Info Terbaru Harga Hyundai Santa Fe 2017 (All Varian)

Santa Fe merupakan utility vehicle (SUV) yang diproduksi oleh Korea Selatan, , sejak tahun 2000. Mobil ini dinamai menurut nama kota Santa Fe, New Mexico, dan diperkenalkan untuk tahun 2001 sebagai SUV pertama Hyundai, serta dirilis bersamaan dengan Ford Escape dan Pontiac Aztek.

Santa Fe merupakan tonggak sejarah dalam program restrukturisasi perusahaan pada akhir 1990-an karena, meski mendapat kritik dari para jurnalis karena penampilannya yang tidak jelas, SUV tersebut menjadi hit di pasar AS. Santa Fe begitu populer sehingga terkadang Hyundai kesulitan memasok permintaan. Santa Fe dengan cepat menjadi terbaik Hyundai dan berkontribusi pada kesuksesan Hyundai di pasar Paman Sam.

Generasi Pertama

Generasi pertama kendaraan ini resmi dipasarkan pada tahun 2001 dan hadir dengan dua kombinasi dan transmisi. Di pasar Amerika Utara, tersedia model dengan berkapasitas 2,4 liter empat silinder yang hemat bakar serta dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Sementara, model dengan mesin berkapasitas 2.656cc Delta V6 yang menawarkan tenaga lebih besar hanya tersedia dalam transmisi otomatis.

Pada tahun 2005, generasi pertama ini menerima facelift terakhir dengan perubahan terletak pada bagian kisi-kisi, lampu belakang, bumper belakang, dan cluster instrumen interior. Cluster instrumen kini didesain ulang dengan speedometer mencapai 140 mph dan slot pelindung matahari yang lebih baik bagi pengemudi.

Setahun kemudian, Santa Fe mengalami sedikit perubahan, dengan dua varian warna dihentikan produksinya, yaitu Merlot dan Canyon Red. Kemudian, warna langka, Dark Emerald Green, diperkenalkan pada pertengahan tahun, yang tidak muncul dalam brosur penjualan dan hanya bisa dipesan melalui dealer.

Hyundai Santa Fe 2001 - consumerguide.com

Hyundai Santa Fe 2001 - consumerguide.com

Generasi Kedua

Generasi kedua Santa Fe memulai debut di ajang North American Auto Show 2006 yang berlangsung di Detroit. Generasi baru ini menanggalkan desain lama untuk mendukung tampilan yang lebih kontemporer. Hyundai Santa Fe generasi ini juga dianugerahi Consumer Reports 2008 sebagai “top pick” dan merupakan salah satu dari 10 kendaraan teratas untuk tahun 2008 versi majalah tersebut.

Di pasar AS, generasi baru ditawarkan dalam versi GLS, SE, dan Limited. Santa Fe baru membawa kembali transmisi manual, tetapi hanya saat dikawinkan dengan mesin 2.656 cc,V6. Sementara, mesin 3.342 cc, V6 adalah standar pada model SE dan Limited serta hadir hanya dengan kecepatan 5 otomatis. Adapun model dengan mesin diesel 2.2L (tidak tersedia di AS) mampu meletupkan tenaga maksimal 186 HP (139 kW).

Pada tahun 2008, Hyundai melakukan perubahan minor pada Santa Fe, dengan menawarkan sistem navigasi yang diproduksi oleh LG dan sistem suara Infinity serta kaca sunroof yang dibuat standar pada model Limited. Sementara, potongan cat putih non-logam dihilangkan, meninggalkan aksen putih mutiara sebagai satu-satunya warna putih yang tersedia di Santa Fe.

Selang setahun kemudian, Santa Fe kembali mengalami perubahan minimalis dengan roda 16 inch pada model GLS diganti dengan roda baja hitam dan penutup plastik. Selain itu, model ini juga menerima cermin plastik hitam berlawanan dengan cermin berwarna pada model SE dan T yang lebih tinggi. Pemotongan ini kabarnya dilakukan perusahaan untuk mengimbangi kenaikan iPod yang ditawarkan sebagai sistem stereo.

Di tahun yang sama, Santa Fe menduduki puncak daftar “20 least expensive 2009 vehicles to insure” yang dirilis oleh Insure.com. Menurut penelitian yang dilakukan situs tersebut, kendaraan ini adalah kendaraan paling murah untuk diasuransikan dengan tingkat rendah yang mencerminkan keamanan kendaraan.

Hyundai Santa Fe 2006 - www.honestjohn.co.uk

Hyundai Santa Fe 2006 - www.honestjohn.co.uk

Generasi Ketiga

Hyundai meluncurkan desain ulang Santa Fe pada tanggal 14 Februari 2012, dan mulai dipasarkan pada bulan Juni 2012 sebagai model 2013. Melakukan debut di ajang New York Auto Show 2012, kendaraan ini memiliki varian dua sumbu roda, varian sport 5 kursi yang lebih pendek, dan versi wheelbase panjang (disebut Santa Fe XL di Kanada) dengan tiga baris kursi.

Sementara itu, model Santa Fe Sport 2013 hadir dengan mesin standar CUV empat silinder berkapasitas 2,4 liter yang mampu meletupkan tenaga 190 HP (142 kW), sedangkan model dengan mesin 2 liter turbo mampu menghasilkan daya maksimal 264 HP. Santa Fe Sport ini memiliki fitur Hyundai Torque Vectoring Cornering Control untuk peningkatan kinerja drive. Mobil ini sendiri mulai dipasarkan pada bulan September 2012 di Amerika Utara.

Hyundai Santa Fe 2012 - www.cars.com

Hyundai Santa Fe 2012 - www.cars.com

Generasi Keempat

Kendaraan ini pertama kali diperkenalkan tahun 2014 sebagai model 2015. Hyundai benar-benar menghadirkan sentuhan baru nan revolusioner pada Hyundai Santa Fe ini. Tidak tanggung-tanggung, pabrikan Negeri Ginseng menawarkan dua mesin baru, yaitu MPI D-CVVT yang memiliki kapasitas 2,4 liter dan R 2.2 VGT High Output Turbocharged diesel dengan kapasitas 2,2 liter.

Model ini sendiri hadir dengan desain yang gagah, elegan, dan stylish, dengan membawa lampu depan bersudut lancip melebar ke sisi belakang. Aksen mewah juga dimunculkan lewat front grille berwarna krom yang terdiri dari tiga tingkat. Sementara, fog lamp duduk manis pada bagian ujung bawah dekat down grille.

Hyundai Santa Fe 2014 - www.cars.com

Hyundai Santa Fe 2014 - www.cars.com

Harga Hyundai Santa Fe 2017

Untuk model tahun 2017, Hyundai Santa Fe menerima pembaruan berupa desain ulang pada headlamp dan taillight. Generasi teranyar ini sendiri hadir dalam empat varian, yaitu model SE, model Limited, model SE Ultimate, dan model Limited Ultimate. Berikut harga Hyundai Santa Fe terbaru di pasar Amerika Utara.

Hyundai Santa Fe 2017 - www.motortrend.com

Hyundai Santa Fe 2017 - www.motortrend.com

Hyundai Santa FeHarga
Santa Fe SEUSD 30.800
Santa Fe LimitedUSD 34.950
Santa Fe SE UltimateUSD 38.700
Santa FE Limited Ultimate USD 39.400

Sementara, di Indonesia, Hyundai Santa Fe saat ini hadir dengan empat model yang semuanya mengusung sistem transmisi otomatis. Model Santa Fe CRDi ditawarkan Rp541.500.000, model Santa FE CRDi Limited dijual Rp552.500.000, model Santa Fe Gasoline dipasarkan Rp498.000.000, dan model Santa Fe Gasoline Limited dipatok Rp509.000.000.

Baca juga  Info Spesifikasi dan Harga Box Bayi Babydoes
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Hyundai Santa Fe 2017 (All Varian)"