Komposisi, Dosis, Cara Pakai dan Harga Termorex Plus

Sebagai orang tua, terkadang kita kebingungan saat menghadapi anak yang sedang demam atau panas. Sebelum membawanya ke klinik atau , Anda bisa melakukan pertolongan pertama dengan memberi penurun demam yang dijual di secara bebas. Salah satu obat antipiretik yang bisa Anda berikan kepada anak dengan tergolong terjangkau, yaitu Termorex Plus.

Demam sendiri merupakan suatu kondisi ketika suhu tubuh di atas normal, yaitu di atas 38 derajat Celcius. Untuk menangani demam dan gejalanya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa menggunakan obat, seperti mengompres kening dan minum air dingin. Namun, jika demam dirasa tak kunjung turun dan suhu tubuh semakin meningkat, penanganan harus dilakukan menggunakan obat antipiretik.

Harga Termorex Plus - shopee.co.id

Harga Termorex Plus - shopee.co.id

Obat antipiretik dapat diberikan pada anak-anak jika suhu tubuh mereka di atas 39 derajat Celcius. Pemberian obat demam yang tidak sesuai dengan pedoman dari WHO dan Ikatan Anak Indonesia (IDAI) tersebut, akan menyebabkan efektifitas kerja obat tidak tercapai. Sehingga, demam dan gejalanya tak kunjung mereda.[1] Pedoman tersebut berlaku untuk semua merk dan jenis obat demam anak, termasuk Termorex Plus.

Baca juga  Info Lengkap Harga Potenzol (Blue Wizard) di Pasaran

Komposisi dan Indikasi Termorex Plus

Termorex Plus merupakan salah satu jenis obat yang diproduksi oleh Konimex. Dalam golongannya, obat ini dikategorikan sebagai obat batuk dan pilek. Memang, Termorex Plus juga bisa mengobati gejala batuk dan pilek pada anak, namun lebih fokus untuk mengatasi gejala dan demam.

Termorex Plus termasuk obat sirup khusus anak yang dapat bekerja sebagai analgetik antipiretik, dekongestan hidung, ekspektoran, dan antihistamin. Sengaja dibuat dalam bentuk sirup dengan rasa manis, agar anak-anak menyukainya dan tidak mengeluh saat diberi obat tersebut, apalagi sebagian besar anak tidak suka minum obat karena rasanya yang pahit.

Dalam satu takar 5 ml Termorex Plus, dikatakan mengandung paracetamol 120 mg, pseudoephedrine HCL 7,5 mg, dan chlorpheniramine maleate 0,5 mg. Dengan komposisi tersebut, obat Termorex Plus memiliki indikasi untuk meringankan gejala flu pada anak, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin disertai batuk

Baca juga  Info Lengkap Harga Garamycin di Pasaran

Obat dapat bekerja dengan baik jika Anda memberikan pada anak sesuai dengan aturan WHO dan IDAI. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan dan cara pemakaian yang tepat. Sehingga, penyakit anak Anda akan cepat sembuh, dan suhu tubuh mereka lekas kembali normal.

Dosis dan Cara Penyajian Termorex Plus

Termorex Plus dapat diberikan pada anak-anak usia 2 hingga 12 tahun. Untuk anak usia 2 tahun hingga 5 tahun, Anda dianjurkan memberikan Termorex Plus sebanyak 3 kali sehari dengan takaran 1 sendok takar. Sementara, untuk anak usia 6 tahun hingga 12 tahun, dianjurkan minum Termorex Plus sebanyak 3 kali sehari dengan dosis 3 sendok takar.

Anda harus memberikan obat ini jika anak-anak sudah makan atau dalam kondisi terisi. Termorex Plus tidak bisa diberikan pada anak-anak yang memiliki sensitivitas terhadap obat simpatomimetik lain, seperti efedrin dan fenilefrin. Obat ini juga tidak bisa diberikan pada pasien yang sedang mengonsumsi obat-obatan golongan monoamine oksidase (MAO) inhibitors, karena dapat meningkatkan tekanan darah.

Anak yang sedang demam - www.parents.com

Anak yang sedang demam - www.parents.com

Pastikan Anda benar-benar memberikan Termorex Plus dengan tepat. Hal ini karena Termorex Plus memiliki efek samping, seperti menyebabkan kantuk, gangguan lambung hingga usus, insomnia atau susah tidur, rasa gelisah, eksitasi, gemetar, takikardi, aritmia ventrikular, mulut mudah kering, jantung berdebar cepat, dan sulit buang air kecil.

Baca juga  Harga Cendo Lyteers (Drop 15 ml & Minidose) Terbaru

Setelah Anda mengetahui cara pemberian obat beserta komposisi dan indikasinya, apakah Anda berminat membeli Termorex Plus? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harga Termorex Plus untuk mempermudah menghitung anggaran belanja obat-obatan.

Harga Termorex Plus

Termorex Plus dijual dalam dua varian , yaitu botol 60 ml dan botol 30 ml. Untuk Termorex Plus botol 60 ml, dilepas dengan harga mulai Rp15.000 hingga Rp16.641, sedangkan Termorex Plus botol 30 ml dijual dengan harga mulai Rp9.000 hingga Rp10.097. Harga Termorex Plus tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan apotek yang Anda kunjungi.

[1] Surya, Made Ayu Nadine Indira, dkk. 2018. Pola Penggunaan Parasetamol atau Ibuprofen Sebagai Obat Antipiretik Single Therapy pada Pasien Anak. DOAJ E-Jurnal Medika, Vol. 7(8): 1-13.

loading...
author

Leave a reply "Komposisi, Dosis, Cara Pakai dan Harga Termorex Plus"