Info Terupdate Harga Telur Bebek Mentah per Butir dan Kiloan

Telur bebek menjadi salah satu alternatif lauk selain telur ayam. Pasalnya, telur ini dinilai memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, termasuk protein. Biasanya, telur bebek diasinkan sehingga sering disebut dengan telur asin. Di pasaran sendiri, harga telur bebek per dan kiloan bervariasi, tergantung ketersediaan produk dan permintaan pasar.

Telur bebek (sumber: patspastured.com)
Telur bebek (sumber: patspastured.com)

Dilansir dari Lagizi.com, telur merupakan sumber protein dengan harga terjangkau yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain telur ayam, telur bebek juga merupakan salah satu jenis telur yang banyak dikonsumsi. Jika dilihat dari kandungan gizinya, telur bebek diklaim memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Hal ini dipengaruhi oleh makanan yang diberikan dan proses pemeliharaannya. Secara rinci, berikut perbedaan telur bebek dengan telur ayam.

Bacaan Lainnya

Perbedaan Telur Bebek dan Telur Ayam

  • Telur bebek berukuran lebih besar daripada telur ayam, sehingga cukup mudah untuk membedakan kedua jenis telur ini.
  • Telur bebek memiliki cangkang yang lebih tebal daripada telur ayam sehingga lebih lama daya tahannya.
  • Telur bebek dikatakan mengandung lebih banyak asam Omega 3 yang penting untuk meningkatkan kesehatan otak.
  • Telur bebek diklaim mengandung kalori yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Dalam 100 gram telur bebek, terkandung sekitar 185 kkal energi, sementara pada telur ayam adalah 149 kkal. Kandungan karbohidrat dan mineral keduanya kurang lebih sama, tetapi kandungan protein telur bebek sedikit lebih tinggi. Keduanya mengandung mineral-mineral penting seperti selenium, mangan, zinc, tembaga, potassium, sodium, fosfor, kalsium, dan zat besi, dengan kandungan vitamin yang tidak berbeda jauh.
Baca juga  Info Terbaru Harga Atap Aluminium Sun Louvre (Berbagai Ukuran)

Dengan kandungan gizi yang cukup tinggi, tidak mengherankan jika kemudian telur bebek memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Telur ini dianggap sangat baik bagi kesehatan anak, bahkan bisa membuat perkasa di atas ranjang. Nah, berikut beberapa manfaat telur bebek yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Telur bebek
Telur bebek

Manfaat Telur Bebek

  • Telur bebek dikatakan mengandung lebih banyak asam Omega 3 yang penting untuk kesehatan otak andak. Selain itu, kandungan protein dalam telur bebek juga lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam.
  • Telur bebek mengandung setidaknya 480 IU vitamin A. Seperti diketahui, vitamin ini sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Dengan demikian, konsumsi satu telur bebek per hari dikatakan sudah dapat mencukupi 10 persen kebutuhan vitamin A tubuh.
  • Masih berhubungan dengan vitamin A. Tak hanya meningkatkan kesehatan mata, vitamin A juga baik untuk meningkatkan imunitas dan melawan radikal bebas. Kebutuhan vitamin A yang tercukupi dikatakan akan membantu tubuh untuk memerangi zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh, yang bisa melemahkan sistem imunitas tubuh.
  • Di dalam sebutir telur bebek diklaim terkandung vitamin E sebesar 3 persen dari kebutuhan vitamin E yang dianjurkan per harinya. Vitamin E yang tercukupi memastikan sistem metabolisme Anda berjalan dengan lancar. Metabolisme yang lancar akan membuat gizi terserap maksimal dan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.
  • Jika anda pernah minum STMJ (Susu Telur Madu Jahe), rata-rata menggunakan telur bebek, selain telur ayam kampung. Hal ini sudah teruji, campuran telur bebek yang ada akan menambah energi dan stamina tubuh karena telur bebek mengandung protein tinggi. Jika ingin menghindari bau amis, seduh telur dengan menambahkan sedikit perasan jeruk nipis.
  • Sumber kalori yang ada pada telur bebek mencapai 50 persen lebih tinggi dari telur ayam. Artinya, dalam porsi yang mirip, telur bebek mampu memberikan asupan kalori yang lebih tinggi dari telur ayam. Tingginya kalori akan membuat tubuh memiliki bahan bakar lebih banyak. Karena itu, konsumsi telur bebek sebaiknya dibarengi dengan aktivitas yang sepadan supaya kalori yang diperoleh bisa diolah secara maksimal.
  • Untuk Anda yang sedang rajin olahraga untuk membentuk tubuh, telur bebek adalah salah satu makanan yang wajib Anda konsumsi. Telur bebek kaya akan asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Peningkatan massa otot inilah yang sesungguhnya membentuk tubuh terlihat lebih padat dan kencang.
  • Pada pria, kandungan selenium yang ada pada telur bebek akan meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Sementara, pada wanita, vitamin E dan B12 dari telur bebek membantu menyeimbangkan hormon dan menyehatkan ovum. Karena itu, mengonsumsi telur bebek cocok untuk pasangan suami istri yang sedang berusaha memiliki keturunan.
  • Telur asin, olahan telur bebek paling populer, merupakan salah satu makanan yang memiliki kalori tinggi. Hanya telur bebek yang bisa dijadikan telur asin, karena pori-pori kulit telur bebek lebih mudah menyerap air dan garam. Selain itu, kandungan lemak yang lebih tinggi membuat telur bebek jika diasinkan akan memberikan citarasa yang lebih gurih dan creamy. Dengan bentuknya yang praktis, telur asin bisa menjadi perbekalan memadai untuk mereka yang suka berpetualang di alam bebas.
Baca juga  Info Terbaru Kisaran dan Rincian Biaya Hidup di Malang

Tidak susah mendapatkan telur bebek, karena makanan ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membeli telur bebek di berbagai toko, peternak langsung, bahkan situs jual beli online. Umumnya, telur bebek dijual per butir, namun ada juga yang menjualnya secara kiloan. Berikut kisaran harga telur bebek mentah di pasaran.

Ilustrasi: Perbedaan Telur Bebek dan Telur Ayam (credit: homesteading)
Ilustrasi: Perbedaan Telur Bebek dan Telur Ayam (credit: homesteading)

Harga Telur Bebek

Jumlah Telur Bebek Harga
Telur Bebek per Tingkat Peternak : Rp2.200
Tingkat Konsumen : Rp2.500 – Rp3.000
Telur Bebek Kiloan Rp30.000

Harga telur bebek di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Jika dibandingkan dengan tahun 2019 dan 2020, harga telur bebek tahun 2021 mengalami peningkatan, tetapi turun di tahun 2022. Sebagai contoh, telur bebek mentah tingkat peternak yang dibanderol Rp1.200 hingga Rp1.900 per di tahun 2019 dan 2020, naik menjadi Rp2.600 per butir di tahun 2021, tetapi turun menjadi Rp2.200 di tahun 2022.

Baca juga  Info Terbaru Harga Plywood 18mm di Pasaran

Biasanya, jarang pedagang yang menjual telur bebek secara kiloan. Umumnya, mereka menawarkan telur bebek per rak isi 30 dengan harga berkisar Rp65 ribu hingga Rp75 ribu tahun 2022, turun dari Rp90 ribu di tahun 2021. Di samping itu, ada juga yang menawarkan paket telur bebek 10 butir dengan harga mulai Rp26 ribu hingga Rp27 ribu di tahun 2022, turun dari Rp40 ribu di tahun 2021.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.