Berapa Harga Tempe di Amerika, Jepang dan Eropa?

Tempe dulunya sering dikatakan sebagai makanan orang kampung. Namun kini, semakin banyak yang paham bahwa panganan berbahan dasar kacang kedelai tersebut kaya kandungan gizi. Tidak mengherankan jika kemudian tempe lantas dinikmati berbagai kalangan. Bahkan, di negara-negara maju seperti Jepang, Amerika, dan sejumlah negara di Eropa, juga tersedia tempe. Namun, jika dibandingkan di Indonesia, harga tempe di luar negeri memang relatif lebih mahal.

Tempe kedelai (sumber: fullofplants.com)
Tempe kedelai (sumber: fullofplants.com)

Apa Itu Tempe?

Seperti disinggung di atas, tempe adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai atau beberapa bahan lain yang diproses melalui fermentasi menggunakan mikroorganisme kapang Rhizopus sp. atau yang biasa dikenal sebagai starter/ragi tempe. Ragi ini berperan memecah senyawa kompleks yang ada pada bahan baku sehingga lebih mudah dicerna.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari website Klub Pompi milik BPOM, Indonesia dikatakan sebagai negara produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Tingkat konsumsi kedelai di Indonesia juga meningkat karena sebanyak 50 persen kedelai Indonesia digunakan untuk memproduksi tempe, 40 persen untuk produksi tahu, dan 10 persen sisanya untuk produksi tauco, kecap, dan lainnya.

Baca juga  Harga Nutricake Brownies Semua Varian Rasa

Selain kedelai, salah satu bahan baku penting dalam pembuatan tempe adalah ragi. Ragi tempe ini terbentuk karena tumbuhnya jamur Rhizopus Oligosporus pada biji kedelai, yang dapat berkembang secara generatif maupun vegetatif.[1] Ragi ini diperlukan untuk mempercepat fermentasi pada kacang kedelai.

Seperti diketahui, fermentasi adalah salah satu terpenting dalam produksi tempe, yang akan menghasilkan senyawa-senyawa sederhana yang mudah dicerna.[2] Proses fermentasi ini juga yang akan menghasilkan senyawa-senyawa yang menyebabkan tempe memiliki rasa dan aroma yang khas.

Awalnya dianggap sebagai makanan kampung, tempe sekarang semakin diminati oleh banyak orang. Pasalnya, produk tersebut diketahui memiliki banyak kandungan gizi. Sepotong tempe goreng atau sekitar 500 gram bahkan dikatakan sudah cukup untuk meningkatkan mutu gizi 200 gram nasi.[3] Lalu, apa saja gizi yang terdapat pada tempe?

Kandungan Gizi Tempe

  • Tempe diklaim sebagai sumber vitamin B yang sangat potensial, termasuk vitamin B1, B2, B6, dan B12.
  • Tempe mengandung mineral makro dan mikro dalam jumlah yang cukup, seperti besi, tembaga, dan zinc. Kapang tempe dapat menghasilkan fitase yang akan menguraikan asam fitat menjadi fosro dan inositol.
  • Di dalam tempe juga ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk isoflavon. Seperti vitamin C, vitamin E, dan karotenoid, isoflavon merupakan antioksidan yang diperlukan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.
  • Tempe juga diklaim sebagai bahan pangan yang kaya akan protein.
Baca juga  Info Resep dan Update Harga Tahu Bakso Bu Pudji

Dengan kandungan gizi tersebut, rutin mengonsumsi tempe dikatakan dapat membantu anak berkat kandungan protein yang tinggi dengan nilai PER yang sama dengan kasein dan susu skim. Tempe juga diklaim berperan dalam kecerdasan otak, untuk mengatasi gangguan anemia, membantu mengatasi gangguan saluran cerna, menyehatkan jantung, dan membantu mengobati penyakit dislipidemia.

Indonesia memang dikatakan sebagai produsen tempe terbesar di dunia. Namun, makanan itu tidak cuma dapat ditemukan di dalam negeri karena telah mendunia. Seiring dengan semakin banyaknya kaum vegetarian yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging, maka tempe pun diproduksi di banyak tempat di dunia, seperti Jepang, Jerman, dan AS. Lalu, berapa harga tempe di negara-negara tersebut?

Tempe kedelai (sumber: tempehola.co)
Tempe kedelai (sumber: tempehola.co)

Harga Tempe di Jepang

Kemasan Tempe Harga
Tempe 100 gram 350 yen
Tempe 100 gram 3 bungkus 1.000 yen

Ketika artikel ini ditulis, kurs 1 yen setara dengan Rp103, sehingga harga tempe 1 bungkus 100 gram berkisar Rp36 ribuan, sedangkan harga untuk tiga bungkus bisa mencapai Rp100 ribuan. Ada alasan kenapa harga tempe di Negeri Sakura lebih mahal, salah satunya proses pembuatannya yang diperlukan teknik khusus karena tingkat kelembapan negara tersebut lebih rendah dibandingkan di Indonesia.

Baca juga  Update Harga Kue Tart dan Cupcakes di The Harvest

Harga Tempe di Amerika dan Eropa

Negara Harga Tempe
Swiss EUR 1,79
Jerman EUR 1,99
Prancis EUR 4 – 8
Inggris USD 20
Amerika Serikat USD 26

Informasi harga tempe di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Ketika artikel ini dibuat, kurs 1 EUR setara dengan Rp14.800, sedangkan kurs 1 USD sekitar Rp14.900. Jadi, jika dirupiahkan, harga tempe di Swiss mulai Rp26 ribuan per potong, sedangkan harga di Jerman mulai Rp29 ribuan. Sementara itu, di Amerika Serikat, harga tempe jika dirupiahkan berkisar Rp387 ribuan untuk dua potong papan.

[1] Limando, Ida, Bambang Mardiono Soewito, Adiel Yuwono. 2014. Perancangan Buku Visual tentang Tempe sebagai Salah Satu Makanan Masyarakat Indonesia. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, Vol. 1(4): 1-12.

[2] Harahap, Rasyid Hanafi, Zulkifli Lubis, Jamaran Kaban. 2018. Komponen Flavor Volatil Tempe yang Dibungkus dengan Daun Pisang dan Plastik. Agritech, Vol. 38(2): 194-199.

[3] Limando, Ida, Bambang Mardiono Soewito, Adiel Yuwono. Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *