Harga Tepung Kentang Berbagai Merek di Pasaran

Jika mendengar istilah , sudah pasti Anda begitu asing dengan satu ini. Padahal, di luar negeri tepung yang diekstrak dari kentang ini sering dipakai untuk aneka masakan sehari-hari. Apalagi kalau bukan karena tepung kentang yang dikenal begitu baik jika dikonsumsi. Tepung kentang belum populer di Indonesia ditengarai sejumlah faktor, khususnya soal harga yang mahal bila dibandingkan dengan tepung jagung.

Tepung kentang (sumber: potatobusiness.com)

Tepung kentang (sumber: potatobusiness.com)

Harga tepung kentang mampu mencapai Rp45 ribu per kilogram, berbeda dengan tepung jagung yang berkisar Rp10 ribu sampai Rp15 ribu per kilogramnya. Hal ini lantaran, Indonesia masih mengimpor tepung kentang dari Eropa, Amerika, atau China.

Umumnya, tepung kentang memiliki tampilan yang tak jauh berbeda dengan tepung lainnya. Berbentuk putih dan bersih namun lebih licin dan terasa halus. Pati kentangnya masih tawar dan tidak berasa. Lebih sering tepung ini diolah menjadi beraneka ragam kue dengan aroma khas kentang. Sedangkan untuk masakan, tepung ini kerap diolah untuk campuran gorengan.

Di luar negeri, tepung kentang sering digunakan sebagai pelapis beragam gorengan untuk hidangan Chinese food. Berbeda jika menggunakan tepung terigu, tepung kentang yang dipakai untuk melapisi udang akan jauh lebih kriuk dan awet walau telah disiram saus. Tepung ini juga cocok untuk oriental chicken atau masakan Jepang seperti chicken karaage. 

Berbeda lagi penerapannya di Korea, tak hanya untuk baluran ayam, tepung ini biasanya dijadikan fish cake berupa makanan semacam siomay yang perannya hampir mirip tepung tapioka di Indonesia. Bahkan, olahan mie soun di sana juga terbuat dari tepung kentang. Sedangkan patinya, biasanya dibuat untuk pengental saus hingga dawet juga campuran kue.

Proses pembuatan tepung kentang dimulai dengan penghancuran umbi yang kemudian dijadikan butiran tepung. Kentang dihancurkan menggunakan berupa parutan yang dikenal sebagai grater dengan penambahan enzim oksidasi untuk mencegah proses perubahan pada bubur kentang. Setelah tahapan tersebut selesai, bubur kentang dikeringkan menjadi . Keistimewaan tepung ini yakni tidak menggumpal saat direbus, sebab dapat bekerja pada suhu tinggi. 

Kandungan Gizi Tepung Kentang (per 100 gr)

Tepung kentang (sumber: alibaba.com)

Tepung kentang (sumber: alibaba.com)

  • Kalori (kcal) 356
  • Jumlah Lemak 0,3 g
  • Lemak jenuh 0,1 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,2 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 55 mg
  • Kalium 1.001 mg
  • Jumlah Karbohidrat 83 g
  • Serat pangan 6 g
  • Gula 3,5 g
  • Protein 7 g
  • Vitamin A 0 IU
  • Vitamin C 3,8 mg
  • Kalsium 65 mg
  • Zat besi 1,4 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,8 mg
  • Vitamin B12  0 µg
  • Magnesium 65 mg

Kegunaan Tepung Kentang

Tepung kentang untuk bahan membuat kue (sumber: kingarthurflour.com)

Tepung kentang untuk bahan membuat kue (sumber: kingarthurflour.com)

Tepung kentang sebagai campuran berbagai olahan masakan

Dengan sejumlah keunggulannya, tepung kentang begitu cocok digunakan untuk bahan masakan. Terlebih, tepung ini mampu dimasak pada suhu tinggi dan tidak menggumpal. Selain itu, teksturnya yang lembut juga kerap digunakan untuk aneka kue untuk melembutkan adonan.

Tepung kentang mampu meningkatkan rasa masakan

Tepung ini tidak meninggalkan rasa tepung pada makanan sehingga rasa makanan akan tetap nikmat. Bahkan membuat aneka gorengan tebal namun tetap renyah. Untuk kandungan gizi tepung, tak perlu ditanyakan lagi. Itu sebabnya, tepung kentang telah banyak digunakan oleh juru masak di luar negeri.

Tepung kentang sebagai bahan baku nutrisi ternak

Berkaitan erat dengan kandungan nutrisi tepung kentang, ternyata tepung ini mampu digunakan sebagai penambah nutrisi pakan ternak. Kandungan proteinnya yang tinggi akan sangat cocok dicampur pada bahan baku pakan ternak. Sebab mampu meningkatkan  formulasi dan komposisi pakan menjadi sangat baik khususnya untuk peningkatan pada nilai gizi yang tinggi dan melancarkan proses pencernaan dengan baik pada hewan ternak Anda.

Tepung kentang untuk dunia tekstil dan farmasi

Tak hanya digunakan sebagai bahan pangan saja, tepung kentang ternyata juga digunakan dalam dunia industri tekstil sebagai bahan baku pembuatan plastik kemasan, pembalut wanita, kertas, hingga bahan bangunan. Bahkan, para ahli juga menggunakan tepung ini untuk kapsul pada obat-obatan. 

Harga Tepung Kentang di Pasaran

Produk tepung kentang (sumber: Pinterest)

Produk tepung kentang (sumber: Pinterest)

Tepung KentangUkuran KemasanHarga (Rp)
Potato Flakes1 kg

25 kg

75.000

1.025.000

Potato Starch1 kg

25 kg

30.000

490.000

Jerman500 gram25.000
India500 gram23.000
Knor650 gram

15 Kg

50.000

290.000

Ex France250 gram12.000
Holland1 kg

25 kg  

35.000

437.500

Pati Kentang150 gram16.000
Polandia500 gram23.000
Curah500 gram

1 kg

39.000

70.000

Avebe/ Via Gojek2 kg

25 kg

61.000

735.000

Lentera Naga500 gram23.000
KMC Ex Denmark1 kg25.000
Suci Hati500 gram  54.200
Impor500 gram

5 kg

22.000

56.000

Harga di atas dirangkum dari sejumlah situs online untuk berbagai ukuran sak maupun repack. Tentu di setiap daerah memiliki range harga yang berbeda, seperti contoh di wilayah Surabaya. Tepung kentang (potato flakes) dijual Rp25 ribu per 500 gram, sedangkan pati kentang (potato starch) dijual lebih murah dengan harga Rp23 ribu per 1 kg. Jika berkeinginan membeli ukuran 1 sak, maka Anda akan mendapatkan harga grosir, yakni potato flakes Rp1.025.000 dan potato starch Rp490 ribu.

Anda dapat mengganti tepung pati dengan sejumlah bahan lain yang memiliki kandungan hampir sama, yakni tepung pati ubi jalar. Tepung ini mampu digunakan menjadi bahan alternatif substitusi atau bahan mix pengurang cost, terlebih harga ubi di pasaran yang masih relatif stabil. 

[Update: Ditta]

Baca juga  Harga 1 Kg Bawang Putih di Pasaran dan Manfaatnya
loading...
author

Leave a reply "Harga Tepung Kentang Berbagai Merek di Pasaran"