Update Harga Tanaman Monstera (Semua Varian)

Banyak kolektor tanaman hias di Indonesia yang mencari tumbuhan dengan struktur unik, seperti monstera atau biasa disebut dengan janda bolong. Hal ini tidak sedikit orang yang berlomba-lomba membudidayakan tanaman tersebut untuk dijual dengan harga yang tidak bisa dibilang murah.

Monstera/janda bolong (sumber: dekoruma.com)
Monstera/janda bolong (sumber: dekoruma.com)

Secara ilmiah, monstera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki banyak varian dan berasal dari hutan tropis, seperti Meksiko dan beberapa negara lain di Amerika Selatan.[1] Karena berasal dari daratan tropis, tak heran tanaman tersebut mampu hidup dan tumbuh dengan baik di Tanah Air.

Bacaan Lainnya

Tanaman Monstera

Ciri khas tumbuhan monstera adalah bentuk daun yang berlubang, yang tidak sama dengan daun yang berlubang karena hama atau sengaja dilubangi. Secara alami, di bagian tengah daun, terdapat pola yang berlubang dengan pinggir lubang yang agak tebal, sehingga daun tidak mudah sobek meskipun memiliki lubang besar di tengahnya.

Lubang-lubang besar yang ada di daunnya, tanaman tersebut terlihat seperti monster yang berwarna hijau, dan inilah alasan mengapa tumbuhan disebut dengan monstera. Sementara, penamaan tanaman janda bolong pada tumbuhan ini karena banyaknya lubang yang ada pada daun.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pisang Uli per Sisir dan per Tandan

Keunikan tanaman monstera tidak hanya terletak pada daunnya, tetapi juga struktur tumbuhannya. Tanaman monstera memiliki rumpun dengan batang daun yang tebal dan berwarna hijau tua hingga hijau kecokelatan. Meskipun batangnya tidak berkayu, tanaman ini tidak mudah roboh atau rusak terkena angin. Ini karena batang mampu menyangga daun monstera yang menggantung.

Pada bagian pangkal atau ujung batang tanaman, juga dilengkapi dengan batang atau selaput yang batang tidak mudah patah atau rusak. Selain itu, tanaman tersebut memiliki akar yang kuat dan tumbuh hingga ke dalam tanah. Semakin tua tanaman monstera, maka akar dan batangnya akan semakin kokoh untuk menopang banyak daun.

Struktur tanaman yang kokoh Anda tidak perlu kerepotan untuk menjaga tanaman agar tetap awet dan tidak mudah mati. Untuk merawat tanaman monstera, Anda hanya perlu memperhatikan kelembapan tanah, pH tanah, kadar hara tanah, dan kebersihan tanaman.

Ilustrasi: merawat tanaman monstera (sumber: cnn indonesia)
Ilustrasi: merawat tanaman monstera (sumber: cnn indonesia)

Cara Merawat Monstera

Agar media tanam pada pot monstera Anda selalu lembap, Anda bisa memperkirakan jadwal penyiraman yang tepat sesuai dengan kelembapan tanah. Siram media tanam secukupnya dan jangan sampai menggenang. Memberi air terlalu banyak pada media tanam dapat mengakibatkan busuk akar, sehingga tanaman monstera mudah mati atau terkena penyakit.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Bunga Sedap Malam (1 Tangkai & 1 Kilo)

Pemupukan lanjutan bisa Anda berikan setiap 2 minggu sekali sambil melakukan pembersihan media tanam serta penambahan tanah. Ini harus dilakukan secara rutin agar tanaman Anda tumbuh subur dan tidak mudah mati. Untuk jenis pupuk yang dipakai, sebaiknya Anda memakai pupuk kompos atau kandang yang tidak akan mengubah struktur atau tekstur tanah.

Setiap hari, Anda juga perlu memperhatikan tanaman agar tetap indah dan cantik. Anda bisa mengoleskan cream pengkilap daun pada daun monstera atau membersihkan daunnya dengan cara mengelapnya menggunakan kain bersih. Selain memperindah daun monstera, cara ini terbilang ampuh mencegah hama tanaman seperti ulat, belalang, dan kepik pemakan daun.

Selain itu, peletakan tanaman juga perlu diatur. Pilihlah lokasi yang tidak terlalu lembap dengan pencahayaan yang penuh. Anda bisa meletakkan tanaman tersebut di teras rumah atau di halaman belakang rumah. Ini akan ruang teras dan halaman belakang menjadi lebih asri dan sejuk.

Bagi Anda yang sudah memahami dan cara merawat tanaman monstera, sebaiknya Anda segera membelinya sebelum harganya menjadi lebih mahal. Sebagai referensi agar Anda bisa memperkirakan anggaran beli tanaman monstera dengan mudah, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Klorofil K-Link (K-Liquid Chlorophyll)

Harga Tanaman Monstera

Varian tanaman monstera/janda bolong
Varian tanaman monstera/janda bolong
Jenis Tanaman Monstera Harga (Rp)
Monstera Karsten Anum Gantung 20.000
Monstera Obliqua Bibit 20.000
Monstera Obliqua Medium 25.000
Monstera Ekor Naga 3 Daun 45.000
Monstera Rhapidopora Tetrasperma Bibit 50.000
Monstera Ekor Naga 2 Daun + Tunas 50.000
Monstera Deliciosa Variegata Bibit 55.000
Monstera Epipremnum Pitanum Bibit 65.000
Monstera Rhaphidophora Bibit 74.100
Monstera Adansoni Bibit 75.000
Monstera Amydrium Medium 90.000
Monstera Philodendron Bibit 95.000
Monstera Philodendron Dewasa 500.000
Monstera Deliciosa Variegata Dewasa 1.850.000

Jika dibandingkan 2020 lalu, harga tanaman monsterajanda bolong mengalami perubahan pada 2021. Misalnya, Monstera Deliciosa Variegata Dewasa yang semula hanya dibanderol Rp370.000, kini di pasaran jenis tersebut bahkan mampu dijual mencapai Rp1.850.000. Begitu pula dengan bibit Monstera Rhaphidophora yang naik dari harga Rp45.200 menjadi Rp74.100. Sedangkan Monstera Ekor Naga 3 Daun naik tipis dari harga Rp44.550 sekarang Rp45.000.

Perlu Anda ketahui, harga tanaman monstera di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagangĀ online. Harga tanaman monstera tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Ditta]

[1]Husna, Sabilla Nur. 2017. Transformasi Bentuk Daun Monstera sebagai Motif Batik dalam Busana Kasual (Skripsi). Seni Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.