Info Harga Tepung Tapioka per Karung dan 1 Kg (Semua Merek)

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah tak asing lagi dengan tapioka. pati yang diekstrak dari umbi singkong ini memiliki beberapa sebutan, mulai dari singkong, kanji, atau yang dalam Bahasa Sunda lebih sering disebut aci sampeu. Harga tapioka per karung dan 1 kg sangat beragam.

Dilansir dari Wikipedia, penyebutan tapioka sendiri kabarnya merujuk pada Bahasa Portugis, tapioca. Tepung tapioka adalah pati dari umbi singkong yang dikeringkan dan dihaluskan. Tepung tapioka merupakan produk awetan singkong yang memiliki peluang pasar yang sangat luas. Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan kesempatan berusaha dan kesempatan kerja bagi masyarakat setempat, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup.

Harga Tepung Tapioka - www.goodness.com.au

Harga Tepung Tapioka - www.goodness.com.au

Tepung tapioka (kanji) dibuat secara langsung dari singkong segar. Pada proses pembuatan tepung tapioka, tersisa limbah yang masih dapat dimanfaatkan yaitu ampas singkong hasil ekstraksi meskipun hanya sedikit. Ampas tersebut dapat diproses menjadi tepung singkong/kasava.

Singkong yang telah diolah menjadi tepung tapioka dapat bertahan selama 1-2 tahun dalam penyimpanan (apabila dikemas dengan baik). Perlakuan selama proses produksi menyebabkan kadar HCN (asam sianida) turun drastis mencapai ambang batas aman bagi konsumen.

Tepung tapioka yang dibuat dari singkong berwarna putih ataupun kuning akanmenghasilkan tepung berwarna putih lembut dan licin. Perbedaan kualitas antara keduanya disebabkan oleh proses pembuatannya, yaitu berbeda dalam hal tingkat/derajat keputihan, tingkat kehalusan, kadar air tersisa, dan kandungan benda asing.

Kandungan Unsur Gizi Tepung Tapioka

Tepung tapioka, meskipun dibuat dari bahan singkong dengan kandungan unsur gizi yang rendah, namun masih memiliki unsur gizi. Berikut komposisi nutrisi pada tepung tapioka per 100 gram bahan.

Kandungan Unsur GiziNilai
Kalori362,00 kal
Protein0,50 g
Lemak0,30 g
Karbohidrat86,90 g
Kalsium0,00 mg
Fosfor0,00 mg
Zat besi0,00 mg
Vitamin A0,00 SI
Vitamin B10,00 mg
Vitamin C0,00 mg
Air12,00 g
Baca juga  Info Terbaru Harga Menu Marche Plaza Senayan Jakarta

Sumber: Direktorat Gizi Depkes RI

Keunggulan & Kegunaan Tepung Tapioka

Tepung tapioka memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan bakunya (singkong), yaitu lebih tahan dalam penyimpanan; lebih mudah didistribusikan karena praktis, ringan, dan aman; daya jangkau pemasarannya jauh lebih luas; dan kegunaannya lebih banyak.

Tepung tapioka dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku ataupun campuran/tambahan pada berbagai macam produk antara lain kerupuk; biskuit/kue kering; jajanan/kue tradisional, misalnya cenil, klanthing, opak/semprong/ledre, wadah , shanghai, pilus, dan ladu; bahan baku produk biji mutiara, sirup cair, dekstrin, alkohol, dan lem.

Selain itu, tepung tapioka dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengental (thickener), bahan pemadat/pengisi (filler), bahan pengikat pada industri olahan, dan dapat juga sebagai bahan penguat benang (warp seizing) pada industri tekstil.[1]

Fungsi tepung tapioka sama dengan tepung beras, untuk membuat hasil , terutama yang digoreng akan lebih renyah dan ringan. Meski begitu, kerenyahannya masih kalah dibanding tepung beras, tetapi kerenyahan itu lebih bertahan lama meski sudah dalam keadaan dingin.[2]

Tepung tapioka pun banyak dimanfaatkan untuk pembuatan makanan dan minuman tradisional, seperti aneka jenis pempek, tekwan, bakso, siomay, pacar cina, dan kolak biji salak. Beberapa pemanfaatan lainnya adalah digunakan untuk membuat kue moci, jajanan Sunda seperti cimol (kependekan dari aci digemol atau dikepal-kepal), cireng (aci digoreng), cilok (aci dicolok atau ditusuk/disatai), cilung (aci digulung, dengan bumbu kacang pedas), batagor (bakso-tahu atau bakwan-tahu goreng), hingga yang terbaru adalah untuk pembuatan boba alias pearl untuk minuman kekinian.

Baca juga  Harga Bakpiaku Semua Rasa dan Kemasan (10 pcs & 20 pcs)

Membuat boba dari tepung tapioka atau kanji pun tidak terlalu sulit. Anda tinggal mencampurkan tepung tapioka dengan air hingga tercampur rata, kemudian ditambahkan gula merah cair. Selanjutnya adonan boba tersebut diaduk hingga kalis dan dibentuk menjadi bola-bola kecil. Rebus adonan tersebut dalam air mendidih hingga matang selama lebih kurang 15 menit. Cukup mudah bukan?

Di ada beragam merek tepung tapioka yang beredar. Tepung tapioka biasanya dijual eceran per 1/2 kilogram (500 gram), 1 kilo, atau bahkan 1 karung isi 25 kg maupun 50 kg. Harga tepung tapioka per karung dan 1 kg cukup variatif, tergantung merek dan kualitasnya. Berikut informasi lengkap harga tepung tapioka per karung dan 1 kg dalam berbagai .

Harga Tepung Tapioka - www.newideafood.com.au

Harga Tepung Tapioka - www.newideafood.com.au

Daftar Harga Tepung Tapioka per Karung

Merek Tepung TapiokaHarga per Karung (Rp)
Tepung tapioka Opa-Oma165.000
Tepung tapioka merk SPM isi 25 kg165.000
Tepung tapioka Terong Mas isi 25 kg165.000
Tepung tapioka Cap Gunung Agung isi 25 kg172.000 – 215.000
Tepung tapioka Cap Istana berat 25kg196.000
Tepung tapioka Bola Deli 25 kg220.000
Tepung tapioka Cap Floura Tani250.000
Tepung tapioka kasar ala Shihlin berat 25 kg425.000
Tepung tapioka Lima Daun Hijau 50 kg426.000
Tepung tapioka JT-Tapioca 50 kg580.000
Tepung tapioka Cap Burung Kasuari 50kg600.000

Selain membeli tepung tapioka dalam jumlah besar sebanyak 1 sak (bal), Anda juga bisa membeli eceran atau kiloan. Saat ini juga ada banyak pilihan tepung tapioka ecer seberat 1 kg dengan kualitas yang bisa diadu. Berikut informasi harga tepung tapioka per 1 kg.

Baca juga  Info Harga Bubuk Matcha dalam Berbagai Merek

Daftar Harga Tepung Tapioka per 1 Kg

Merek Tepung TapiokaHarga per Kilo (Rp)
Tepung tapioka/kanji cap Burung Kasuari 1 kg8.500
Tepung tapioka Rumah Kelinci 1 kg12.000
Tepung tapioca Langgeng Jawa Cap Swan13.000
Tepung tapioka Cap Delman 1 kg16.000
Tepung tapioka Paus Biru 1kg16.000
Tepung tapioka Sagu Tani Tirta Sentana Cap Petani 1 kg16.000 – 23.000
Tepung tapioka Sagu Tani Cipta Kencana 1 kg18.300
Tepung tapioka kasar ala Shihlin 1 kg19.000
Tepung tapioka Dua Ibu Tani Cap Anak 1 kg19.000
Tepung tapioka Sagu Tani Bumi Kencana Cap Orang Desa 1 kg20.500 – 22.000
Tepung tapioka Gunung Seulawah 1 kg21.500
Tepung tapioka Cap Bambu 1 kg22.000
Tepung tapioka Cap Orang Tani 1 kg Liauw Liong Pit22.500
Tepung tapioka Cap Pak Tani LiauwTjoei Kang 1 kg22.500 – 25.000

Informasi harga tepung tapioka per karung dan 1 kg di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga tepung tapioka per karung dan 1 kilogram dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga tepung tapioka per karung dan 1 kg yang berlaku di setiap tempat pun bisa berbeda-beda, tergantung dari atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang mencari produk tepung tapioka atau tepung aci per karung dan 1 kg, Anda bisa membelinya di toko-toko grosir terdekat, seperti Indomaret dan Alfamart, hingga di pusat perbelanjaan besar seperti Giant, Hypermart, Superindo, maupun Transmart Carrefour.

[1]Suprapti, ML. 2005. Teknologi Pengolahan Pangan Tepung Tapioka, Pembuatan & Pemanfaatannya. : Kanisius.

[2]Kamikoki. 2017. Sim Salabim! Dari Tepung Magic Tercipta 25 Sajian Lezat. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Tepung Tapioka per Karung dan 1 Kg (Semua Merek)"