Manfaat dan Harga Tepung Gaplek (Semua Merk dan Kemasan)

Bagi banyak orang Indonesia, pastinya sudah tidak asing lagi dengan gaplek. ini memiliki banyak kegunaan dan bisa dipakai sebagai pengganti makanan pokok seperti nasi. Tidak sulit menemukan gaplek dalam berbagai , termasuk 1 kg. Anda bisa membelinya dengan harga relatif terjangkau.

Tepung gaplek (sumber: danadesa.id)

Tepung gaplek (sumber: danadesa.id)

Manfaat Tepung Gaplek

Tepung gaplek biasa dipakai sebagai salah satu bahan campuran pakan ternak. Anda bisa memakainya untuk mengurangi kadar serat kasar dan meningkatkan kadar BETN (karbohidrat mudah dicerna) pada pakan, khususnya pakan yang berbahan dasar sayur.[1] Sehingga, kualitas pakan ternak akan menjadi lebih baik dengan tekstur yang lebih halus.

Tepung gaplek memiliki peran penting dalam pembuatan pakan. Tekstur tepung yang halus dan cenderung padat akan membuat pakan hewan menjadi lebih awet dan mudah dibentuk. Ini juga bertujuan agar pakan hewan tidak mudah lembap dan berubah bentuk saat terkena air.

Selain bisa dijadikan bahan tambahan pakan hewan, tepung gaplek bisa dimanfaatkan sebagai tambahan bahan makanan sehari-hari. Tepung tersebut juga terbilang sehat, karena mengandung banyak nutrisi, seperti air, zat besi, beta karoten, kalori, fosfor, kalium, potasium, kalsium, karbohidrat, lemak, natrium, protein, niacin, retinol, riboflavin, zinc, tiamin, vitamin C, dan tembaga.

Baca juga  Harga Stella Matic Refill (Indomaret, Alfamart, Situs Jual Beli Online)

Semua nutrisi tersebut tidak hanya berperan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda. Dilansir dari Andra Farm, tepung gaplek bisa menjaga kestabilan gula darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, meminimalkan terjadinya penyakit kardiovaskular, mencegah jantung koroner, menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, mencegah hipertensi, dan mengurangi risiko anemia.

Sementara, untuk kecantikan, tepung gaplek bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mengurangi risiko jerawat, menjaga keindahan rambut, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, mengobati masalah kulit, menurunkan risiko kerontokan rambut, meningkatkan produksi kolagen dan elastin, dan meremajakan kulit.

Tidak hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dalam kondisi normal, tepung gaplek juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk hamil, tepung gaplek memiliki khasiat mengatur keseimbangan hormon untuk kesehatan reproduksi, dan mencegah risiko preeklampsia.

Tepung gaplek juga memiliki khasiat untuk anak-anak dan remaja yang masih berada dalam masa pertumbuhan, antara lain membantu proses pertumbuhan tulang, menopang kesehatan tulang, mencegah osteoporosis di usia lanjut, meningkatkan pembentukan massa otot, membantu tetap fokus, meningkatkan fungsi kognitif, memulihkan mood, menjaga fungsi otak, meningkatkan perkembangan otak, menurunkan risiko stres, dan memberikan manfaat neurologis.

Baca juga  Update Harga Wood Stain untuk Finishing Kayu (All Merk)

Cara Konsumsi Tepung Gaplek

Agar mendapatkan semua manfaat tepung gaplek, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, Anda perlu mengetahui cara mengonsumsinya. Tepung gaplek bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan menarik. Anda bisa mengolahnya menjadi kue atau puding.

Tepung gaplek (sumber: tokopedia)

Tepung gaplek (sumber: tokopedia)

Membuat kue dari tepung gaplek tidaklah sulit, karena Anda hanya memerlukan 3 butir telur ayam, 100 gr gula aren, 50 gr gula pasir, 100 gr margarin, 200 gr tepung gaplek, 1/2 sendok teh vanili , 1/2 sendok teh garam, pengembang, santan 250 ml, dan baking powder. Sebagai bahan tambahan, Anda bisa menambahkan kismis, irisan buah, dan parutan cokelat.

Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk plastik berukuran sedang dan kocok dengan mixer hingga rata. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Tuang adonan ke dalam loyang dan beri taburan sesuai selera. Anda bisa menambahkan potongan buah atau remah biskuit. Kukus selama 30 menit atau hingga matang dengan api kecil.  Setelah matang, angkat kue dari loyang dan hidangkan selagi panas. Anda bisa menambahkan olesan margarin di atas roti, supaya rasanya lebih gurih.

Baca juga  Manfaat dan Harga Shampo Natur (All Varian) Terbaru

Bagi Anda yang tertarik mencoba resep tersebut, Anda bisa membeli tepung gaplek di bahan roti atau swalayan terdekat. Sebagai referensi, Anda bisa melihat harga aneka varian kemasan dan merk tepung gaplek berikut.

Harga Tepung Gaplek

Merk/Varian Tepung GaplekHarga (Rp)
Tepung Gaplek Goli Snacker 600 gr10.000
Tepung Gaplek Cap Enak 200 gr7.500
Tepung Gaplek Goli Snacker 1 kg17.000
Tepung Gaplek Mamie 1 kg15.000
Tepung Gaplek Vic Shop 1 kg12.800
Tepung Gaplek Grade A 1 kg12.000
Tepung Gaplek Mbak Nung 500 gr12.000

Harga tepung gaplek di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga tepung gaplek tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Atikaa, Tri, Liman, Rudy Sutrisna. 2015. Pengaruh Penambahan Tepung Gaplek dengan Tingkat Berbeda terhadap Nutrisi Silase Limbah Sayuran. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu Universitas Negeri Lampung, Vol. 3(3): 110-115.

 

author

Leave a reply "Manfaat dan Harga Tepung Gaplek (Semua Merk dan Kemasan)"