Update Harga Telur Angsa (Segar dan Busuk)

Masyarakat di Indonesia selama ini lebih umum mengonsumsi unggas seperti telur ayam, telur bebek, hingga telur puyuh dan telur angsa. Dibandingkan telur ayam, telur angsa memiliki ukuran yang lebih besar. Karena itu, telur angsa jarang dijual per kilogram (kg) seperti telur ayam, melainkan dijual per butir dengan harga yang tentunya jauh lebih mahal dibanding telur ayam.

Telur angsa lebih besar dari telur bebek (sumber: hobbyfarms.com)
angsa lebih besar dari telur bebek (sumber: hobbyfarms.com)

Warna kulit luar angsa putih, besarnya dua kali telur ayam dan rasanya sedikit berminyak (berlemak). Kulit luarnya lebih keras, aromanya kuat sehingga kurang cocok untuk dibuat cake. Seperti juga telur bebek, telur angsa biasanya ditelurkan di tempat yang kotor dan basah sehingga perlu dimatangkan lebih lama untuk membunuh bakteri yang ada.[1]

Bacaan Lainnya

angsa jarang diperjualbelikan karena kurang diternakkan dan juga kurang digemari masyarakat. Telur angsa yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah telur angsa China yang banyak tersebar di Asia.[2] Meski masih terasa asing di telinga sebagian orang, nyatanya angsa dikenal memiliki banyak manfaat, bahkan telur angsa yang kondisinya busuk sekalipun. Nilai gizi telur ini dapat ditentukan berdasarkan beratnya. Telur yang lebih besar diklaim memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Jika Anda penasaran, berikut kandungan nutrisi dan manfaat dari sebutir telur angsa.

Baca juga  Info Manfaat & Update Harga Pinang Merah

Kandungan Nutrisi Angsa

  • 266 kalori.
  • 20 gram protein.
  • 20 gram lemak.
  • 2 gram karbohidrat.
  • 227 mg kolesterol.

angsa mengandung banyak mineral dan vitamin penting. Produk ini kaya akan zat besi, fosfor, belerang, tembaga, vitamin B, dan vitamin K, A, D dan E. Berkat vitamin, telur angsa meningkatkan aktivitas otak dan menjaga tingkat hormon seks.

Manfaat Angsa

  • Meningkatkan daya tahan tubuh karena di dalamnya kaya akan kandungan vitamin B2 dan mineral lainnya.
  • Baik untuk gigi.
  • Baik untuk janin karena mengandung asam folat.
  • Mencegah sariawan.
  • Membantu membentuk dan meningkatkan massa otot.
  • Baik untuk perkembangan otak.
  • Membantu program hamil.
  • Sumber protein yang tinggi.
  • Mengandung zat besi dan kalium.
  • Cangkang telur dapat dijadikan bahan kerajinan tangan.

Selain untuk dikonsumsi, ada juga yang percaya bahwa telur angsa busuk menyimpan manfaat sebagai jimat penangkal santet, untuk ritual gaib, hingga digunakan sebagai pagar gaib. Meski demikian, terkait hal itu tentunya ke kepercayaan masing-masing. Adapun untuk telur angsa yang masih segar dan layak konsumsi, bisa diolah dengan cara direbus, digoreng, diorak-arik, atau diolah dengan cara lain sebagaimana telur ayam.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kertas Aluminium Foil (Berbagai Ukuran)
Memanen Telur Angsa untuk di Konsumsi - modernfarmer.com
Memanen Telur Angsa untuk di Konsumsi – modernfarmer.com

Telur angsa yang kulit cangkangnya keras ternyata memengaruhi daya tahannya. Telur angsa dengan cangkang berwarna putih rupanya lebih tahan lama dan dapat disimpan dalam lemari es dalam waktu sekitar 6 minggu. Setelah dibuka, rasio kuning telur angsa akan lebih banyak dari bagian putihnya.

Di pasaran Indonesia, telur angsa memang tergolong langka lantaran harganya yang jauh lebih mahal dari telur ayam, telur bebek, dan juga telur puyuh. Ketika Anda berjalan-jalan ke pasar tradisional pun, belum tentu ada pedagang yang menjual telur angsa. Rata-rata pedagang lebih memilih menjual telur yang memang banyak dicari seperti telur ayam, bebek, dan puyuh.

Namun, berkat kemajuan zaman rupanya telur angsa kini sudah banyak dijual di situs jual beli online walau jumlah pedagang yang menjualnya juga tergolong sedikit. Berikut informasi terbaru harga telur angsa di pasaran.

Harga Telur Angsa

Pilihan Telur Angsa Harga per Butir
Telur Angsa Segar Rp63.000
Telur Angsa Busuk/Gagal Menetas Rp40.000 – Rp95.400
Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Stetoskop Littmann

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga telur angsa saat ini di pasaran terpantau fluktuatif. Misalnya, harga telur angsa segar tercatat sedikit naik dari harga Rp50 ribu menjadi Rp63 ribu per butir. Berbeda dengan harga telur angsa busuk atau gagal pengeraman yang turun dari kisaran Rp45 ribu hingga Rp100 ribuan, sekarang dijual Rp40.000 sampai Rp95.400.

Harga telur angsa tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari telur angsa, Anda bisa mencarinya di pasar atau pedagang tertentu yang ada di kota tempat tinggal Anda. Jika kesulitan untuk mencarinya, Anda juga bisa mencari telur angsa secara online melalui sejumlah situs e-commerce.

[Update: Ditta]

[1] Wirakusumah, E. S. 2005. Menikmati Telur Bergizi, Lezat, dan Ekonomis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 23

[2] Ora, F. H. 2015. Buku Ajar Struktur & Komponen Telur. Yogyakarta: Deepublish, hlm. 38

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.