Info Fasilitas & Update Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan adalah sebuah tempat rekreasi yang dikelola oleh DKI Jakarta dan terletak di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ragunan Zoo buka setiap hari Selasa-Minggu jam 07.30-16.00 WIB dan khusus hari Senin tutup/libur. Tempat wisata seluas 147 hektare ini memiliki lebih dari 2.009 koleksi satwa dan ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon yang membuatnya terasa begitu menyenangkan untuk dikunjungi. Terlebih, masuk Kebun Binatang Ragunan pun cukup murah, berikut informasi lengkapnya.

Kebun Binatang Ragunan Jakarta - id.wikipedia.org
Kebun Binatang Ragunan Jakarta – id.wikipedia.org

Ragunan Zoo

Keterangan Biaya Tiket
Tiket masuk untuk dewasa Rp4.000 per orang
Tiket masuk untuk anak-anak Rp3.000 per anak
Wahana/fauna kuda tunggang Rp5.000 per satu kali keliling
Onta tunggang Rp7.500 per satu kali keliling
Taman Satwa Anak Rp2.500 per satu kali keliling
Perahu Angsa Rp18.000 per satu kali keliling
Kereta keliling Rp10.000 per satu kali keliling
Sepeda tunggal Rp10.000 per orang
Sepeda ganda Rp15.000 per orang
Kuda bendi Rp15.000 per satu kali keliling
Pusat Primata Schmutzer Hari Selasa-Jumat (usia 3 tahun ke atas) Rp6.000 per orang
Hari Sabtu-Minggu/libur nasional (usia 3 tahun ke atas) Rp7.500 per orang

Tarif Parkir Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan (sumber: ayojakarta.com)
Taman Margasatwa Ragunan (sumber: ayojakarta.com)
Jenis Kendaraan Biaya Parkir
Bus besar, besar, dan mobil box besar Rp15.000 per hari
Bus kecil, kecil, mobil box kecil, dan pick up besar Rp12.500 per hari
Mobil sedan, minibus atau sejenis, termasuk dalam  pickup kecil Rp6.000 per hari 
Sepeda motor dan kendaraan roda tiga Rp3.000 per hari
Sepeda Rp1.000 per hari
Baca juga  Update Harga Propilen Glikol di Pasaran

Perlu Anda ketahui, masuk dan parkir di Taman Margasatwa Ragunan di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Meskipun begitu, harga tiket masuk, tiket wahana, dan tarif parkir di Taman Margasatwa Ragunan tersebut masih sama dengan tahun 2019 lalu. 

Bacaan Lainnya

Pembayaran Tiket Masuk dengan Kartu Jakcard Bank DKI

Kartu perdana Jakcard Bank DKI untuk masuk Kebun Binatang Ragunan terdiri dari 2 macam, yakni Jakcard Bank DKI seharga Rp35 ribu dengan isi saldo Rp20 ribu dan kartu Jakcard Bank DKI seharga Rp65 ribu dengan saldo Rp50 ribu. Sebagai informasi, elektronik berwujud kartu Jakcard Bank DKI ini dapat dibeli seluruh Taman Margasatwa Ragunan. Cukup dengan 1 kartu, bisa Anda gunakan untuk membayar tiket bagi banyak orang, selama saldo di dalamnya mencukupi.

Untuk top up saldo, minimum Rp10.000, dengan maksimal saldo kartu Rp1.000.000. Top up dapat dilakukan di seluruh loket Taman Margasatwa Ragunan, halte busway, hingga ATM Bank DKI. Kartu Jakcard Bank DKI juga sifatnya multifungsi, karena bisa Anda gunakan di sejumlah tempat seperti halte-halte busway Transjakarta, Monumen Nasional (Monas), Museum Kota Tua, dan tentunya Kebun Binatang Ragunan. Namun, perlu diingat bahwa yang ada dalam kartu tidak dapat di-refund, sehingga sisa saldo akan tetap berada dalam kartu.

Baca juga  Jenis-Jenis dan Harga Imunisasi Anak di Bidan

Jadwal Makan Satwa Ragunan Zoo

Selama berada di Kebun Binatang Ragunan, Anda juga bisa melihat aktivitas satwa-satwa di sana ketika diberi makan oleh para penjaga TMR (Taman Margasatwa Ragunan). Namun perlu Anda ketahui, jadwal harian pemberian makan untuk satwa di Kebun Binatang Ragunan berbeda-beda, tergantung jenisnya.

Misalnya saja, untuk gajah Sumatera, jadwal makannya pada siang hari pukul 14.30 WIB hingga 14.45 WIB. Kemudian, untuk satwa komodo, hanya diberi makan pada sore hari, yakni pukul 15.00 WIB sampai 15.15 WIB. Yang terakhir, untuk harimau, pemberian makannya setiap sore hari pada pukul 15.00 WIB hingga pukul 15.15 WIB.

Gajah di Kebun Binatang Ragunan (sumber: thejakartapost.com)
Gajah di Kebun Binatang Ragunan (sumber: thejakartapost.com)

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, Kebun Binatang Ragunan adalah tempat rekreasi yang dikelola oleh DKI Jakarta. Tak heran jika objek wisata keluarga ini menawarkan fasilitas yang lengkap, mulai dari aspek edukatif hingga aspek rekreatif.

Salah satu fasilitas dan juga daya tarik Kebun Binatang Ragunan adalah Pusat Primata Schmutzer, yang merupakan pusat primata bertaraf internasional, yang memiliki peranan penting dalam konservasi primata Indonesia dan juga menjadi jendela informasi primata. Di dalam Pusat Primata Schmutzer, ada banyak koleksi primata eksotis seperti orangutan, gorilla, simpanse, dan jenis-jenis primata langka, baik dari dalam dan juga luar negeri. Bahkan, di Pusat Primata Schmutzer pun, Anda dapat menyaksikan film dokumenter primata dengan biaya Rp150 ribu untuk sekali tayang dengan kapasitas tempat duduk yang mencapai 85 kursi.

Baca juga  Update Harga Setrika Uap untuk Laundry (All Merk)

Selain itu, ada pula fasilitas Taman Refleksi yang berupa taman dengan bebatuan yang dirancang sedemikian rupa untuk terapi pijat refleksi. Taman Refleksi ini letaknya ada di Central Area Pusat Primata Schmutzer. Bagi Anda yang datang bersama buah hati pun bisa mencoba melihat keunikan para satwa di Taman Satwa Anak. Di sana, terdapat beberapa koleksi satwa seperti ikan raksasa arapaima gigas, ular condrophyton, hingga kapibara. Bahkan, di tempat itu juga dilengkapi sarana permainan anak layaknya ayunan, jaring laba-laba, dan lainnya.

Sarana rekreasi di Ragunan pun lengkap, ada banyak wahana yang bisa dicoba, mulai dari gajah, kuda, dan unta tunggang, persewaan sepeda, kereta keliling, perahu angsa, pentas satwa, dan kuda bendi. Tak perlu khawatir dengan sarana penunjang lainnya. TMR menyediakan musala, rumah makan, toilet, hingga area parkir kendaraan yang luas.

Taman Margasatwa Ragunan

Alamat: Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12550, Indonesia

Nomor telepon: (021) 78847114

Fax: (021) 7805280

Email: [email protected]

Website: ragunanzoo.jakarta.go.id

Instagram: @ragunanzoo

[Update: Almasshabur]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.