Harga Ayunan dan Set Mainan Anak Lengkap Terbaru

Dunia anak-anak tidak bisa dilepaskan dari dan alat-alat permainan. Nah, salah satu mainan yang sangat digemari banyak anak adalah ayunan. Biasanya diletakkan di luar ruangan atau outdoor, harga mainan ayunan memang bervariasi, berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung tipe dan model ayunan tersebut.

Ayunan anak (sumber: pixabay)
Ayunan anak (sumber: pixabay)

Baik di sekolah, lingkungan rumah, atau di mana saja, anak-anak memiliki kecenderungan untuk senang dibandingkan aktivitas lainnya, seperti makan atau istirahat siang. Meskipun bermain dapat dilakukan di mana saja, namun bermain di luar ruangan (outdoor) diyakini lebih mampu menumbuhkan potensi diri anak dibandingkan bermain di dalam ruangan. Pasalnya, dengan bermain di luar ruangan, anak menjadi lebih mudah bersosialisasi dan tidak merasa dibatasi ruang geraknya.

Bacaan Lainnya

Salah satu mainan luar ruangan yaitu ayunan. Mainan ini sudah sering ditemui di taman bermain, TK, dan beberapa tempat lain. Bahkan, beberapa rumah sudah memasang mainan ayunan ini sebagai fasilitas pribadi anak. Ayunan, selain dapat anak-anak lebih gembira, juga dapat membuat mereka menjadi lebih berani.

Dilansir dari Klikdokter.com, selain merupakan aktivitas fisik yang menimbulkan perasaan nyaman dan menyenangkan, ayunan juga membantu tubuh untuk mengatur dan mengkoordinasikan sistem sensoris di dalam tubuh. Bahkan, terapi mengayun merupakan salah satu terapi yang digunakan kepada anak dengan kebutuhan khusus.

Masih menurut sumber yang sama, apabila ditelaah lebih mendetail, sistem sensoris  yang paling berperan adalah sistem vestibular (keseimbangan). Sistem vestibular merupakan elemen kunci dari sistem integrasi sensoris tubuh manusia. Sistem vestibular manusia mengatur pergerakan, keseimbangan, posisi, dan kewaspadaan terkait posisi. Dengan kata lain, adanya sistem vestibular berkoordinasi dengan sistem lainnya seperti indera penglihatan akan membantu manusia untuk tidak jatuh.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Resmi Pembuatan Visa Qatar

Sementara itu, menurut sebuah studi, seperti dilansir Suara.com, ayunan ternyata memiliki manfaat yang setara dengan nge-gym. Studi menunjukkan bahwa ayunan selama 60 menit dapat membakar 200 kalori. Aktivitas saat berayun memungkinkan ligamen, tendon, otot panggul, dan sendi bergerak. Hal yang lebih menyenangkan lagi, kita tak merasa sedang berolahraga saat berayun. Tubuh juga akan menikmatinya seperti aktivitas bermain.

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, ayunan juga dapat memengaruhi kesehatan mental. Anda akan merasa senang ketika ayunan mengantarkan tubuh melayang di udara. Suasana hati pun menjadi lebih baik usai bermain ayunan. Studi sebelumnya juga mengungkapkan manfaat bermain ayunan pada anak dengan autisme. Mereka cenderung lebih mudah bersosialisasi dengan teman-temannya usai bermain ayunan.

Memang, Anda atau anak Anda bisa bermain ayunan di taman bermain, TK, atau tempat publik lainnya. Namun, apabila anak Anda ingin bermain sepuasnya tanpa perlu mengantre atau bergantian dengan anak-anak yang lain, tidak ada salahnya membeli ayunan jika Anda memiliki anggaran berlebih. Berikut info terbaru kisaran harga ayunan dan set mainan anak lainnya di pasaran.

Harga Ayunan Anak

Anak bermain ayunan di taman (sumber: bumn.go.id)
Anak bermain ayunan di taman (sumber: bumn.go.id)
Jenis & Ukuran Ayunan Anak Kisaran Harga
Ayunan Besi Bangku 65 cm (4 anak) Rp1.800.000 – Rp3.000.000
Ayunan Anak Besi Bulat 80 cm Rp2.800.000 – Rp4.000.000
Ayunan Anak Besi 80 cm Rp3.200.000
Ayunan Putar Besi (6 anak) Rp3.500.000
Baca juga  Update Harga Tepung Roti & Panir di Indomaret, Alfamart, dan E-Commerce

Harga ayunan di atas tentunya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung toko yang Anda kunjungi. Pada tahun 2019 lalu, harga ayunan berkisar Rp1,7 jutaan hingga Rp3,45 jutaan per buah. Selain ayunan anak, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga mainan anak lainnya, seperti perosotan, jungkat-jungkit, dan lain-lain, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Harga Set Mainan Anak

Jenis Mainan Anak Kisaran Harga
Balok Mainan Rp62.000 – Rp95.000
Papan Titian Media Keseimbangan Rp700.000
Pelangi Rp1.800.000
Jungkat-Jungkit Standar Rp1.700.000
Perosotan Anak Rp1.800.000
Tangga Majemuk Rp1.800.000
Jembatan Rantai Goyang Rp2.000.000
Perosotan Anak Beratap Rp2.100.000
Sangkar Lebah Rp2.400.000
Mangkok Putar Rp2.450.000
Bola Dunia Panjatan Anak Rp2.700.000
Grow n Up Double Slides Climb & Hide Jungle Rp3.250.000
Mandi Bola Rp4.100.000 – Rp7.000.000
Rumah Perosotan Rp7.000.000
Perosotan Spiral Rp7.200.000
Perosotan Silinder Rp10.250.000
Set mainan anak (sumber: sigerindo.com)
Set mainan anak (sumber: sigerindo.com)

Harga set mainan anak di atas juga tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung toko mainan yang Anda kunjungi. Pada tahun 2019 lalu, harga set mainan anak berkisar Rp40 ribuan hingga Rp10 jutaan, tergantung dari variannya.

Ketika memilih mengayun bayi atau membiarkan anak bermain ayunan, harus dicermati hal-hal terkait keselamatan bayi atau anak tersebut ketika bermain ayunan. Mengapa demikian? Kegiatan mengayun menyebabkan bayi dan anak memiliki kemungkinan jatuh lebih besar. Hal inilah yang dapat menimbulkan dampak lebih serius.

Baca juga  Info Terupdate Harga Telur Bebek Mentah per Butir dan Kiloan

Cedera yang terjadi pada anak ketika bermain ayunan bisa merupakan cedera ringan sampai dengan cedera berat. Waspadai apabila ketika anak bermain ayunan jatuh dan terjadi benturan kuat terhadap kepala anak atau anak muntah sehabis jatuh. Beberapa hal berikut bisa dijadikan panduan apabila ingin mengayun atau menggunakan ayunan untuk anak.

  • Selalu dampingi dengan keberadaan orang dewasa ketika mengayun atau ketika anak bermain ayunan
  • Perhatikan landasan ketika anak bermain ayunan, apakah lantai keras atau yang lain. Perhatikan juga dinding, dan sebisa mungkin lakukan perlindungan terhadap kepala anak ketika bermain ayunan.
  • Pastikan bahwa alat yang digunakan anak bermain ayunan memang diperuntukkan sesuai berat/usia pengguna. Swinger, rocking chair, dan mainan ayunan jenis lain biasanya memiliki ketentuan berat badan maksimal bagi anak yang menggunakannya.
  • Pastikan alat yang digunakan anak bermain ayunan dalam kondisi prima.
  • Anak dengan riwayat kejang memerlukan perhatian lebih ketika bermain ayunan.
  • Pastikan alat yang dipakai anak bermain ayunan bisa dihentikan mengayun.
  • Ketika bermain ayunan, pastikan anak memiliki kemampuan untuk menghentikan permainan ketika ia ingin berhenti
  • Ketika bermain ayunan, pastikan anak mengayun sendiri dan bukan dilakukan oleh anak lain. Kegiatan mengayun yang dilakukan anak lain anak yang diayun kehilangan kontrol terhadap kemampuannya mengayun, sehingga apabila terjadi kondisi tidak terduga ketika anak bermain ayunan, anak akan lebih sulit untuk melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari jatuh.

Nah, apakah Anda sudah siap menggembirakan dan anak Anda lebih sehat dengan berayun?

[Update: Almasshabur]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.