Update Tarif Tiket dan Harga Makanan The Onsen Resort di Batu

Songgoriti sering menjadi rujukan wisatawan untuk mencari penginapan saat berkunjung ke Kota Batu. Pasalnya, daerah ini memang punya beragam tipe akomodasi yang dapat disesuaikan kebutuhan dan anggaran pelancong. Tidak cuma villa kamaran dan rumahan, Songgoriti juga menyediakan tempat bermalam ala-ala Jepang bernama The Onsen Resort. Menawarkan layanan berendam panas, kamar-kamar estetik, serta makanan yang lezat, harganya memang bisa dikatakan masih cukup masuk akal.

The Onsen Resort mandi air panas (sumber: booking.com)
The Onsen Resort mandi air panas (sumber: booking.com)

Jika berbicara mengenai wisata di Jawa Timur, nama Kota Batu merupakan salah satu yang paling populer. Kota yang terletak di sisi barat Kota Malang tersebut memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang oke serta udaranya yang sejuk, bahkan bisa sangat dingin ketika malam hari. Menawarkan banyak tempat wisata seperti wisata agro, pendakian, wisata desa, hingga amusement park seperti Jatim Park dan BNS, kunjungan ke Kota Batu didominasi keluarga atau rombongan (50 persen) dan pasangan (40 persen), sedangkan sisanya individual.[1]

Bacaan Lainnya

Dengan tingkat kunjungan yang terus meningkat, tidak heran jika kemudian di Kota Batu ditemukan banyak tempat bermalam. Nah, salah satu kawasan di Kota Apel yang terkenal dengan penginapannya adalah Songgoriti. Terletak dekat dengan wisata Paralayang dan kawasan Payung, Songgoriti menjadi pilihan populer karena menyediakan beragam tipe akomodasi, terutama villa rumahan dan kamaran.

Lokasi dan Fasilitas The Onsen Resort

Selain villa, di Songgoriti juga dapat ditemukan resort bergaya ala-ala Jepang bernama The Onsen Hot Spring Resort, atau biasa disebut The Onsen Resort saja. Banyak yang bilang, resort unik dapat menjadi penawar bagi Anda yang bercita-cita pergi ke Jepang, tetapi belum kesampaian. Anda bisa menemukan akomodasi ini di Jalan Arumdalu No. 98, Kota Batu, dekat dengan sejumlah objek wisata lainnya seperti Wisata Paralayang, Labirin Coban Rondo, hingga Goa Pinus.

Sebagai sebuah tempat bermalam, The Onsen Resort telah didukung dengan fasilitas yang komplet, bahkan bisa dikatakan mewah. Ketika Anda bermalam di tempat ini, Anda akan menemukan villa-villa dengan arsitektur bergaya Jepang, pemandian air panas alami alias onsen, serta Chaya Venue atau tempat untuk upacara minum teh tradisional ala Jepang.

Ada pula Fushimi Japanese Restaurant yang menyajikan menu-menu masakan khas Jepang serta masakan khas Indonesia dan menu masakan internasional, aula serbaguna Bushido Hall untuk menyelenggarakan berbagai acara penting dengan kapasitas mencapai 150 kursi, hingga kursus kebudayaan dan kesenian Jepang seperti seni merangkai bunga (Ikebana) dan juga seni melipat kertas (Origami).

Selama berada di The Onsen Resort, Anda pun dapat menyewa kostum yukata dengan berbeda-beda. Tak perlu khawatir, sebab kabarnya stok yukata di The Onsen Resort Songgoriti cukup banyak. Jadi, Anda tidak perlu mengantre atau berebut dengan pengunjung lainnya yang juga kebetulan ingin menyewa yukata di saat yang bersamaan.

Anda dapat berkeliling ke sejumlah area, lalu berhenti di spot-spot Instagramable untuk berfoto-foto di The Onsen Resort, seperti di Torii atau gerbang merah khas Jepang, Jembatan Shinkyo yang ikonik. Turis pun bisa berjalan-jalan menikmati The Onsen Garden, sebuah taman bergaya Jepang dengan penataan yang apik dan benar-benar asri. Anda dijamin bakal terkesima dengan latar belakang padang rumput hijau dan pegunungan di sekelilingnya.

Tata ruang cottage The Onsen Resort Songgoriti (sumber: tiket.com)
Tata ruang cottage The Onsen Resort Songgoriti (sumber: tiket.com)

Bila Anda tidak berencana menginap, tetapi ingin tetap bisa merasakan sensasi berendam ala orang Jepang, The Onsen Resort menyediakan pemandian air panas umum. Pemandian Genki Onsen ini dibedakan menurut jenis kelamin, sehingga pria dan wanita tidak diperkenankan berendam di kolam yang sama. Masing-masing onsen bisa menampung hingga 20 orang. Genki Onsen buka setiap hari mulai jam 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, sebelumnya buka mulai jam 15.00 WIB.

Pemandian air panasnya alias onsen ala Malang ini kabarnya berasal dari air sumber asli pegunungan yang ada di sekitar Candi Songgoriti yang mengandung belerang. Air dengan suhu sekitar 42 derajat Celcius tersebut diyakini kaya akan kandungan mineral, sehingga bukan hanya mampu menghangatkan tubuh di tengah dinginnya hawa Songgoriti, tetapi juga disebut-sebut baik untuk kesehatan kulit dan dapat menghilangkan pegal-pegal.

Sementara itu, untuk mereka yang tertarik menginap, The Onsen Resort menawarkan 25 villa yang terdiri dari dua jenis, yakni tipe Deluxe Suite untuk 4 orang dan Executive Suite untuk 6 orang tamu. Sesuai dengan konsep yang diusung oleh The Onsen Resort, villa-villa yang ada di sana dirancang sesuai dengan nuansa tradisional khas Jepang yang ornamennya sebagian besar dari material kayu. Dilengkapi pula dengan kasur nyaman tanpa dipan atau tatami flooring, sehingga penataan di bagian ruang keluarga dan kamar tidur serba lesehan.

Tiap villa di akomodasi ini memiliki teras atau balkon yang memungkinkan Anda untuk menikmati hijaunya pemandangan pegunungan serta pemandian air panas privat alias private onsen yang terpisah dari pengunjung lainnya. Anda pun bisa menikmati suasana berendam di air panas layaknya di Negeri Sakura sungguhan.

Harga Tiket The Onsen Resort

Komponen Biaya Tarif
Tiket Masuk Rp30.000 per orang
Tiket Masuk plus Restaurant Rp50.000 per orang
Tiket Genki Onsen Anak Rp75.000 per orang
Tiket Genki Onsen Dewasa Pria Rp150.000 per orang
Tiket Genki Onsen Dewasa Wanita Rp150.000 per orang
Sewa Kostum Yukata Rp100.000 per orang per 2 jam
Sewa Kostum Hakama Rp200.000 per orang per 2 jam
Sewa Kostum Furisode Rp250.000 per orang per 2 jam

Informasi harga tiket masuk The Onsen Resort di atas kami peroleh langsung dari rilis resmi penginapan yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa biaya tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu tarif tiket masuk kawasan ini Rp50 ribuan per orang, sedangkan harga sewa kostum Yukata dibedakan antara pria dan wanita dengan besaran Rp100 ribu sampai Rp150 ribu per orang per 2 jam.

The Onsen Resort Songgoriti Batu - www.agoda.com
The Onsen Resort Songgoriti Batu – www.agoda.com

Tarif Kamar The Onsen Resort

Tipe Kamar Tarif per Malam Kapasitas
Deluxe Suite Rp2.500.000 4 orang
Executive Suite Rp3.600,000 6 orang

Daftar tarif sewa kamar atau villa The Onsen Resort di atas kami kutip dari berbagai sumber, termasuk brosur resmi penginapan dan sejumlah situs booking online. Perlu Anda catat bahwa biaya sewa kamar tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal reservasi. Tahun lalu, harga sewa kamar Deluxe di The Onsen Resort berkisar Rp3,57 jutaan per malam.

Harga Makanan The Onsen Resort

Menu Harga
Kani Rp32.000
Salad Rp46.000
Tori Katsu Rp48.000
Fish Katsu Rp52.000
Shake Triangles Rp56.000
Spicy Ramen Rp58.000
Tori Karaage Rp60.000
Shake Rp60.000
Yaki Ramen Rp62.000
Shake Aka Rp65.000
Yaki Udon Rp68.000
Yaki Soba Rp68.000
Gyuniko Soba Rp68.000
Gyuniko Curry Ramen Rp68.000
California Rp72.000
Fushimi Miso Ramen Rp75.000
Gyuniko Curry Udon Rp76.000
Gyuniko Udon Rp76.000
Teriyaki/Bento Set Rp80.000
Ebi Tempura Rp84.000
Tempura Moriawase Rp90.000
Shabu Shabu Rp208.000
Sukiyaki Rp208.000
Yoshinabe Rp250.000

Harga menu makanan di The Onsen Resort tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran sejumlah wisatawan, dan sudah termasuk pajak. Perlu Anda ingat bahwa harga makanan di The Onsen Resort di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa menghubungi (0341) 510188 atau 0821 4307 0190.

Tempat Makan di The Onsen Resort - (@Angeline Goh)
Tempat Makan di The Onsen Resort – (@Angeline Goh)

(Panca)

[1] Pratama, Irwansyah D. 2013. Perancangan Resort Hotel pada Lereng Gunung Panderman Kota Batu (Jurnal Ilmiah). Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Pos terkait