Harga Teh Hijau Kepala Jenggot (Semua Kemasan)

hijau telah lama dikenal sebagai salah satu bahan yang cocok untuk program diet. Pasalnya, ini diklaim bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Di sendiri, sudah ada banyak merk teh hijau yang dapat Anda konsumsi untuk diet, salah satunya Teh Hijau Cap Kepala Jenggot. Bisa diperoleh di berbagai toko hingga situs jual beli online, harga produk ini ternyata relatif terjangkau.

Ilustrasi: minuman teh hijau

Ilustrasi: minuman teh hijau

Apa Itu Teh Hijau?

Selain kopi, teh merupakan salah satu minuman yang sangat populer di dunia. Seperti namanya, minuman ini dibuat dari pucuk daun muda tanaman teh (Camellia sinensis). Berdasarkan proses pengolahannya, minuman teh ini setidaknya dapat dibedakan menjadi tiga , yakni teh hijau, teh oolong, dan juga teh hitam.

Khusus untuk teh hijau, dibuat dengan cara menginaktivasi enzim oksidase atau fenolase yang ada dalam pucuk segar, yakni dengan cara pemanasan atau penguapan memakai uap panas.[1] Hal ini bertujuan mencegah oksidasi enzimatik terhadap katekin dalam daun teh. Sementara, teh hitam dibuat dengan cara memanfaatkan terjadinya oksidasi enzimatis terhadap kandungan teh, sedangkan teh oolong dihasilkan melalui proses pemanasan yang dilakukan segera setelah proses penggulungan daun teh untuk menghentikan proses fermentasi.

Kandungan Teh Hijau

Seperti teh pada umumnya, kandungan utama yang terdapat pada teh hijau adalah polifenol katekin, yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG), epigallocatechin (EGC), epicatechin-3-gallate (ECG), dan epicatechin (EC). EGCG merupakan yang terbanyak, yakni 50 sampai 80 persen dari jumlah total katekin. Selain itu, teh hijau juga mengandung kafein, vitamin K, leucoanthocyanin dan saponin, sedikit theobromine dan theophylline, 6 persen protein, 8 persen asam amino, asam nukleat, serta sejumlah kecil mineral, fluoride, dan pheophytin a dan b.[2]

Dikutip dari Alodokter.com, salah satu teh hijau yang baik untuk tubuh berasal dari kandungan antioksidan (polifenol) yang tinggi. Antioksidan sendiri memiliki kegunaan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Seperti diketahui, radikal bebas berlebih dapat merusak sel-sel tubuh, sehingga bisa menyebabkan penuaan dini dan menimbulkan penyakit, seperti kanker. teh hijau lainnya adalah dari senyawa katekin yang terkandung di dalamnya. Senyawa katekin pada teh hijau memiliki dampak yang baik dalam menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh.

Baca juga  Info Terkini Harga Rel Pintu Geser (Sliding Door)

Manfaat Teh Hijau

Teh hijau

Teh hijau

  • Masih menurut referensi yang sama, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa teh hijau baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mampu menaikkan kadar kolesterol baik. Hasil dari studi lain menyatakan bahwa polifenol dalam teh hijau kemungkinan mampu menghalangi kolesterol diserap usus sekaligus membantu menyingkirkannya. Beberapa riset lain menyimpulkan bahwa antioksidan di dalam teh hijau memiliki kemungkinan efektif untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, khususnya pada penyakit arteri koroner.
  • Berbicara tentang antioksidan, penambahan teh hijau pada minuman fungsional susu kedelai dan madu diklaim dapat menurunkan aktivitas antioksidan dan menaikkan kadar protein secara bermakna.[3] Seperti diketahui, selain antioksidan, protein juga dapat berperan penting dalam mencegah penyakit jantung koroner akibat kadar kolesterol yang tinggi.
  • Teh hijau sering dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan diet karena memang terbukti dapat menurunkan berat badan. Sebuah studi pada pria muda yang berbadan sehat yang diberi ekstrak teh hijau, memperoleh kesimpulan bahwa ada peninggian pengeluaran energi selama 24 jam karena EGCG menstimulasi termogenesis dan oksidasi lemak, yang berimplikasi terhadap penurunan berat badan.[4]
  • Polifenol memiliki peran dalam membantu membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhan kanker. Pada percobaan di laboratorium dan pada binatang, kandungan polifenol dalam teh hijau terbukti mampu mengurangi pertumbuhan tumor. Bagi kaum Hawa, mengonsumsi teh hijau secara rutin kemungkinan mampu menurunkan risiko terkena kanker ovarium dan kanker endometrium. Sayangnya, masih diperlukan studi lebih lanjut dan menyeluruh mengenai efek teh hijau pada kanker.
  • Teh hijau juga terpantau memiliki pengaruh yang baik terhadap penyakit diabetes. Riset menunjukkan bahwa manfaat teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin serta membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.
  • Suatu studi menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi teh hijau, terlihat memiliki kadar tekanan darah yang lebih rendah dan terkontrol dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi teh hijau. Meski demikian, hasil penelitian ini masih perlu dipastikan dengan penelitian lebih lanjut.
Baca juga  Update Harga Alat Lem Tembak dan Isinya (All Merk)

Review dan Kelebihan Teh Hijau Kepala Jenggot

Mencari teh hijau saat ini sangat mudah karena sudah ada banyak merk yang tersebar di berbagai toko. Nah, salah satu yang bisa dikatakan cukup populer adalah Teh Hijau Kepala Jenggot (nama resminya Teh Hijau Kepala Djenggot). Dikutip dari situs resmi Gunung Subur Sejahtera selaku produsen, teh ini dikatakan sebagai teh hijau berkualitas premium yang berasal dari dataran tinggi serta melalui proses produksi yang aman dan berstandar Internasional. Teh Hijau Kepala Djenggot memiliki khasiat tinggi yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan.

Masih menurut keterangan perusahaan, Teh Hijau Kepala Djenggot memiliki segudang manfaat, salah satunya kaya antioksidan yang dikatakan dapat memperlancar pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Teh ini juga mengandung tanin yang dapat membantu produksi antibodi dan respon kekebalan tubuh terhadap infeksi, kafein yang bisa menstimulasi metabolisme dan membantu oksidasi lemak, serta kaya vitamin dan mineral, termasuk vitamin C setara lemon dan vitamin B.

Di pasaran dalam negeri, Teh Hijau Kepala Jenggot sudah hadir dalam beberapa macam kemasan. Anda bisa membeli Teh Hijau Super 150 gr, Teh Hijau Premium 60 gr, Teh Hijau family Size, Teh Hijau Polygon 50 gr, Teh Hijau Melati Polygon 100 gr, Teh Hijau Toples, atau Teh Hijau Ekonomis. Harga yang dipatok bervariasi, tetapi umumnya relatif terjangkau.

Harga Teh Hijau Kepala Jenggot

Teh hijau Kepala Djenggot (sumber: lazada)

Teh hijau Kepala Djenggot (sumber: lazada)

Kemasan Teh Hijau Kepala JenggotHarga
Teh Hijau Kepala Jenggot Ekonomis 50 grRp6.000
Teh Hijau Kepala Jenggot Melati 50 grRp7.000
Teh Hijau Kepala Jenggot Ekonomis 50 gr TwinpackRp11.800
Teh Hijau Kepala Jenggot Family Size 100 grRp17.100
Teh Hijau Kepala Jenggot Ekonomis 50 gr TriplepackRp17.500
Teh Hijau Kepala Jenggot Melati 100 grRp18.600
Teh Hijau Kepala Jenggot Premium 60 grRp20.000
Teh Hijau Kepala Jenggot 10 x 40 grRp27.900
Teh Hijau Kepala Jenggot Toples 150 grRp34.000
Teh Hijau Kepala Jenggot Ekonomis 50 gr MultipackRp34.600
Teh Hijau Kepala Jenggot Super 150 grRp46.800
Baca juga  Update Terkini Daftar Harga Minyak Urang Aring di Pasaran

Harga Teh Hijau Kepala Jenggot di atas kami rangkum dari toko resmi Kepala Djenggot di salah satu platform jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga produk tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga Teh Hijau Kepala Jenggot bisa berbeda-beda di masing-masing toko walaupun produk yang ditawarkan sama.

Walau memiliki banyak manfaat, ternyata kita tidak boleh sembarangan ketika mengonsumsi teh hijau. Saat menyeduh teh, disarankan mendiamkan air panas terlebih dahulu kurang lebih 10 menit, lalu tuang ke dalam teko berisi teh dan seduh selama sekitar satu menit. Untuk memperoleh manfaat terbaik, disarankan minum teh sebanyak dua sampai tiga cangkir pada pagi dan sore hari.

[1] Dewi, Kartika. 2008. Pengaruh Ekstrak Teh Hijau (Camellia Sinensis var. Assamica) terhadap Penurunan Berat Badan, Kadar Trigliserida dan Kolesterol Total pada Tikus Jantan Galur Wistar. Jurnal Kedokteran Maranatha, Vol. 7(2): 1-11.

[2] Ibid.

[3] Cahyani, Dian Isti dan Ninik Rustanti. 2015. Pengaruh Penambahan Teh Hijau terhadap Aktivitas Antioksidan dan Kadar Protein Minuman Fungsional Susu Kedelai dan Madu. Journal of Nutrition College, Vol. 4(2): 349-399.

[4] Dullo, A. G., dkk. 1999. Efficacy of a green tea extract rich in catechin polyphenols and caffeine in increasing 24-h energy expenditure and fat oxidation in humans. American Journals of Clinical Nutrition, Vol. 70(6): 1040-1045.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Teh Hijau Kepala Jenggot (Semua Kemasan)"