Update Harga Tepung Ketan Rose Brand 500 gr (Eceran & per Dus)

Ada banyak tepung yang bisa Anda pilih untuk membuat biskuit yang renyah dan garing, salah satunya tepung ketan. Tepung ketan dijual dalam berbagai merek, dan yang terbilang cukup terkenal adalah Rose Brand. Tepung ketan putih Rose Brand bisa Anda beli dalam kemasan 500 gr secara eceran dan per dus yang harga jualnya relatif terjangkau.

Tepung ketan (sumber: alibaba)
Tepung ketan (sumber: alibaba)

Kegunaan Tepung Ketan Rose Brand

Dilansir dari website resminya, tepung ketan putih Rose Brand adalah tepung yang terbuat dari ketan terbaik dan diproses secara higienis. Hal ini membuat mutu produk menjadi baik dan berkualitas. Tak heran jika tepung tersebut memiliki tekstur yang halus, lembut, dan tidak mudah berjamur.

Bacaan Lainnya

Tepung ketan Rose Brand juga memiliki warna yang putih, sekilas mirip dengan tepung terigu, tetapi karakteristiknya berbeda. Tepung ketan ini terbilang agak sulit larut di dalam air dan memiliki banyak endapan. Hal ini karena bulir tepung yang cenderung berat dan sedikit kaku.

Pada saat dicampur air, memang tepung ketan agak kaku dan padat, tetapi berbeda ketika dimasak. Tepung ketan akan berubah menjadi lengket dan kenyal jika dicampur dengan pengikat dan diolah dengan cara dikukus, di-steam, dan direbus. Jika Anda memasak tepung ketan dengan cara dipanggang atau digoreng, maka karakteristiknya berubah menjadi garing, krispi, dan sedikit keras. Hal ini membuat bahan dapur tersebut dimanfaatkan sebagai campuran dalam membuat aneka kue tradisional.

Baca juga  Info Terkini Harga Cat Dasar Catylac (4 Kg & 21 Kg)

Salah satu jajanan tradisional yang terbilang lezat dan bisa dibuat dari tepung ketan putih Rose Brand adalah temerodok. Temerodok dibuat dari tepung ketan yang dicampur telur, gula, dan garam, kemudian dibentuk menyerupai bulan sabit. Kue tersebut memiliki rasa yang manis dengan tekstur renyah dan berwarna putih kekuningan, sekilas mirip dengan biskuit atau cookies.[1]

Membuat turmedok sendiri tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu mencampur tepung ketan Rose Brand, telur, gula, dan garam hingga rata. Adonan yang sudah jadi bisa dipipihkan dengan ketebalan 2 mm, lalu dicetak seperti bulan sabit. Anda bisa memakai cetakan dari aluminium supaya mudah. Setelah itu, adonan digoreng hingga kering dalam minyak panas bersuhu 180 derajat Celcius. Masak adonan selama 3 menit dengan membolak-baliknya supaya tidak gosong. Adonan yang sudah garing dan berwarna putih kekuningan bisa diangkat dan disajikan selagi hangat.

Selain itu, beberapa orang juga menggunakan tepung ketan Rose Brand sebagai salah satu untuk membuat klepon. Klepon adalah salah satu jajanan tradisional yang berwarna hijau dan memiliki tekstur kenyal dengan isi gula merah. Untuk membuat hidangan ini, Anda memerlukan 250 gr tepung ketan Rose Brand, 2 sendok makan tepung tapioka, 1/4 sendok makan garam, 175 ml air panas, 2 sendok makan pasta pandan, kelapa parut secukupnya, 3 lembar daun pandan, dan 100 gr gula merah.

Baca juga  Rute & Info Terbaru Harga Tiket Puncak B29 Lumajang

Dilansir dari cookpad, siapkan gelas dan tuang air panas serta pasta ke dalamnya. Aduk cair ini hingga rata dan sisihkan. Bahan tersebut berfungsi sebagai pewarna sekaligus penambah aroma. Setelah itu, siapkan wadah berupa mangkuk besar dan masukkan semua jenis tepung ke dalamnya.

Tambahkan adonan cair sedikit demi sedikit ke dalam mangkuk sambil diaduk. Setelah semua cair habis dan adonan dalam mangkuk mulai menggumpal, uleni adonan dengan sendok hingga rata. Setelah adonan agak dingin, gunakan tangan untuk menguleni lagi hingga kalis dan tidak menempel di tangan.

Tepung beras Rose Brand (sumber: shopee)
Rose Brand (sumber: shopee)

Siapkan panci berukuran sedang dan tuang 500 ml air ke dalamnya. Letakkan panci ini di atas kompor dengan api sedang. Sambil menunggu air panas, siapkan isian klepon berupa gula merah yang diparut. Anda juga bisa memakai gula merah yang disisir dengan pisau jika tidak memiliki parutan.

Ambil adonan klepon dan pipihkan dengan bentuk bundar, lalu isi bagian tengahnya dengan gula merah. Tutup adonan dengan cara membulatkannya menggunakan tangan. Ulangi langkah ini hingga adonan dan gula merah habis. Saat air sudah mendidih, masukkan bola klepon satu per satu ke dalam air dan biarkan klepon mengapung. Klepon yang sudah mengapung adalah klepon yang sudah matang dan bisa diangkat atau ditiriskan.

Baca juga  Update Harga MaxCreamer Berbagai Kemasan

Letakkan klepon di atas piring atau tray supaya suhunya turun dan kadar airnya menipis. Setelah cukup dingin dan kering, taburkan kelapa parut di atasnya sebagai topping. Klepon yang sudah jadi siap disantap bersama keluarga. Hidangan ini akan lebih sedap jika Anda menambahkan sedikit santan kental di atasnya.

Untuk membuat aneka hidangan di atas, Anda membutuhkan tepung ketan putih Rose Brand yang bisa Anda beli di toko kue terdekat. Berikut referensi harga tepung ketan Rose Brand.

Harga Tepung Ketan Putih Rosebrand

Kemasan Tepung Ketan Rose Brand Harga
Tepung Ketan Rose Brand Eceran 500 gr Rp12.200 – Rp16.000 per pcs
Tepung Ketan Rose Brand 20 pcs Rp178.000 – Rp190.000 per dus

Harga tepung ketan Rose Brand tahun 2022 di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs online. Perlu diingat, harga tepung ketan Rose Brand tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun 2020 dan 2021, tepung ketan Rose Brand dijual dengan harga mulai Rp11.000 hingga Rp15.000 per kemasan 500 gr dan Rp209.700 per dus. Harga tepung tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Azizah, Intan Hs, Ni Made Yusa, A.A.I. Sri Wiadnyani. 2020. Pengaruh Perbandingan Tepung Ketan Putih dengan Tepung Kacang Merah (Phaseolus Vulgaris L.) Terhadap Karakteristik Temerodok. Jurnal Ilmu dan Pangan UNUD, Vol. 9(1): 30-37.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.