Update Harga Teh Tong Tji (All Varian dan Kemasan) di Indomaret & Alfamart

Teh Tong Tji merupakan salah satu brand teh yang cukup ternama di pasar domestik Tanah Air. Dijual dengan harga mulai Rp2 ribuan, teh ini tidak hanya bisa dinikmati di lingkup rumah tangga. Pasalnya, teh Tong Tji juga bisa dinikmati oleh pengunjung mall karena pabrikan sudah mendirikan Tong Tji House di berbagai pusat perbelanjaan di beberapa kota di Indonesia. Selain itu, teh Tong Tji juga mudah ditemukan di berbagai minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Teh
Teh

Sejarah Teh Tong Tji

Sejarah berdirinya teh Tong Tji dimulai sekitar tahun 1938 ketika Tan See Giam menciptakan resep pencampuran teh tradisional dengan menggunakan peralatan seperti kompor arang dan pot bambu. Berawal dari industri rumah tangga tersebut, Tong Tji berusaha menjadi merek global di industri teh dengan menghadirkan terbaik bagi para konsumen.

Bacaan Lainnya

Pada awal tahun 1990-an, Tong Tji meluncurkan teh celup jasmine yang pertama. Kini, perusahaan mengatakan bahwa produk teh tersebut menjadi yang terdepan untuk komoditas teh jasmine di berbagai pasar modern dan tradisional di Indonesia. Hal ini pun berimbas pada meningkatnya popularitas merek Tong Tji di pasar nasional.

Tong Tji sendiri bertujuan untuk membawa terbaik Tong Tji ke dalam kehidupan sehari-hari para konsumen baik itu di rumah, hotel-restoran-kafe, kantor, dan sampai ke berbagai lokasi publik di Indonesia. produk selalu menjadi prioritas perusahaan, yang terutama karena Tong Tji percaya pelanggan layak mendapatkan hanya yang terbaik.

Untuk lebih meyakinkan konsumen akan teh yang dihasilkan, Tong Tji telah menerima berbagai penghargaan sepanjang perjalanannya di market Tanah Air. Riset konsumen Nielsen pada Agustus 2010 lalu memberikan anugerah Superbrand Award sebagai merek terpercaya dan terbaik di kelasnya dalam kategori produk teh kepada Tong Tji. Kemudian, teh ini juga menerima Satria Brand Award sebagai merek terbaik untuk wilayah Jawa Tengah. Bahkan, Tong Tji juga mendapatkan penghargaan sebagai Gold Champion of Indonesia WOW Brand untuk kategori teh celup oleh MarkPlus, Inc.

Baca juga  Info Terbaru Harga Meteran Digital Krisbow dan Cara Menggunakannya

Produk Teh Tong Tji

Tong Tji memiliki berbagai variasi produk teh untuk mereka yang mengaku penggemar teh sejati, salah satunya teh celup jasmine Tong Tji yang merupakan produk teh dengan aroma teh jasmine asli. Perusahaan mengklaim bahwa teh jasmine buatan mereka tersebut sangat bagus untuk kesehatan, karena memiliki antioksidan yang tinggi. Teh jasmine Tong Tji disebutkan memiliki kandungan tanin yang tinggi yang memberikan kekuatan rasa yang berfungsi untuk kelembutan kulit dan polifenol untuk antioksidan. Selain itu, teh ini juga dibuat tanpa zat pewarna.

Teh Tong Tji (sumber: shopee)
Teh Tong Tji (sumber: shopee)

Selain produk jasmine tea, Tong Tji juga memiliki sederet varian teh celup lainnya seperti Fusin Tea yang memadukan rasa dari aneka buah-buahan, Tea, Teh Jeruk Purut, Teh Super yang dipadukan dari pucuk daun teh hijau dengan bunga melati, Teh Melati Premium, Teh Hitam Asli, Teh Hijau, dan Green Tea Jasmine. Tersedia pula Imperial Jasmine Tea yang disebut memiliki terbaik sehingga mampu menghadirkan aroma dan rasa nikmat teh yang khas bagi para pencinta teh dengan selera tinggi.

Manfaat Minum Teh

Teh adalah minuman segala musim dan suasana. Tak berlebihan jika kita menyebut teh sebagai minuman pengulurusia. Studi di Norwegia menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh minimal 1 cangkir per hari akan dapat menekan angka kematian. Hal ini juga telah dibuktikan sendiri pada masyarakat China yang memiliki usia lebih dari 100 tahun. Coba bandingkan dengan di Indonesia, usia 50 tahun meninggal adalah hal yang dianggap biasa, apalagi meninggalnya karena penyakit degeneratif. Teh merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit degeneratif yang sangat efektif. Untuk itu, konsumsilah teh agar terhindar dari penyakit ini.

Anda tidak perlu takut overdosis untuk meminum teh. Manfaat dalam teh disumbang oleh polyphenol sebanyak 40% dalam setiap pucuknya yang bermanfaat sebagai antioksidan guna mengurangi risiko terkena beberapa macam kanker, sistem pencernaan, paru-paru, prostat, payudara dan hati, serta mencegah katarak.

Memang tepat jika menjadikan minum teh sebagai tradisi dan menikmatinya dalam jumlah banyak karena tak menimbulkan keracunan dalam jangka panjang. Batas dosis mematikan polyphenol terhadap tikus 3-5 gram/kg berat badan. Dengan demikian, masih aman jika meminum 10 cangkir teh hijau setiap hari karena hanya sekitar 20 mg/kg berat badan.

Baca juga  Kandungan dan Update Harga Durex Play (Indomaret, Alfamart, Apotek)

Meski mengandung kafein – salah satu zat yang berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak –, namun jumlahnya juga tak berbahaya. Satu liter teh hanya mengandung 200 mg kafein, jauh di bawah standar berbahaya sebanyak 7.500 mg/hari. Bandingkan dengan 1/8 cangkir kopi yang mengandung 135 mg kafein.

Akan tetapi, seberapa banyak teh yang kita butuhkan? Jawabannya relatif, tergantung seberapa ingin Anda mendapat kebaikan dari teh. Kurang lebih 4-6 cangkir mampu menjaga kondisi kesehatan.[1]

Bisnis Tong Tji House

Ilustrasi: Salah Satu Outlet Tong Tji Tea House (credit: Tribunnews)
Ilustrasi: Salah Satu Outlet Tong Tji Tea House (credit: Tribunnews)

Selain melemparkan produk-produknya ke pasar tradisional, minimarket, hingga supermarket, Tong Tji juga menghadirkan sebuah kedai minum yang mereka beri nama Tong Tji House. Kedai minum teh ini kebanyakan didirikan Tong Tji di pusat-pusat perbelanjaan, mengingat pengunjung mall yang tidak pernah sepi setiap harinya.

Salah satu kedai Tong Tji House terletak di Menteng Huis. Berada di kawasan pusat perbelanjaan yang tidak terlalu ramai, menikmati teh di kedai ini akan terasa lebih nyaman bagi konsumen yang menyukai ketenangan. Dengan unsur kayu yang mendominasi kedai teh ini serta penataan yang apik, meski tidak terlalu luas, namun tempat ini cukup nyaman untuk minum teh sambil bertemu rekan sejawat.

Ada beberapa varian teh yang ditawarkan di Tong Tji House, di antaranya Traditional Java Tea dengan cara penyajian menggunakan satu set pot dan cangkir serta gula batu. Kemudian, ada juga Teh Uwuh, yang merupakan teh yang diseduh bersama rempah-rempah, seperti jahe, serai, laos, cengkeh, dan daun salam yang berguna untuk kesehatan.

Pada Mei 2017 lalu, Tong Tjie House resmi dibuka di Solo Grand Mall. Sama seperti gerai di mall-mall lainnya, Tong Tjie House di pusat perbelanjaan ini juga menyediakan aneka minuman dari olahan teh, di antaranya Jasmine Tea, Milk Tea, Choco Tea, hingga Pearl Milk Tea. Di samping itu, Tong Tji House Solo Grand Mall juga menyediakan Tea Fusion rasa buah dan camilan manis.

Menurut perusahaan, market yang dituju Tong Tji House ini adalah semua segmen, mulai anak muda hingga keluarga. Untuk kapasitas pengunjung, kedai teh ini mampu menampung hingga 60 orang pengunjung. Terletak di lantai 1 Solo Grand Mall, Tong Tji House beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Baca juga  Info Terupdate Biaya Grooming (Memandikan Kucing)

Setelah mengetahui berbagai varian teh Tong Tji, lalu berapa harga produk teh tersebut di pasaran? Berikut kami sajikan informasi terbaru perbandingan harga teh merek Tong Tji di Indomaret dan Alfamart pada 2021 dan 2022.

Harga Teh Tong Tji

Teh Tong Tji celup (sumber: bukalapak)
Teh Tong Tji celup (sumber: bukalapak)
Varian Teh Tong Tji Harga Sebelumnya (Rp) Harga Sekarang (Rp)
Teh Jasmine Celup Tong Tji Dus isi 25 kantong Eceran : 7.900 – 12.500 Eceran : 10.500
Karton : 473.800 (40 dus) Karton : 473.800 (40 dus)
Teh Jasmine Celup Tong Tji Sachet Eceran : 1.850 Eceran : 2.000
Renceng : 18.500 (10 sachet) Renceng : 20.000 (10 sachet)
Karton : 265.306 (200 pcs) Karton : 265.306 (200 pcs)
Teh Jasmine Tong Tji Bubuk Premium 50 gram Mulai 4.500 Mulai 4.500
Black Tea Tong Tji (Celup) Mulai 6.500 Mulai 6.825
Teh Tubruk Tong Tji 80 gram Mulai 6.149 Mulai 6.300
Teh Jeruk Purut Tong Tji 40 gram Mulai 12.800 Mulai 13.800
Green Tea Jasmine Tong Tji isi 15 Mulai 21.000 Mulai 21.000
Tea Tong Tji 1 pack isi 30 gram Mulai 20.500 Mulai 21.500
Teh Aneka Buah Tong Tji Mulai 26.500 Mulai 26.500
Teh Jasmine Tong Tji Bubuk Premium 250 gram Mulai 22.100 Mulai 20.700
Green Tea Tong Tji 50 gram Mulai 18.180 Mulai 21.200
Imperial Jasmine Tea Tong Tji Mulai 49.000 Mulai 53.000
Tong Tji Teh Bubuk Premium 10×9 gr 9.700
Tong Tji Teh Super Extra Harum 80 g 8.200

Sebagai perbandingan, tahun 2020 lalu harga teh Tong Tji berkisar mulai Rp2.400 sampai Rp263 ribu. Daftar harga tersebut kami rangkum dari beberapa situs jual beli online dan karenanya bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Namun, informasi di atas dapat Anda jadikan referensi sebelum membeli teh Tong Tji favorit Anda.

[Update: Dian]

[1]Rossi, A. 2010. 1001 Teh – Dari Asal Usul, Tradisi, Khasiat Hingga Racikan Teh. Maria AS, editor. Yogyakarta: Andi, hlm 134.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar