Info Terkini Harga Tenda Lipat untuk Jualan (Ukuran 2×3, 3×3, 4×6)

Apabila belum memiliki sebuah tempat permanen untuk berdagang, penjual bisa memanfaatkan tenda lipat untuk melindungi mereka dan barang jualan dari panasnya matahari dan guyuran air hujan. Tenda seperti ini juga sering dimanfaatkan untuk membuka stand pada acara seperti pameran dan bazar. Hadir dalam berbagai ukuran (misalnya ukuran 2×3, 3×3, 4×6 meter) dan warna, tenda lipat ditawarkan dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, biasanya sudah termasuk rangka besi sebagai penopang.

Tenda Lipat  (sumber: yonkimya.com)
Tenda Lipat (sumber: yonkimya.com)

Saat ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan pelaku usaha saat ingin menawarkan atau menjual produk dan jasa mereka kepada konsumen. Apabila sudah memiliki lahan dan tempat yang permanen, mereka bisa mengubahnya menjadi sebuah toko. Sementara, jika belum memiliki area yang tetap, pedagang dapat memanfaatkan acara-acara seperti bazar atau pameran untuk memperkenalkan atau memasarkan barang dan jasa mereka.

Bacaan Lainnya

Pameran atau exhibition memang menjadi wadah yang tepat untuk mempromosikan sekaligus menjual produk. Pasalnya, pameran adalah event masyarakat yang diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum, yang sekarang sudah termasuk salah satu kegiatan eksternal yang kerap dijadikan sebagai media promosi.[1][2]

Untuk memajang atau memasarkan produk, tentunya diperlukan sebuah booth khusus. Booth ini biasanya berbentuk meja, tetapi ada juga yang cardboard. Model seperti ini sangat cocok jika suatu pameran atau bazar dilakukan di dalam ruangan, entah itu di hotel atau pusat perbelanjaan. Lalu, bagaimana jika pameran kebetulan digelar di area outdoor?

Tentu saja, pedagang memerlukan sebuah atap khusus agar barang atau produk yang mereka pasarkan dapat terlindung dari panas matahari maupun guyuran air hujan. Nah, untuk keperluan ini, umumnya mereka memanfaatkan tenda lipat, yang walaupun terbuat dari kain, tetapi cukup kuat menahan terik mentari dan terpaan air hujan. Selain itu, tenda seperti ini juga hadir dalam beberapa ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain untuk pameran, tenda lipat juga kerap dimanfaatkan para pedagang kaki lima saat menjajakan barang mereka. Tidak hanya sebagai tempat barang dagangan, penjual yang menjajakan makanan pun melakukan inovasi dengan menyediakan ruang duduk yang pas apabila konsumen ingin menikmati sajian langsung di lokasi.

Tenda seperti ini mengutamakan kepraktisan dan mobilitas. Pasalnya, tenda tersebut sangat mudah dipindah-pindahkan, menggunakan rangka dari bahan yang ringan, serta fleksibel untuk dilipat menjadi bentuk yang ringkas, baik untuk keperluan penggunaan maupun penyimpanan. Biasanya memakai bahan polyester dan rangka besi hollow, tenda lipat bahkan dapat dibawa dengan sepeda motor atau dimasukkan dalam bagasi mobil.

Apabila Anda kebetulan juga memiliki suatu usaha jualan dan membutuhkan tenda lipat, tidak sulit mendapatkan piranti tersebut. Anda bisa membelinya di berbagai toko yang menjual tenda atau mencarinya di sejumlah situs jual beli online. Tersedia dalam berbagai ukuran, berikut kisaran harga tenda lipat di pasaran dalam negeri.

Ilustrasi: Harga Tenda Lipat (credit: aliexpress)
Ilustrasi: Harga Tenda Lipat (credit: aliexpress)

Harga Tenda Lipat Jualan Ukuran 2×3 3×3 4×6

Tipe/Ukuran Tenda LipatKisaran Harga
Payung Jualan Tenda Lipat 200 cmRp209.000
Payung Jualan Tenda Lipat 230 cmRp300.000
Payung Jualan Tenda Lipat 300 cmRp315.000
Tenda Lipat 1,5 m x 1,5 mRp900.000
Tenda Lipat 2 m x 2 mRp962.000
Tenda Lipat 2 m x 3 mRp1.000.000
Tenda Lipat 3 m x 3 mRp1.110.600
Tenda Lipat 3 m x 4,5 mRp1.300.000
Tenda Lipat 3 m x 6 mRp1.550.000
Tenda Lipat 4 m x 4 mRp4.150.000

Harga tenda lipat untuk jualan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Perlu diketahui bahwa harga tenda lipat tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021 lalu, harga tenda lipat tahun 2022 mengalami perubahan. Sebagai contoh, tenda lipat ukuran 1,5 m x 1,5 m yang awalnya dijual dengan harga Rp600 ribu, naik menjadi Rp900 ribu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda walau produk yang ditawarkan sama.

Ilustrasi: Tenda Lipar (credit: Tokogmgjogja)
Ilustrasi: Tenda Lipar (credit: Tokogmgjogja)

Harga Paket Tenda Lipat &Tas

Ukuran Tenda LipatHarga Paket
Tenda Lipat 2 m x 2 m plus Tas + Dinding 3 sisiRp1.050.000
Tenda Lipat 2 m x 3 m plus TasRp1.099.000
Tenda Lipat 3 m x 3 m plus TasRp1.699.000

Harga tenda lipat plus tas untuk jualan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Seperti tenda lipat biasa, harga tenda lipat plus tas saat ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, tenda lipat ukuran 2 m x 3 m plus tas yang awalnya dijual dengan harga Rp950.000, naik menjadi Rp1.099.000. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda walau produk yang ditawarkan sama.

[Update: Dian]

[1]Evelina, Lidia. 2007. Event Organizer Pameran. Jakarta: PT Indeks, hlm. 3-6.

[2]Harijono, Natashia Angelica R., Mariana Wibowo, DodiWondo. 2017. Perancangan Exhibition Booth untuk Wedding Photography dengan Material Cardboard. Jurnal Intra, Vol. 5(2). 712-721.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *