Harga Tebu Segar per Kg (Merah, Hijau, Hitam)

Siapa pun pasti sudah sangat familiar dengan tebu. Ini adalah salah satu tanaman yang kerap dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat gula. Selain diolah menjadi gula, ternyata tebu yang masih dalam batangan dapat pula digunakan untuk membuat secangkir tebu yang segar. Apabila Anda juga ingin membuat es tebu tersebut, Anda dapat membeli batang tebu terlebih dahulu yang biasanya dijual per kg dengan harga terjangkau.

Tebu segar (sumber: vagusnet.com)
Tebu segar (sumber: vagusnet.com)

Seperti disampaikan di atas, tebu (Saccharum officinarum L.) merupakan komoditas penting bahan utama pembuatan gula.[1] Untuk pembuatan gula, seperti dilansir dari Wikipedia, batang tebu yang sudah dipanen diperas dengan mesin pemeras (mesin press) di pabrik gula. Sesudah itu, nira atau air perasan tebu tersebut disaring, dimasak, dan diputihkan sehingga menjadi gula pasir yang kita kenal. Dari proses pembuatan tebu tersebut akan dihasilkan gula sebanyak 5%, ampas tebu sebesar 90%, dan sisanya berupa tetes (molase) dan air.

Bacaan Lainnya

Tanaman tebu memiliki kemampuan pertumbuhan untuk menghasilkan anakan dalam satu rumpun. Pertunasan anakan dianggap terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman karena pada stadium ini, akan menghasilkan bobot tebu yang baik.[2] Batang tebu terdiri dari ruas-ruas yang dibatasi buku-buku. Pada bagian batang tebu, hampir 80% karbohidrat dalam cairan nira hasil dari asimilasi fotosintesis ditimbun.[3]

Baca juga  Info Harga Cengkeh Tahun 2022

Nah, selain sebagai bahan baku gula, tebu ternyata juga dapat langsung Anda konsumsi. Anda dapat mengambil air tebu yang punya rasa yang manis. Biasanya dijual di pinggir dalam es, dalam 100 gram air tebu, seperti dilansir dari Liputan6, mengandung 269 kalori, 58 mg natrium, 63 mg kalium, 73 gram karbohidrat, 1% kalsium, 19% zat besi, serta 2% magnesium.

Selain kaya nutrisi, ternyata air tebu juga diklaim mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan. Air tebu dikatakan dapat dijadikan minuman antiaging lantaran mengandung flavonoid dan senyawa fenolik. Selain itu, air tebu juga dikatakan dapat meredakan stres dengan menyeimbangkan kadar hormon tubuh, mencegah kerusakan pada gigi dan menyingkirkan bau mulut, membantu menjaga fungsi ginjal, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan energi tubuh.

Resep Tebu Segar

  • Apabila Anda tertarik dengan kesegaran dan manfaat air tebu, Anda dapat mengolahnya menjadi air tebu. Caranya cukup mudah. Anda perlu menyiapkan 1 kg tebu segar berkualitas baik, es batu yang telah dihancurkan secukupnya, air secukupnya, dan sirup.
  • Setelah semua bahan terkumpul, Anda dapat memotong-motong tebu, kemudian mengupas kulit tebu dan membersihkannya.
  • Jika tebu sudah bersih, Anda bisa menggunakan mesin peras tebu untuk mengambil sari airnya. Agar tidak terbawa tebu berukuran kecil-kecil atau ampas, saring hasil air perasan dari tebu .
  • Campur air tebu dengan air putih dan juga sirup vanili secukupnya.
  • Kemudian, tuangkan ke dalam gelas yang telah diisi dengan tambahan batu yang telah dihancurkan.
  • Minuman tebu segar manis siap untuk dinikmati.
Baca juga  Manfaat dan Update Harga Ginseng Jawa Berbagai Kemasan

Untuk bisa membuat tebu tersebut, tentunya Anda perlu memiliki batang tebu segar terlebih dahulu. Untung saja, saat ini tidak sulit menemukan batang tebu segar karena sudah dijual bebas di pasaran. Bahkan, Anda bisa membelinya melalui berbagai situs e-commerce. Sebagai referensi, berikut kisaran harga tebu segar per kg saat ini.

Tebu segar (sumber: lintasusaha.com)
Tebu segar (sumber: lintasusaha.com)

Harga Tebu Segar 1 Kg

Varian Tebu Harga
Tebu Merah Segar Rp15.200 per kg
Tebu Hijau Segar Rp28.000 – Rp42.000 per kg
Tebu Hitam Segar Rp35.000 – Rp59.947 per kg

Selain dijual per kg, banyak juga pedagang yang menawarkan tebu per ikat atau per batang. Harganya bervariasi, tergantung varian tebu dan jumlah yang dijual. Biasanya, dalam satu ikat, terdiri dari minimal empat batang tebu hingga puluhan tebu. Sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi kisaran harga tebu di pasaran.

Harga Tebu

Paket Tebu Harga
Tebu Hijau  3 Batang Rp25.670
Tebu Hitam 5 Batang Rp58.948
Tebu Hitam 6 Batang Rp79.500
Tebu Hitam 10 Batang Rp100.000
Baca juga  Info Terbaru Harga dan Cara Menanam Aglonema Golden Hope

Informasi harga tebu segar maupun batang tebu di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa tebu tersebut tidak mengikat, bisa berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda di masing-masing penjual. Tebu hijau segar misalnya, saat ini juga ada yang menjualnya dengan harga Rp24 ribuan per kg.

[1] Yulianingtyas, Amalia Pangestu, Husni Thamrin Sebayang, Setyono Yudo Tyasmoro. 2015. Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Ukuran Bibit pada Pertumbuhan Pembibitan Tebu (Saccharum officinarum L.). Jurnal Produksi Tanaman, Vol. 3(5): 362-369.

[2] Kuntohartono, T. 1999. Stadium Pertumbuhan Batang Tebu. Pasuruan: Majalah P3GI.

[3] Yulianingtyas, Amalia Pangestu, Husni Thamrin Sebayang, Setyono Yudo Tyasmoro.Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *