.023.

Demikian pula pada 2021, harga tiket masuk Zoo Melaka lagi-lagi mengalami kenaikan. Pada 2020 lalu harga tiket masuk Zoo Melaka (day/night safari) untuk turis asing anak-anak hanya dipatok RM25 dan turis asing dewasa RM35. Sedangkan tahun ini harga tiket masuknya naik drastis masing-masing jadi RM59 dan RM81.

Harga tiket tersebut sudah termasuk fasilitas untuk mengakses semua wahana di kebun binatang. Zoo Melaka sebelumnya buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5.30 sore. Tahun 2021 Zoo Melaka mengalami perubahan jam operasional menjadi pukul 9 pagi sampai 6 sore. Penjualan tiket masuk berakhir setiap jam 5 sore. Sementara, untuk Night Safari, sebelumnya beroperasi mulai pukul 8 malam hingga 11 malam. Pembelian tiket hanya bisa dilakukan sebelum jam 10.30 malam. Sayangnya, pada 2021 Night Safari di Zoo Melaka terpaksa ditutup sementara sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Melaka Zoo & Night Safari (sumber: mommyjane.com)
Melaka Zoo & Night Safari (sumber: mommyjane.com)

Fasilitas di Zoo Melaka

Di dalam kebun binatang Melaka, terdapat fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya ruang beribadah, ruang istirahat atau rest area, baby changing area, klinik kesehatan, pusat informasi, loker, dan area parkir yang luas. Juga dilengkapi dengan banyak outlet makanan dan minuman yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung saat berwisata di kebun binatang ini.

Hewan-hewan yang menjadi koleksi Zoo Melaka cukup beragam, mulai dari hewan mamalia, reptil, burung, ikan, dan amfibi. Kebun binatang ini memiliki konsep yang cukup unik karena berjenis terbuka, sehingga pengunjung dapat berinteraksi dengan binatang dari jarak dekat. Namun, untuk jenis hewan buas, tetap tinggal di dalam kandang. Adapun koleksi hewan terbaru yang banyak menarik perhatian wisatawan adalah hewan panda yang gemuk dan menggemaskan, harimau benggala putih, penguin, dan leopard. 

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Serupa dengan objek wisata Safari di Indonesia, di jam-jam tertentu, pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan hewan-hewan favorit. Agar tidak melewatkan acara istimewa ini, Anda harus memperhatikan setiap jadwal penyelenggaraan pertunjukan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berwisata di Zoo Melaka.

Jadwal Show Zoo Melaka

Pertunjukan Jadwal
Bird Show Weekday: pukul 11 pagi dan 3.30 sore
Weekend dan hari libur: pukul 11 pagi, 2 siang, dan 4 sore. 
Keeper Talk Weekend dan hari libur: pukul 12 siang di wahana Tiger Eye.
Elephant Feeding Weekend dan hari libur: pukul 11.30 pagi dan 2.30 siang. 

Setidaknya terdapat kurang lebih 2.000 binatang langka di Zoo Melaka. Kebun binatang ini telah berkembang menjadi kebun binatang berkonsep terbuka dengan lebih dari 90% binatangnya ditempatkan di kandang yang luas dengan pemandangan yang sesuai dengan alam binatang tersebut.

Tempat wisata ini juga menjadi salah satu tujuan utama bagi para turis asing maupun turis lokal yang berkunjung ke Malaysia. Terbukti dengan kunjungan setiap hari ke tempat wisata ini yang meledak, terlebih pada saat hari libur. Kebun binatang Melaka sangat cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga. Selain lokasinya yang berada di pusat kota, tempat ini juga dekat dengan objek wisata lainnya, seperti Taman Botani Melaka.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *