Kemasan dan Harga Tepung Tapioka Rose Brand di Pasaran

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung tapioka. Sering juga disebut tepung kanji atau tepung singkong (karena terbuat dari singkong), bahan ini sering dijadikan pilihan untuk membuat aneka makanan dan . Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam merk yang menjual tepung tapioka, salah satunya Rose Brand. Jika Anda berminat, harga tepung tapioka buatan Rose Brand bisa dibilang relatif terjangkau.

Seperti diuraikan sebelumnya, tepung tapioka adalah tepung yang terbuat dari singkong. Tepung ini juga sering disebut tepung kanji atau aci dalam bahasa Sunda. Tepung tapioka memiliki sifat-sifat yang mirip dengan tepung sagu. Keduanya mampu merekatkan bahan-bahan sehingga sering digunakan sebagai perekat pada makanan dan dijadikan lem.

Tepung Tapioka Rose Brand - www.tokopedia.com

Tepung Tapioka Rose Brand - www.tokopedia.com

Dijelaskan Winarno (2004), tepung tapioka dibuat dari hasil penggilingan ubi kayu yang dibuang ampasnya. Ubi kayu sendiri tergolong polisakarida yang mengandung pati dengan kandungan amilopektin yang tinggi, tetapi lebih rendah daripada ketan, yaitu amilopektin 83 persen dan amilosa 17 persen, sedangkan buah-buahan termasuk polisakarida yang mengandung selulosa dan pektin.

Dalam pembuatannya, pati ubi kayu terutama terkumpul di dalam sel-sel umbi akar singkong. Untuk mengekstraknya, umbi singkong dikupas kulitnya, dicuci, dan diparut terlebih dulu. Hasil parutan kemudian digilas lagi, dicampur dengan air dan diperas, sehingga butir-butir patinya keluar dan terbawa air. Setelah disaring untuk memisahkan sisa-sisa ampas, air bercampur pati singkong tersebut kemudian didiamkan sehingga patinya mengendap. Airnya kemudian dibuang dan endapan patinya dijemur hingga kering menjadi tepung.

Tapioka dapat dibuat secara manual dalam kecil skala rumah tangga, ataupun dengan proses-proses mekanis pada menengah dan besar. Selain itu, tepung ini juga dapat dibuat dari gaplek. Namun, prosesnya memerlukan beberapa tahapan tambahan, di antaranya proses bleaching (pemucatan) yang bisa dilakukan dengan cara sulfitasi agar diperoleh tepung kanji yang berwarna putih dan memiliki citarasa yang baik.

Tepung ini sering digunakan untuk membuat makanan dan bahan perekat. Banyak makanan dan tradisional yang menggunakan tapioka sebagai utamanya, seperti aneka jenis kerupuk, pempek, tekwan, bakso, siomay, pacar Cina, serta kolak biji salak. Tapioka juga digunakan sebagai bahan campuran kue-kue, seperti kue pèpè (semacam kue lapis), kue moci, dan lain-lain. 

Tepung kanji ditambahkan dalam ketika masih berupa adonan. Contohnya pada adonan bakso. Setelah daging giling diberi bumbu, tepung kanji ditambahkan sedikit demi sedikit agar adonan kalis. Apabila tepung kanji sudah mampu menyatukan bahan-bahan, kemudian adonan bisa dimasak hingga matang misalnya direbus atau dikukus.

Menurut Radiyati dan Agusto (1990), tapioka merupakan salah satu bentuk olahan berbahan baku singkong yang memiliki banyak kegunaan, antara lain sebagai bahan pembantu dalam berbagai industri. Komposisi zat gizi pada tepung ini juga dikatakan lebih baik dibandingkan dengan tepung jagung, tepung kentang, serta tepung terigu. Tepung tapioka pun dapat dipakai sebagai bahan bantu pewarna putih.

Tapioka yang diolah menjadi sirup glukosa dan destrin sangat diperlukan oleh berbagai industri antara lain industri kembang gula, pengalengan buah-buahan, pengolahan , minuman, dan industri peragian. Tapioka juga banyak digunakan sebagai bahan pengental, bahan pengisi dan bahan pengikat dalam industri makanan, seperti dalam pembuatan puding, sop, makanan bayi, , pengolahan sosis daging, industri farmasi, dan lain-lain.

Selain sebagai bahan makanan, tepung kanji juga cukup berkhasiat untuk kesehatan. Tepung kanji diklaim mengandung vitamin K dan zat besi sehingga cukup baik untuk memperkuat tulang. Tepung kanji juga bisa digunakan dalam program diet menambah berat badan. Selain itu, tepung ini dikenal sebagai penyuplai energi. Manfaat lainnya adalah menyehatkan pencernaan, melancarkan sirkulasi darah, dan menambah massa otot.

Review Tepung Tapioka Rose Brand

Jika Anda mencari tepung tapioka, tidak sulit menemukannya. Pasalnya, sudah ada banyak merk yang dijual di pasaran, tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, salah satu brand yang cukup populer di kalangan masyarakat, terutama ibu-ibu, adalah Rose Brand karena selain diklaim berkualitas, juga punya harga terjangkau.

Harga Tepung

Harga Tepung

Dilansir dari situs resminya, tepung tapioka buatan Rose Brand dikatakan sebagai tepung yang sangat baik untuk setiap masakan Anda karena mengandung sumber zat besi yang rendah natrium dan nutrisi lainnya. Tepung ini juga diklaim tepung yang terbuat dari singkong pilihan terbaik secara higienis, cocok untuk keperluan semua jenis hidangan dan aneka kue Anda, seperti membuat pempek, kerupuk, bika ambon, dan hidangan lainnya.

Menurut ulasan salah satu pengguna, tepung tapioka Rose Brand dikatakan mempunyai tekstur yang halus, harganya terjangkau, mudah dicari di pasaran, dan sangat bagus untuk membuat bakso, siomay, hingga kue-kue basah, serta sudah menerima sertifikat halal dari MUI. Namun, tepung ini juga punya kekurangan seperti warna kurang putih, sering timbul gumpalan-gumpalan kecil, dan yang kurang baik.

Harga Tepung Tapioka Rose Brand

Di dalam situs resminya, Rose Brand sebenarnya menyediakan tepung tapioka dalam setidaknya empat kemasan, yakni 500 gram, 25 kg, 50 kg, dan 850 kg. Sayangnya, untuk kemasan 25 kg, 50 kg, dan 850 kg, sangat sulit dicari. Namun, untuk kemasan 500 gram, harganya mulai Rp7.000 hingga Rp12.000 per bungkus, atau Rp98.800 hingga Rp105.000 per dus (isi 20 bungkus). Anda bisa membeli tepung ini di berbagai pasar tradisional, toko kelontong, toko bahan kue, minimarket, swalayan modern, bahkan situs jual beli online dalam negeri.

 

Baca juga  Harga Torabika Cappuccino dan Kelebihannya

Referensi:

Radiyati, Tri dan Agusto W.M. 1900. Tepung Tapioka (Edisi Revisi). Subang: BPTTG Puslitbang Fisika Terapan LIPI.

Winarno, F.G. 2004. Kimia Pangan dan Gizi (cetakan ke-XI). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Kemasan dan Harga Tepung Tapioka Rose Brand di Pasaran"