Info Terbaru Harga Teh Celup Sosro 

No comment7360 views

Hampir sama dengan penduduk Jepang yang dikenal dengan budaya tehnya, mayoritas orang Indonesia juga suka minum teh. Aktivitas minum teh (biasa disebut dengan 'ngeteh’) menjadi pilihan banyak orang saat bersantai atau selepas bekerja. Ketika ada tamu datang ke rumah, teh juga menjadi minuman yang paling lazim disajikan. Saat cuaca panas ataupun turun hujan, teh pun banyak dicari. Apalagi jika sedang flu dan badan menggigil, ngeteh jadi salah satu hal yang wajib dilakukan.

Ilustrasi: Meminum Teh (credit: wellandgood)

Ilustrasi: Meminum Teh (credit: wellandgood)

Di pasaran domestik, ada beragam merek teh yang bisa dipilih, salah satunya adalah Teh Sosro. Teh Botol Sosro merupakan merek teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT Sinar Sosro. Teh ini tidak hanya populer di Indonesia, karena kini juga dijual di berbagai negara. Menurut hasil majalah SWA, Teh Botol Sosro bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia daripada jenis produk minuman bersoda.

Teh Botol Sosro dipasarkan pertama kali pada tahun 1940 dalam bentuk kemasan teh kering siap saji dengan merek Teh Cap Botol. Generasi pertama Sosrodjojo ini memulai bisnisnya dari usaha teh wangi berskala industri di Slawi, Jawa Tengah. Produk teh wangi buatan Sosrodjojo merupakan racikan antara teh hijau dan melati.

Mudah diucapkan dan diingat menjadi kunci sukses merek Teh Botol. Di dalam buku bertajuk ‘ Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya’ karya AB Susanto dan Himawan Wijanarko, merek ‘Botol’ dipilih karena pasti sudah dimengerti semua kalangan sehingga tidak akan membingungkan pembeli. Makna botol hanya satu dan setiap keluarga pasti memiliki botol di rumahnya.

Kata ‘Botol’ juga dianggap mudah diingat konsumen yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga. Agar lebih gampang diingat, Sosrodjojo memasang pula gambar botol pada kemasan Teh Botol. Strategi ini juga memudahkan pembeli yang tidak bisa membaca agar mudah mengenali merek Teh Botol.

Pada tahun 1969, teh ini mulai dijual dalam kemasan botol dan merupakan produk teh pertama yang dijual dalam botol di Indonesia dan di dunia. Bentuk botol yang dikenal saat ini mulai digunakan pada tahun 1974. Dalam waktu setahun, Teh Botol langsung mendominasi pasar teh Slawi, Tegal, Jatibarang dan Brebes. Selain memiliki merek yang kuat, Sosrodjojo juga amat menjaga kualitas minuman yang diproduksinya.

Hingga saat ini, Teh Botol Sosro merupakan produk dari Sinar Sosro yang paling laris di sebagian besar kota di Indonesia, salah satunya di Makassar. Bahkan di kota tersebut, dikatakan penjualan Teh Botol Sosro ini berkontribusi sekitar 60 persen.

Untuk memenuhi kebutuhan pecintanya di manapun berada, Teh Botol Sosro dengan inovasinya sampai dengan tahun 2015 ini telah memiliki banyak pilihan kemasan produk, salah satunya adalah Teh Celup Sosro yang dijual dengan harga bervariasi. Berikut daftar harga Teh Celup Sosro yang ada di pasaran.

Teh celup Sosro (sumber: foap.com)

Teh celup Sosro (sumber: foap.com)

Harga Teh Celup Sosro

Varian Teh Celup SosroHarga
Teh Celup Sosro isi 15Rp3.000
Teh Celup Sosro Kotak Merah isi 15 per Karton (100 dus)Rp219.000
Teh Celup Sosro Kotak Merah isi 30Rp6.500
Teh Celup Sosro Kotak Merah isi 30 per karton (100 kardus)Rp485.000
Teh Celup Sosro Sachet per Pak isi 24 Rp19.800
Teh Celup Sosro Sachet per Karton (10 pack)Rp178.500

Pada tahun sebelumnya, Teh Celup Sosro Kotak Merah isi 15 dijual dengan harga Rp4.500 dan kini turun menjadi Rp3.000. Sementara itu, harga Teh Celup Sosro Kotak Merah isi 15 per karton (100 dus) saat ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni Rp219.000.

Apakah Teh Celup Berbahaya?

Ilustrasi: Wanita Memegang Gelas Teh Celup (credit: countryliving)

Ilustrasi: Wanita Memegang Gelas Teh Celup (credit: countryliving)

Dikutip dari laman Indonesia Investment, penduduk Indonesia mengonsumsi rata-rata 0,32 kilogram teh per orang setiap hari. Statistik ini menjadi bukti bahwa orang Indonesia memang suka ngeteh di setiap kesempatan. Kebiasaan minum teh orang Indonesia pun turut membuat negara ini memproduksi teh dalam jumlah besar, dan bahkan tercatat sebagai salah satu negara produsen teh terbesar. Pada tahun 2014 lalu saja, Indonesia berhasil menempati posisi ketujuh di dunia sebagai produsen teh terbesar. Provinsi-provinsi yang memproduksi teh paling banyak adalah Jawa Barat (menyumbang sekitar 70% dari produksi teh nasional), Jawa Tengah, dan Sumatera Utara.

Seiring perkembangan zaman, penyajian teh menjadi lebih mudah karena kini ada pilihan teh celup yang jauh lebih praktis dibandingkan teh tubruk. Dengan kemasan yang simpel, teh celup pun menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Namun belakangan ini, ada banyak pertanyaan yang muncul di antaranya kantong teh celup berbahaya bagi kesehatan. Kantong putih yang dipakai untuk membungkus teh celup diyakini memiliki senyawa yang disebut epiklorohidrin. Sifat senyawa ini menjadi karsinogenik ketika berada di dalam tubuh. Dengan kata lain, ada kemungkinan teh celup meningkatkan risiko kanker. Semakin lama kantong kantong direndam dalam air panas, semakin berbahaya. Benarkah demikian?

Dikutip dari laman Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kantong teh celup sudah didesain agar tidak meleleh pada suhu titik didih air sehingga kantong teh celup tidak terbuka saat diseduh dengan air panas. BPOM juga menjamin bahwa industri kertas untuk kemasan pangan sudah tidak menggunakan senyawa klorin sebagai pemutih. Sebab, hal ini merupakan syarat yang wajib ditaati oleh produsen pada saat mengajukan permohonan penilaian keamanan produk. BPOM mengklaim bahwa kantong teh celup yang merek dagangnya sudah terdaftar, aman untuk digunakan dalam konsumsi.

Meski demikian, tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati dalam mengonsumsi teh celup karena sejumlah penelitian yang menguatkan adanya relasi antara munculnya zat karsinogen ketika terkena air panas. Dikutip dari laman doktersehat.com, kantong teh kertas tersebut juga memiliki senyawa yang disebut sebagai epichlorohydrin yang banyak dipakai dalam produksi resin epoxy dan juga pestisida.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Harga Durex Play di Indomaret dan Alfamart (50 ml & 100 ml)
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Terbaru Harga Teh Celup Sosro "