Keunggulan dan Update Harga Teh Gopek (Semua Varian)

Ada banyak merek siap seduh dan celup yang telah beredar di pasaran dan salah satu yang cukup populer di Indonesia adalah Teh Gopek. Produk tersebut memiliki dua varian teh, yakni teh tubruk dan teh celup yang sekarang dijual dalam kemasan kertas dan kotak dengan harga relatif terjangkau.

Bacaan Lainnya
Hidangan Minuman Teh - www.healthline.com
Hidangan Minuman Teh – www.healthline.com

Teh Gopek diproduksi oleh PT Teh Gopek Cipta Utama yang merupakan salah satu di bidang produksi teh wangi.[1] Industri ini didirikan di Slawi, Tegal, sekitar tahun 1942 di masa penjajahan Jepang. Meskipun bukan termasuk produk baru, teh ini cukup diminati masyarakat, karena rasanya yang khas dan terbilang legendaris.

Keunggulan Teh Gopek

Menurut review konsumen, selain rasanya yang khas dan tidak pahit atau terlalu asam, teh ini beraroma wangi dan legit. Berbeda dengan kebanyakan teh pada umumnya yang wangi daun teh saja, produk ini juga beraroma floral dari bunga melati yang disangrai. Selain itu, teh ini memiliki warna yang pigmented dan cukup pekat, sehingga Anda tidak perlu boros memakai produk.

Keunggulan lain produk Teh Gopek terletak pada bahan yang dipakai. Daun teh dan bunga melati yang dipakai diklaim berkualitas baik. Semua bahan akan disortir terlebih dahulu sebelum diolah. Daun teh yang digunakan adalah pucuknya dan tidak memakai daun teh tua atau kering di pohon. Sementara itu, bunga jasmine yang digunakan adalah bunga yang masih kuncup dan masih segar.

Semua produk dari PT Teh Gopek Cipta Utama juga sudah bersertifikasi halal dan memiliki nomor BPOM secara resmi. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dengan komposisi produk. Teh siap seduh ini juga diklaim tidak mengandung bahan kimia seperti pengawet dan terbuat dari 100% bahan alami.

Varian Teh Gopek

Produk ini dipasarkan dalam dua jenis, yakni teh tubruk dan teh celup. Teh Gopek Tubruk adalah teh siap seduh yang berbahan dasar daun teh kering dan bunga melati. Produk ini hadir dalam banyak varian, mulai dari teh hijau, teh merah, dan teh hitam. Anda bisa memilih jenisnya sesuai dengan selera.

Cara Penyajian Teh Gopek

Cara menyeduh Teh Gopek tubruk tidaklah sulit, karena Anda hanya memerlukan saringan teh, , sendok, air panas 250 ml, dan Teh Gopek Tubruk. Masukkan sekitar 1 sendok teh daun Teh Gopek Kering ke dalam saringan teh dan tuang air panas di atas saringan secara perlahan. Teh yang sudah diseduh sekaligus disaring ini bisa langsung diminum selagi hangat. Supaya rasanya lebih nikmat, sejumlah orang menambahkan 2 sendok teh gula atau madu ke dalam minuman ini.

Teh tubruk seperti ini juga bisa dinikmati dalam keadaan dingin. Anda hanya perlu membiarkan suhu teh yang sudah diseduh turun dan menambahkan es batu. Selain itu, beberapa orang suka menambah kental manis dan susu untuk menjadikannya teh susu. Anda pun bisa mencampur sedikit air perasan jeruk lemon untuk membuat lemon tea.

Jika Anda merasa teh tubruk kurang praktis, Anda bisa memilih teh celup atau teh kantong. Teh seperti ini terbilang lebih praktis, karena Anda tidak membutuhkan saringan untuk menyaring daun teh kering. Anda hanya perlu mencelupkan teh ke dalam air panas dan membiarkannya hingga air berubah warna. Setelah itu, tuang teh ke dalam gelas dan sajikan.

Teh Gopek (sumber: blibli)

Mengenai harganya, pada 2021, Teh Gopek Slawi Tegal 40 gr isi 50 pcs dijual Rp37 ribu dan harga Teh Gopek Slawi Merah 40 gr Rp3.500 per bungkus. Kemudian pada 2022 lalu, harga Teh Gopek Slawi Tegal 40 gr isi 50 pcs naik menjadi Rp45 ribu dan harga Teh Gopek Slawi Merah 40 gr menjadi Rp3.400 per bungkus. Berikut perbandingan harga Teh Gopek yang berlaku antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Harga Teh Gopek

Varian Teh Gopek Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Teh Gopek Slawi Super GSL Kantong 1 pcs Rp800 Rp800
Teh Gopek Slawi Merah 40 gr Rp3.400 Rp3.500
Teh Gopek Slawi Hijau Melati 40 gr Rp4.000 Rp4.200
Teh Gopek Slawi Merah 8 gr Rp7.500 Rp8.000
Teh Gopek Slawi Super Premium Rp8.500 Rp8.500
Teh Gopek Slawi Super Hijau 9 gr kantong Rp8.600 Rp10.000
Teh Gopek Slawi Super Spesial Jasmine Khas Rp10.000 Rp10.000
Teh Gopek Slawi Super 250 gr Rp26.000 Rp31.000
Teh Gopek Slawi Super Kuning 1 slop Rp35.000 Rp39.000
Teh Gopek Slawi Tegal 40 gr isi 50 pcs Rp45.000 Rp45.000
Teh Gopek Slawi 40 gr isi 50 pcs Rp172.000 Rp238.000

Informasi harga Teh Gopek di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Berdasarkan tabel tersebut, harga Teh Gopek di pasaran saat ini cenderung naik. Harga teh siap seduh ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko grosir terdekat.

Sayangnya, produk Teh Gopek tidak tersedia di minimarket, tetapi Anda masih dapat membeli merk lainnya. Di Indomaret misalnya, tersedia teh bubuk Tong Tji Super kemasan 250 gram yang dijual dengan harga mulai Rp24.500 dan Indomaret Teh Hitam Celup 25 x 2 gram seharga Rp6.300 per box.

[Update: Ditta]

[1] Ansori, M. S Anhar. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Konsumen Membeli Teh Gopek Pojok FISIP (Skripsi). Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Administrasi Bisnis.

Pos terkait