Jadwal dan Harga Tiket Ferry Penajam-Balikpapan

Nama Kabupaten Penajam Paser Utara mendadak viral setelah ditunjuk sebagai ibukota baru Indonesia menggantikan . Terletak di seberang Balikpapan, daerah ini dapat Anda tuju menggunakan feri. Dioperasikan oleh PT ASDP, Penajam menuju Balikpapan atau sebaliknya mematok harga tiket mulai Rp7 ribuan untuk penumpang perorangan.

Jika Anda belum terlalu familiar dengan Penajam Paser Utara, ini adalah salah satu kabupaten yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur. Ibukotanya terletak di Penajam, berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara di sebelah utara, Selat Makassar di sebelah timur, Kabupaten Paser di sebelah selatan, serta Kabupaten Kutai Barat di sisi barat.

Kapal Ferry Penajam-Balikpapan - kataomed.com

Kapal Ferry Penajam-Balikpapan - kataomed.com

Merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Pasir (kini Paser) pada tahun 2002, daerah Penajam Paser Utara menjadi kabupaten termuda kedua di Provinsi Kalimantan Timur, sekaligus sebagai kabupaten ke-13 di provinsi tersebut. ini sendiri terdiri dari empat kecamatan, yakni Kecamatan Penajam, Kecamatan Waru, Kecamatan Babulu, dan Kecamatan Sepaku.

Penajam Paser Utara sendiri memiliki luas sekitar 3.333 kilometer persegi dengan jumlah penduduk hanya 159.000 jiwa. Coba bandingkan dengan Jakarta yang memiliki luas hanya 661 kilometer persegi, tetapi dihuni hampir 10 juta orang. Tidak mengherankan jika kemudian kondisi di kabupaten tersebut cenderung sepi dan lebih tenang.

Seperti halnya daerah lain di Pulau Kalimantan, Penajam Paser Utara juga memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah. Kawasan ini punya hasil hutan, perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, hingga pertambangan. Potensi tersebut tentu saja merupakan peluang bagi penduduk untuk menambah pendapatan mereka dan meningkatkan kesejahteraan hidup.

Tidak cuma sumber daya alam yang berlimpah, kabupaten ini pun punya sektor wisata yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia. Jika Anda suka dengan wisata alam, sejumlah air terjun dan pantai elok bisa Anda kunjungi, sedangkan untuk mereka yang doyan seni dan budaya, beragam pesta ada sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut potensi wisata di Penajam Paser Utara.

Wisata di Penajam Paser Utara

  • Pantai Nipah Nipah, adalah salah satu pantai elok di Penajam Paser Utara. Terletak tidak jauh dari pusat , pantai ini sering dijadikan lokasi acara-acara besar yang diadakan pemerintah kabupaten setempat. Dari pantai ini, wisatawan juga dapat menyaksikan Balikpapan di kejauhan, serta keindahan matahari terbit di pagi hari.
  • Pantai Tanjung Jumlai, pantai lainnya yang juga eksotis di Penajam Paser Utara. Memiliki lebar pantai kurang lebih 100-150 meter dengan bentangan pantai sepanjang 15 km, pantai ini punya panorama yang cantik dan pasir kwarsa kasar sehingga dasar laut dapat terlihat dengan jelas. Selain bisa menikmati kawasan pantai yang asri, pengunjung juga dapat berkemah di area ini.
  • Ekowisata Mangrove Penajam, lokasinya tidak jauh dari Pantai Nipah Nipah, tepatnya di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Wisatawan dapat berkunjung ke sini tanpa membayar tiket sepeser pun, serta bebas mengambil foto di sekitar area. Salah satu tempat favorit untuk selfie adalah di jembatan yang dikelilingi pohon mangrove.
  • Air Terjun Tembinus, merupakan objek wisata yang dijamin bakal disukai para petualang sejati. Untuk bisa menuju ke sana, perlu perjalanan kurang lebih 3 jam dari pusat Penajam, dan cuma beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu hingga pukul empat sore. 
  • Penangkaran Rusa Penajam, adalah salah satu spot wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp2.000 ketika weekday dan Rp5.000 ketika weekend, Anda sudah dapat menikmati aktivitas rusa, serta memberi makanan kepada hewan tersebut secara langsung. Kebanyakan spesies rusa di sini adalah jenis Rusa Sambar dan Rusa Timor.
  • Taman Bunga Rozeline, berada di dekat Kantor Bupati Penajam Paser Utara sehingga wisatawan dapat mengakses spot wisata ini kapan saja. Traveler bebas mengambil foto di taman ini tanpa dikenakan tiket masuk alias gratis. Dilengkapi dengan pepohonan dan danau, yang ada di taman ini antara lain gazebo dan taman bermain.
  • Pesta Adat, ada beberapa pesta ada yang diadakan di Penajam Paser Utara. Untuk memperingati HUT kabupaten, digelar Pesta Pantai Nipah Nipah, sedangkan Pesta Adat Nondoi diadakan setiap dua tahun sekali oleh suku Dayak Paser. Sementara, Pesta Pantai Lango sering dilakukan dalam rangka memperingati bulan Safar.

Nah, untuk menuju Penajam Paser Utara, Anda bisa berangkat dari Balikpapan menggunakan kapal feri. Lokasi keberangkatan adalah dari Pelabuhan Karingau atau Karingau, yang dikelola oleh PT Kaltim Karingau , perusahaan patungan antara pemerintah pusat melalui PT Pelabuhan Indonesia dengan pemerintah provinsi melalui Perusahaan Daerah Melati Bhakti Satya.

Untuk penyeberangannya sendiri, dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry yang beroperasi setiap hari selama 24 jam. Waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan laut ini sekitar 60 menit, dalam kondisi normal, dengan menempuh jarak sekitar 60 km. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga tiket ferry Penajam-Balikpapan.

Penumpang Kapal Ferry Penajam-Balikpapan - aksi.id

Penumpang Kapal Ferry Penajam-Balikpapan - aksi.id

Harga Tiket Ferry Penajam-Balikpapan

Golongan PenumpangHarga Tiket
Anak-AnakRp7.600
DewasaRp12.400
Golongan I SepedaRp11.460
Golongan II Sepeda Motor < 500ccRp29.400
Golongan III Sepeda Motor > 500ccRp52.000
Golongan Iva Mobil/Sedan >= 5mRp269.500
Golongan IVb Mobil <= 5mRp198.00
Golongan Va Bis Sedang <= 7mRp468.500
Golongan Vb Truk Sedang <= 7mRp402.500
Golongan VIa Bis Besar <= 10mRp607.500
Golongan VIb Truk Besar <= 10mRp629.000
Golongan VII Truk Trailer <= 12mRp815.000
Golongan VIII Truk Trailer <= 16mRp1.139.500
Golongan IX Truk Trailer > 16mRp1.346.000

penyeberangan Penajam-Balikpapan di atas kami rangkum dari resmi PT ASDP Indonesia Ferry. Seperti disampaikan di atas, jadwal penyeberangan Penajam-Balikpapan menggunakan kapal feri tersedia setiap hari selama 24 jam. Sayangnya, hingga artikel ini diterbitkan, pembelian tiket masih harus dilakukan di lokasi, belum tersedia pemesanan secara online.

Baca juga  Info Harga Tiket Pesawat Hongkong-Surabaya Terbaru (Semua Maskapai)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Jadwal dan Harga Tiket Ferry Penajam-Balikpapan"