Info Terkini Harga Tepung Tapioka 1 Kg

No comment9230 views

Saat memasak, beberapa masakan dan jajanan akan membutuhkan salah satu yang bertujuan untuk perekat, yakni . Sebagian dari Anda juga menyebutnya tepung , sedangkan lainnya juga akrab menyebutnya sebagai tepung . Tepung beredar luas di pasaran dengan sejumlah tertentu. Sudah pasti harga tepung tersebut akan berbeda-beda, tergantung dari kualitas produk yang ditawarkan.

Ilustrasi: Membuat Kue Dengan Tepung Tapioka (credit: tastessence)

Ilustrasi: Membuat Dengan Tepung Tapioka (credit: tastessence)

Tepung pati yang berwarna putih ini, diekstrak dari umbi singkong, memiliki kandungan karbohidrat dengan kadar protein rendah, lemak jenuh, dan sodium. Tepung yang bernama latin Manihot Utilisima ini juga bebas gluten.

Salah satu karakteristik tepung tapioka yakni tepung akan cenderung sulit digenggam menjadi gumpalan dalam keadaan kering dikarenakan teksturnya yang sangat halus (starch) dan kesat. Bahkan, permukaan tepung akan lebih kasar daripada tepung terigu. Sehingga, jika Anda membeli di toko atau pasar, akan mudah membedakan dengan tepung-tepung lainnya seperti tepung beras, tepung terigu, dan tepung kacang hijau.

Tak hanya itu, sifat tepung kanji ini tidak larut dalam air yang bersuhu normal. Saat Anda mencobanya dengan mencampurkan tepung ke dalam air, maka tidak akan larut karena tepung akan mengendap di bawah air. Meski tak mudah larut, tepung ini ternyata kerap digunakan ibu rumah tangga sebagai pengental makanan. Makanan olahan dari tepung tapioka, mulai dari campuran pembuatan kerupuk, cireng, bakso, siomay, dan kue-kue basah. Karena bersifat mengenyalkan, tepung tapioka membuat beberapa makanan ini lebih enak.

Rekomendasi Merk Tepung Tapioka Terbaik

  • Rose Brand, merek ini diklaim menjadi brand nomor 1 di Indonesia, dengan kualitas tepung yang tak perlu diragukan lagi. Banyak yang memakai tepung ini, baik untuk keperluan rumah tangga atau kebutuhan bisnis untuk industri. Tepung ini akan membuat masakan Anda memiliki tekstur yang lebih kenyal. Tepung ini dijual di pasaran dengan kemasan yang beragam, mulai dari 500 gram, 25 kilogram, 50 kg, dan 850 kg (jumbo bag). Untuk Anda yang membutuhkan kemasan 1 kilo, dapat membeli 2 kemasan higienis 500 gram.
  • Pak Tani Gunung, terdapat banyak tepung tapioka yang bagus dan bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran, salah satunya adalah tepung tapioka Pak Tani Gunung. Produk ini terbuat dari singkong pilihan yang diolah dengan teknologi modern dan higienis. Selain itu, kemasan plastik yang rapat akan menjaga tekstur dan keawetan tepung. 
  • Tirta Kencana Cap Pak Tani, sudah mendapatkan label sertifikasi halal dari MUI dan izin dari DEPKES RI. 6, membuat tepung ini menjadi satu yang direkomendasikan untuk bahan masakan Anda. Tirta Kencana Cap Pak Tani mengusung logo petani pada kemasannya, hampir sama dengan tepung Pak Tani Gunung. 
Ilustrasi: Harga Tepung Tapioka (credit: glutenfreeingredients)

Ilustrasi: Harga Tepung Tapioka (credit: glutenfreeingredients)

  • Tjap Orang Tani, Liauw Liong Pit atau yang dikenal dengan nama Tepung Tapioka Tjap Orang Tani merupakan tepung tapioka yang sudah dipasarkan sejak puluhan tahun yang lalu. Terkenal dengan kualitas produk yang baik, ternyata banyak tepung tiruan yang beredar di pasaran. Sehingga, perlu Anda waspadai. 
  • Mahkota “Dollar”, merek tepung tapioka yang bagus seharusnya sudah pasti diolah melalui penjemuran sampai benar-benar kering. Mahkota “Dollar” adalah merek tepung tapioka yang diklaim 100% dijemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. penjemuran yang alami inilah yang membuat tepung tapioka yang berasal dari Kota Bogor ini dapat membuat hidangan lebih lezat. 
  • Rumah Kelinci, produk yang ditawarkan dengan ragam kemasan setengah sampai satu kilogram ini akan cocok dengan kebutuhan memasak Anda sehari-hari. Produk ini kerap digunakan untuk membuat kue. Kue dengan campuran tepung Rumah Kelinci akan lebih kenyal dan enak. 
  • Tani Bumi Kencana, dikemas dalam ukuran 1 kg, tepung tapioka ini juga banyak digunakan untuk membuat kue. Untuk kemasan 1 kg-nya, dijual dengan harga relatif terjangkau. Jika Anda ingin membelinya, perhatikan logo bergambar petani yang berwarna hijau pada kemasannya.

Harga Tepung Tapioka 

Merek Tepung TapiokaHarga per 1 Kg (Rp)
Rose Brand11.000
Pak Tani Gunung13.000
Tirta Kencana Cap Pak Tani26.500
Tjap Orang Tani25.000
Mahkota “Dollar”34.000
Rumah Kelinci8.000
Tani Bumi Kencana22.000

Harga tepung tapioka di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga tepung tapioka berkisar Rp9.000 hingga Rp25.000 per 1 kg. Selain memiliki manfaat sebagai bahan pangan, tepung tapioka juga memiliki manfaat yang lain untuk kesehatan tubuh.

Tepung tapioka (sumber: imperialflour.com)

Tepung tapioka (sumber: imperialflour.com)

Manfaat Mengonsumsi Tepung Tapioka

  • Melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah, tepung tapioka mengandung zat besi yang tentu dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel darah baru, mencegah anemia, dan melancarkan sirkulasi darah. Kandungan kalium yang ada di dalam tepung ini dikenal mampu membantu mengurangi stres pada pembuluh darah dan arteri. Sementara, kandungan potasiumnya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.
  • Menyehatkan pencernaan tubuh, tepung tapioka tinggi serat yang bekerja secara efisien untuk menyehatkan pencernaan. Konsumsi tepung tersebut secara teratur untuk mencegah sembelit, nyeri usus, perut kembung, dan bahkan kanker usus. Ternyata, khasiat mengonsumsi tepung tapioka juga dapat menambah berat badan karena kaya akan karbohidrat.
  • Menguatkan tulang, kandungan tepung tapioka berperan aktif mendukung kesehatan tulang. Sebab, mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin K yang membantu mencegah osteoporosis dan osteoarthritis. Tepung ini juga mengandung asam folat dan vitamin B kompleks yang diklaim bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Itulah manfaat tepung tapioka yang bisa Anda dapatkan. Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, ada beberapa orang yang merasa kurang cocok dengan bahan tersebut, karena alergi. 

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Harga Minyak Samin (Semua Merk dan Ukuran) Terbaru
author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Terkini Harga Tepung Tapioka 1 Kg"