Harga Tetra Chlor Antibiotik Unggas (Sachet dan Botol)

Merawat dan menjaga unggas merupakan hal yang gampang-gampang sulit, apalagi tidak semua ayam dan burung memiliki daya tahan yang kuat. Jika ada unggas yang sakit, maka hewan tersebut harus diisolasi dan diberi perawatan khusus berupa terapi menggunakan antibiotik. Untuk tujuan ini, beberapa peternak biasanya menggunakan Tetra Chlor karena dijual dengan harga relatif terjangkau dan dinilai ampuh untuk mengobati berbagai pada ternak unggas.

Ilustrasi: Peternakan Ayam (credit: onegreenplanet.org)

Ilustrasi: Peternakan Ayam (credit: onegreenplanet.org)

Komposisi Tetra Chlor

Tetra Chlor merupakan hewan yang dikemas dalam kapsul dan termasuk golongan suplemen antibiotik. Obat ini diketahui tidak hanya mampu mengobati penyakit, tetapi juga bisa dijadikan sebagai imun booster untuk mencegah penyakit pada unggas. Kebanyakan peternak akan memberikan obat ini sebagai pengendali penyakit pada ayam.

Dalam satu kapsul obat unggas yang diproduksi PT Medion ini, mengandung vitamin B1, B2, B6, B12, dan C. Selain itu, obat ini memiliki komposisi berupa 50 mg tetracycline HCL dan 10 mg erythromycin. Semua komponen ini jika digabung tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan vitamin tubuh ayam, tetapi juga mampu menyembuhkan penyakit-penyakit unggas berikut.

Baca juga  Update Kisaran Harga Alat Uji Emisi Gas Buang (Semua Merk) Terbaru

Indikasi Tetra Chlor

  • Menyembuhkan penyakit snot (pilek). Penyakit snot dengan nama medis Infectious Coryza merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang unggas, terutama ayam.[1] Penyakit ini tidak hanya membuat ayam menjadi susah bernapas akibat ingus, tetapi juga membuat ayam menjadi sering gelisah, kehilangan nafsu makan, belekan, dan mengalami penurunan telur.
  • Mengatasi kolera (berak hijau). Ini adalah penyakit musiman dan lebih sering terjadi saat musim . Penyakit kolera pada unggas bisa disebabkan kandang yang kurang bersih dan cenderung . Gejala penyakit ini antara lain mengeluarkan berwarna hijau, lumpuh, nafsu makan berkurang, dan mulut keluar cairan. Penularan penyakit ini bisa berlangsung cepat jika tidak segera diatasi dengan cara mengisolasi unggas yang sakit dan merawatnya secara intensif.
  • Diketahui, penyakit unggas ini lebih banyak ditemukan pada ayam dibandingkan burung atau bebek. Pullorum disebabkan bakteri yang bernama Salmonella pullorum, dengan gejala berupa lesu, lemah, nafsu makan menurun, dan berat badan menurun drastis. Selain itu, ayam juga akan mengeluarkan cairan kental berwarna putih kekuningan di luar rongga hidung.
  • Mengatasi CRD (Chronic Respiratory Disease). Penyakit yang biasa dikenal dengan nama penyakit ngorok ini juga lebih banyak menyerang ayam dan termasuk golongan penyakit saluran pernapasan kronis. CRD akan berlangsung secara terus-menerus dan disebabkan bakteri Mycoplasma gallisepticum. Gejala penyakit ini adalah bersin, bengkak sendi, dan keluar lendir pada hidung.
Ilustrasi: Beberapa Varian Produk Tetra Chlor (credit: Kicau Mania)

Ilustrasi: Beberapa Varian Produk Tetra Chlor (credit: Kicau Mania)

Dosis Tetra Chlor

Supaya unggas seperti burung dan ayam Anda tetap sehat dan cepat sembuh dari penyakitnya, Anda harus memberikan Tetra Chlor sesuai dengan usia unggas. Berikan Tetra Chlor pada unggas yang usianya empat minggu sebanyak setengah kapsul sehari. Sementara, untuk unggas berusia 4 hingga 8 minggu, bisa diberikan setengah kapsul sebanyak dua kali sehari. Jika unggas, khususnya ayam, sudah berumur delapan minggu lebih, berikan satu kapsul Tetra Chlor sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca juga  Update Info Lengkap Harga Kompor Hock Minyak Tanah

Pemberian Tetra Chlor tidak boleh berkepanjangan dan hanya bisa diberikan pada unggas selama 4 hingga 5 hari secara berturut-turut sebagai pengobatan dan satu kali dalam seminggu hingga sebulan untuk pencegahan. Obat ini tidak dianjurkan pada ayam pedaging yang akan disembelih. Sebaiknya Anda menghentikan penggunaan obat pada ayam dalam waktu 3 hingga 5 hari sebelum disembelih.

Pastikan ayam atau burung yang sedang mendapatkan perawatan menggunakan obat ini tidak dicampur dengan ayam yang sehat. Selain itu, segera bersihkan kandang ayam dengan cairan desinfektan untuk mencegah penyebaran penyakit akibat bakteri dan virus.

Harga Tetra Chlor

Kemasan Tetra ChlorHarga
Tetra Chlor Sachet isi 10 kapsulRp2.500
Tetra Chlor Botol isi 50 kapsulRp13.000
Tetra Chlor Botol isi 300 kapsulRp63.000

Harga Tetra Chlor di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga obat penyakit unggas tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Update Terkini Biaya Keanggotaan Kadin (Uang Pangkal dan Iuran Tahunan)

[1] Amelia, Winddi, Purnama Edy Santosa, Sri Suharyati. 2016. Pengaruh Pemberian Dosis Vaksin AI (Avian Influenza) Inaktif pada Itik Betina terhadap Titer Antibodi yang Dihasilkan. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu Universitas Lampung, Vol. 4(2): 140-142.

author

Leave a reply "Harga Tetra Chlor Antibiotik Unggas (Sachet dan Botol)"