Jadwal dan Harga Tiket Bus Eka (Semua Trayek)

Jika Anda sering bepergian dari Surabaya menuju Jawa Tengah atau sebaliknya, Anda pasti sudah familiar dengan bus Eka. Sering juga disebut PO Eka-Mira, bus ini memang melayani trayek Surabaya menuju beberapa kota di Jawa Tengah, seperti Solo dan Magelang, serta Yogyakarta. Melewati Tol Trans Jawa untuk mempersingkat waktu, harga tiket bus Eka ternyata lumayan terjangkau.

Armada Bus Eka (sumber: redbus)
Armada Bus Eka (sumber: redbus)

Dari sekian banyak transportasi umum yang sudah beroperasi, bus merupakan salah satu jenis yang masih sering dipakai masyarakat umum. Tidak hanya melayani perjalanan antar-wilayah di daerah yang sama, ada banyak bus yang juga menyediakan yang menghubungkan satu provinsi dengan provinsi yang lain, dikenal sebagai AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Bus AKAP ini memiliki ciri-ciri antara lain mempunyai jadwal tetap, pelayanan cepat, dilayani bus umum, tersedia terminal penumpang A, dan prasarana jalan yang dilalui memenuhi kelas jalan.[1]

Bacaan Lainnya

Profil Bus Eka

Jumlah bus AKAP yang beroperasi di Indonesia memang sudah tidak terhitung banyaknya. Namun, dari sekian banyak bus yang berkeliaran, salah satu yang cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah adalah bus Eka. PO Eka-Mira, demikian nama lengkapnya, merupakan perusahaan yang sebenarnya telah hadir sejak dekade 1970-an silam, tetapi kala itu masih mengusung nama PO Flores.

Sekitar tahun 1980-an, PO Flores sedang mengalami keterpurukan karena beberapa kecelakaan. Kemudian, perusahaan menyiapkan nama baru untuk armada mereka, yakni Eka dan Mira, yang diambil dari nama kedua anak pemilik perusahaan, Fendi Haryanto. Jika bus Eka melayani kelas AC eksekutif, maka bus Mira melayani kelas AC ekonomi.[2]

Meskipun namanya berubah, PO Eka Mira tetap mempertahankan armada yang telah dipakai oleh PO Flores. PO Flores dulunya dikenal orang sebagai bus yang karena menjadi salah satu PO yang telah memiliki fasilitas AC yang kala itu memang masih jarang. Selain itu, PO Eka-Mira terkenal dengan bus yang cepat dan cocok bagi masyarakat di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang mayoritas memang menyukai bus-bus yang banter.[3]

Semula, PO Eka dan Mira disiapkan bermain di kelas ekonomi, dengan PO Eka biasanya diberangkatkan dari Surabaya pada pagi sampai sore dan PO Mira memiliki jadwal keberangkatan pada sore hingga pagi hari. Namun, pada tahun 1993, PO Eka disiapkan untuk masuk kelas patas (cepat terbatas) dan sekarang terkenal dengan nama Eka Cepat. Sementara itu, PO Mira tetap beroperasi di kelas ekonomi dan sekarang menjadi AC tarif biasa.

Dilansir dari situs resminya, seiring dibangunnya Tol Trans Jawa, PO Eka sekarang juga mengoperasikan armada mereka melalui jalan dari Surabaya menuju Solo, Magelang, dan Yogyakarta. Bus berangkat dari Terminal Bungurasih atau garasi PO Eka, kemudian melintas di jalan tol dan berhenti sejenak di Rest Area KM 575 untuk makan dan beribadah. Perjalanan dilanjutkan dengan titik pemberhentian di Terminal Tirtonadi untuk tujuan Solo, sedangkan penumpang tujuan Magelang dan Yogyakarta bisa melanjutkan perjalanan.

Armada Bus Eka (sumber: kompas)

Harga Tiket Bus Eka

Harga Tiket
Surabaya – Solo Rp110.000
Surabaya – Magelang Rp130.000
Surabaya – Yogyakarta Rp145.000
  • Harga tiket di atas juga berlaku untuk sebaliknya.
  • Tarif tersebut belum termasuk biaya makan di Rest Area KM 575 sebesar Rp17.000 per pax.

Jadwal Bus Eka

Jadwal Keberangkatan
Surabaya – Magelang 10.15 WIB, 17.40 WIB, 19.00 WIB
Magelang – Surabaya 08.30 WIB
Yogyakarta – Surabaya 09.30 WIB
Semarang – Surabaya 05.30 WIB
Solo – Surabaya 07.45 WIB, 10.00 WIB, 12.30 WIB

Perlu Anda catat bahwa PO Eka tidak memiliki agen di Terminal Bungurasih. Jadi, apabila Anda ingin memesan tiket atau membutuhkan informasi lebih detail, bisa langsung datang ke garasi PO Eka di Jalan Raya Gilang No. 10, Sidoarjo, Jawa Timur. Selain itu, bisa pula menghubungi customer service di nomor ponsel 081 7676 5000 dan 0813 3150 7000. Sementara itu, di Solo, PO Eka sudah memiliki agen resmi di Terminal Tirtonadi dengan nomor kontak 0899 8487 115.

[1] Widiyanti, Dwi. 2016. Analisis Kinerja Pengoperasian dan Pelayanan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) (Studi Kasus pada Biro Perjalanan Umum (BPU) “Rosalia Indah”). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Vol. 18(1): 63-78.

[2] Arianto, Mukhammad Kiki, Hardman Budiardjo, Sigit Prayitno Yosep. 2015. Rebranding P.O Eka-Mira sebagai Upaya Mempertahankan Brand Loyalty. Jurnal Desain Visual STIKOM Surabaya, Vol. 4(2).

[3] Ibid.

Pos terkait