Harga Tiket Masuk Lawang Sewu Semarang

No comment88 views

, sebuah besar yang sekaligus Ibukota Provinsi Jawa Tengah. Semarang memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan. Di antara sejumlah kekayaan akan destinasi wisatanya tersebut, ternyata masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren lainnya yang ada di Semarang.

Semarang memiliki banyak spot dan objek wisata yang terbilang cukup lengkap, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot -foto unik dan kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata. Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Semarang, Jangan khawatir akan keindahannya, Semarang menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Semarang juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata Jogja ataupun kota besar lainnya.

Lawang Sewu Semarang - www.pegipegi.com

Lawang Sewu Semarang - www.pegipegi.com

Jika berkunjung ke Semarang, kebanyakan wisatawan tentu tidak akan melewatkan untuk berkunjung ke Lawang Sewu yang terletak di sudut Jalan Pandanaran dan Jalan Pemuda, atau tepatnya terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang. Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu), ini dikarenakan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. ini memiliki banyak jendela tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

Bangunan utama Lawang Sewu berupa tiga lantai bangunan yang memiliki dua sayap membentang ke bagian kanan dan kiri bagian. Jika pengunjung memasukkan bangunan utama, mereka akan menemukan tangga besar ke lantai dua. Di antara tangga ada kaca besar menunjukkan gambar dua wanita muda Belanda yang terbuat dari gelas. Semua struktur bangunan, pintu dan jendela mengadaptasi gaya arsitektur Belanda. Dengan segala keeksotisan dan keindahannya Lawang Sewu ini merupakan salah satu tempat yang indah untuk pre-wedding.

Setelah cukup lama Lawang Sewu seperti tak terurus, akhirnya Lawang Sewu dilakukan pemugaran yang memakan waktu cukup lama, akhirnya selesai pada akhir Juni 2011 dan kembali dibuka untuk umum setelah pada tanggal 5 Juli 2011 diresmikan oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono dan dilanjutkan dengan event Pameran Kriya Unggulan Nusantara yang menampilkan produk produk tradisional dari seluruh Nusantara.

Sejarah Singkat Lawang Sewu

Bangunan Lawang Sewu dibangun pada 27 Februari 1904 dengan nama lain Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat NIS). Awalnya kegiatan administrasi perkantoran dilakukan di Stasiun Semarang Gudang (Samarang NIS), namun dengan berkembangnya jalur jaringan kereta yang sangat pesat, mengakibatkan bertambahnya personil teknis dan tenaga administrasi yang tidak sedikit seiring berkembangnya administrasi perkantoran. Pada akibatnya kantor NIS di stasiun Samarang NIS tidak lagi memadai.

Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Selain itu pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. Pada masa perjuangan gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober - 19 Oktober 1945).

Harga Masuk Lawang Sewu

Lawang Sewu sendiri adalah nama sebuah gedung kuno di Kota Semarang. Dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda, Lawang Sewu dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistisnya yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas jaman dahulu. Gedung Lawang Sewu juga mempunyai lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara. Harga tiket masuk Lawang Sewu adalah Rp10.000 untuk dewasa, dan Rp5.000 untuk anak-anak dan pelajar. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.

Lawang Sewu Semarang - travel.tribunnews.com

Lawang Sewu Semarang - travel.tribunnews.com

Lawang Sewu memiliki lima bangunan yang menyuguhkan banyak sudut menarik. Beberapa sudut menyuguhkan pemandangan arsitektur yang memukau, layaknya bangunan tua di Eropa. Ada sudut-sudut yang mirip seperti di Eropa, tiang-tiang pancang putih biasanya digunakan untuk foto pre-wedding.

Teras Utama
Dari teras utama ini akan Anda akan melihat sudut bangunan utama Lawang Sewu. Sudut dengan menara berkaca mozaik menyambungkan antara bangunan A dan bangunan B. Fotografer bisa mengambilnya dari pohon besar yang ada di tengah halaman. Dari sini bangunan Lawang Sewu terasa amat megah.

Kaca Mozaik
Kaca Mozaik menghiasi menara hingga ketinggian sembilan meter. Uniknya di kaca mozaik tersebut mengisahkan tentang sejarah Lawang Sewu sebagai kantor perkeretaapian terbesar di Indonesia saat itu. Anda bisa berfoto di atas anak tangga, membelakangi atau menghadap ke kaca. Foto khas di tempat ini adalah siluet, berlatarkan kaca mozaik sejarah Lawang Sewu. Krisdani mengatakan kaca ini belum pernah dipugar ataupun rusak sejak didirikan mulai 1916-1918.

Pintu Seribu
Tempat berfoto kali ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi yang pernah berkunjung ke Lawang Sewu. Anda bisa berfoto dengan latar pintu yang seolah tak berujung. Pintu yang menyambungkan tiap ruangan di gedung B lantai dua ini terletak di tengah, fungsinya untuk memudahkan berkomunikasi antar ruangan pada saat itu.

Jembatan Antar Gedung
Jika Anda berkeliling di lima gedungnya, terdapat beberapa jembatan yang menyambungkan antar gedung tersebut. Jembatan dengan latar foto terbaik ialah yang menyambungkan gedung B dengan gedung C di lantai dua. Anda bisa berfoto dengan latar deretan tiang di gedung B, menara kaca mozaik, dan jembatannya yang bersih.

Baca juga  Daftar Harga Kue Ulang Tahun Berbagai Ukuran untuk Pacar

Jalan Belakang
Inilah salah satu titik foto yang jangan sampai terlewat setelah Anda berkeliling, lokasinya berada di pintu keluar Lawang Sewu. Biasanya foto ini juga jadi foto perpisahan antara pemandu wisata dengan para wisatawan. Awan yang cerah berpadu dengan bangunan bertiang yang megah, dihiasi hijaunya taman, jadi komposisi foto yang apik. Tentunya perjalanan Anda ini akan memperindah feeds media sosial.

Karena Lawang Sewu merupakan tempat wisata bersejarah, maka tidak banyak atau yang bisa Anda nikmati disini. Di Lawang Sewu Anda bisa berfoto-foto dengan desain interior khas zaman dulu. Jika penasaran, Anda juga bisa menuju ruang bawah tanah dimana ini kental dengan nuansa mistis. Di sekitar Lawang Sewu juga terdapat lain seperti penginapan dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu juga terdapat wisata kuliner yang menjual makanan khas Semarang. Banyak pilihan makanan yang bisa Anda temui di sekitaran Lawang Sewu ini.

loading...

Leave a reply "Harga Tiket Masuk Lawang Sewu Semarang"