Update Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Tahun 2020

Anda pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan salah satu candi Buddha yang sesuai namanya, berada di Borobudur, , Jawa Tengah. candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 meter di sebelah barat laut Yogyakarta. Untuk masuk kawasan Candi Borobudur, domestik hanya dikenai masuk dengan yang relatif terjangkau.

Salah satu stupa Candi Borobudur

Salah satu stupa Candi Borobudur

Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi, pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus menjadi salah satu monumen Budha terbesar di dunia. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.

Menurut bukti-bukti , Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam. Dunia mulai menyadari keberadaan ini sejak ditemukan pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa. Sejak saat itu, Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran. Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, dan kemudian situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Hingga kini, Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan. Tiap tahun, umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Sementara, dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah objek tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Untuk bisa berkunjung ke Candi Borobudur, tahun 2020 ini para wisatawan diwajibkan membayar tiket masuk dengan harga mulai Rp50.000 per orang untuk wisatawan berumur 10 tahun ke atas atau tamu dewasa, naik dari harga tahun 2019 lalu sebesar Rp40.000. Sementara, untuk wisatawan anak-anak berumur di bawah 3-10 tahun atau rombongan pelajar/mahasiswa domestik (lebih dari 20 orang), cukup membayar tiket sebesar Rp25.000, naik juga dari tahun lalu sebesar Rp20.000 per orang. Adapun untuk wisatawan mancanegara, tiket masuk ke Candi Borobudur dikenakan mulai USD25 (dewasa) sekitar Rp359 ribuan atau USD15 (anak-anak) sekitar Rp216 ribuan.

Meskipun merupakan tempat bersejarah, selama berada di Candi Borobudur, Anda bisa menikmati sederet yang disediakan, berupa ruangan menyusui, ruang ibadah, toilet yang bersih, akses internet wifi, restoran, dan juga area parkir kendaraan yang luas.

Namun, di masa new normal ini, untuk mengunjungi Candi Borobudur Anda diwajibkan mematuhi protokol kesehatan pengunjung, meliputi wajib menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, jaga jarak aman 1 meter, hingga menjalani pengecekan suhu tubuh (wajib bersuhu badan kurang dari 37 derajat celsius).

Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, Anda bisa menumpang bus di Terminal Giwangan atau Sub-Terminal Jombor, dengan rute atau jurusan Borobudur. Rute ini dapat memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Setelah sampai di Terminal Borobudur, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter atau naik becak atau naik dokar.

Sementara, jika Anda datang dari Semarang, Anda bisa ke terminal bus Semarang dan naik bus jurusan Yogyakarta. Anda bisa turun di Terminal Magelang, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus jurusan Borobudur. Jarak Semarang-Borobudur sekitar 90 km, dan waktu tempuh yang diperlukan untuk perjalanan ini sekitar 3,5 jam.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Harga Berbagai Merek Benang Sulam di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Tahun 2020"