Fasilitas dan Update Harga Tiket Alive Museum Ancol

Taman Impian Jaya Ancol, mungkin banyak dari Anda yang sudah familiar dengan tempat ini. Terletak di Jakarta sebelah utara, suguhan utama spot liburan ini memang tidak jauh-jauh dari air. Namun, tidak cuma basah-bahasan, Ancol juga punya wahana mengasyikkan lainnya, yakni Ancol Alive Museum dan Alive Star, dengan tiket yang dijamin tidak bakal menguras kantong Anda.

Ilustrasi: pengunjung berfotodi Alive Museum (sumber: imural.id)

Lokasi Taman Impian Jaya Ancol terletak di Jakarta Utara. Untuk dapat mencapai lokasi itu, Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi atau memanfaatkan alat transportasi umum. Jika Anda memilih untuk naik kereta api, misalnya perjalanan Anda dimulai dari Stasiun Gambir, maka rutenya adalah ketika sudah sampai di Stasiun Gambir, dilanjutkan naik bus Transjakarta ke Pulogadung, turun di Stasiun Senen, kemudian naik Transjakarta koridor 5-Ancol.

Bacaan Lainnya

Kawasan Taman Impian Jaya Ancol terbilang lapang, karena berdiri di atas lahan dengan luas mencapai 552 hektare, dan identik dengan suasana pantai. Anda bisa menjelajah beberapa wahana, seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, Allianz Ecopark, Seaworld Ancol, hingga Alive Museum.

Fasilitas dan Wahana Alive Museum Ancol

Nah, apabila Anda termasuk penikmat ilusi lukisan, media digital, atau karya seni, Anda dapat mengunjungi Alive Museum. Lokasinya ada di Mal Ancol Beach City lantai 3. Berdasarkan situs ancol.com, wahana itu merupakan wahana asli dari Korea yang menampilkan wahana ilusi dari lukisan, media digital, dan karya seni. Alive Museum Ancol adalah cabang Alive Museum Korea yang sudah didirikan di beberapa negara seperti Korea, China, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Turki. Menurut keterangan pengelola, Alive Museum merupakan museum ke-18.

Di dalam Alive Museum, dihadirkan berbagai keunikan yang membuat panca indera ikut serta dalam media ilusi yang imajinatif. Berbagai zona menarik dikatakan dapat membuat pengunjung tidak merasa bosan untuk mengambil foto teman, saudara, atau keluarga. Anda bisa mengambil foto seakan-akan sedang bersama Bill Gates, Steve Job, dan banyak tokoh besar lainnya.

Tidak cuma itu, juga terdapat zona Alice Tunnel Alice Room yang diadaptasi dari film Alice in Wonderland. Pengunjung bisa merasakan efek 3D ruangan yang membuat tubuh Anda terlihat membesar atau mengecil. Alive Museum memang memiliki berbagai zona bermain dengan tema-tema khusus seperti zona fantasi, dark road, zona horor, zona ekstrem, zona sirkus, dan zona travel. Khusus cabang di Jakarta, pihak museum membuat lukisan 3D Monumen Nasional atau Monas sebagai landmark dari Jakarta.

Demi menarik pengunjung, Alive Museum telah mengadakan beberapa event atau acara, seperti Kontes Fotografi dengan ilusi seolah-olah terlihat asli. Kontes ini nantinya menilai peserta melalui gaya dalam pengambilan foto. Seperti temanya, gaya yang dimaksud adalah mengabadikan momen seolah-olah terlihat asli dan nyata. Selain itu, juga pernah diselenggarakan Photo Race, yaitu berfoto selama 10 menit di spot-spot yang ada di Alive Museum. 

Tidak hanya Alive Museum, pengunjung juga bisa masuk ke Alive Star. Perbedaan dengan Alive Museum, pengunjung bisa berfoto dengan patung lilin dari berbagai tokoh-tokoh ternama dari bintang dunia, Hollywood, penyanyi, selebritas, dan juga artis K-pop (Korea). Patung yang ada dibuat langsung dari Korea dan ditampilkan secara real dari sosok sebenarnya. Selain patung yang kurang lebih berjumlah 50 buah, Alive Star juga memiliki poster atau memorabilia dari musisi dan poster film original yang ditandatangani langsung oleh tokoh bersangkutan. 

Menurut pihak Alive Museum & Alive Star Ancol, kedua wahana tersebut merupakan satu-satunya wahana di Jakarta yang bertemakan Korean Style. Kedua museum tidak hanya dapat menghibur, tetapi juga memberikan informasi edukatif khususnya yang berkaitan dengan sejarah atau kisah seorang tokoh yang ada di Madame Tussauds.

Bermain di Alive Museum Ancol – (www.medcom.id)

Tiket Alive Museum Ancol

Wahana Tiket Reguler
Tiket Masuk per Museum Rp100.000 per orang
Tiket Masuk Alive Museum dan Alive Star Ancol Rp200.000 per orang

Selain tiket reguler, pihak Alive Museum Ancol maupun Alive Star Ancol juga kerap memberikan promo berupa potongan atau diskon tiket masuk. Promo ini biasanya dilakukan bekerja sama dengan beberapa situs e-commerce lokal. Berikut tarif promo yang diberikan pihak Alive Museum Ancol maupun Alive Star Ancol.

Tiket Promo Alive Museum Ancol

Keterangan Promo Tiket
Pengunjung usia 50 tahun ke atas 50 persen dari reguler
Promo Combo (2 museum) Rp150.000
Single Weekday Rp60.000
Single Weekend Rp70.000

Seperti disampaikan di atas, promo tersebut biasanya bekerja sama dengan situs-situs e-commerce seperti Tiket Yes24, Elevenia, Blibli, Lakupon, Groupon, Qoo10, atau Ekado. Cara membelinya cukup dengan memilih salah satu situs. Misalnya Anda memilih situs Elevania, di situ akan tertera tiket. Jika Anda berencana untuk pergi dengan beberapa orang, tinggal klik tanda panah pada pilihan ‘kuantitas’ untuk menambahkan jumlah orang.

Sayangnya untuk saat ini, Anda sudah tak lagi bisa mengunjungi Alive Museum Ancol karena sudah resmi ditutup. Sebelum tutup permanen, Alive Museum Ancol beroperasi setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB dan Sabtu hingga Minggu serta hari libur mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Museum Lain di Jakarta

Nama Museum Alamat
Museum Sejarah Jakarta Jl. Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Jakarta
Museum Bahari Jakarta Jl. Ps. Ikan No. 1 RT 11/RW 4, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara
Museum Mandiri Jl. Asemka No. 1 RT 3/RW 6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat
Museum Seni Rupa dan Keramik Kota Tua Jakarta Jl. Pos Kota No. 2 RT 9/RW 7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat
Museum Fatahillah Kota Tua Jl. Pintu Besar Utara No. 27 RT 7/RW 7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat

Umumnya, harga tiket masuk museum-museum di atas relatif terjangkau, bahkan beberapa museum tidak dikenai tarif masuk. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi pihak pengelola.

[Update: Ditta]

Pos terkait