Update Harga Tanaman Hias Bunga Krisan di Pasaran

Dengan yang subur, Indonesia menjadi tempat yang sangat potensial untuk melakukan berbagai , termasuk hias. Dan, salah satu hias yang saat ini makin banyak dikembangkan di Tanah Air adalah bunga krisan.

Bunga krisan (sumber: Bukalapak)

Bunga krisan (sumber: Bukalapak)

Budidaya bunga krisan di Tanah Air memang makin berkembang dari tahun ke tahun. Pasalnya, permintaan akan bunga hias ini selalu meningkat. Keindahan bunga krisan agaknya sudah memikat hampir semua masyarakat di Indonesia.

Di Kota Batu, Jawa Timur, misalnya, dalam satu kali pengiriman di tahun 2016, para bisa mengirimkan sekitar 4.000 batang bunga krisan per hari. Padahal, di tahun 2015 lalu, rata-rata hanya mampu mengirimkan 2.000 batang bunga krisan per hari. Karena itu, petani bunga krisan yang awalnya kurang dari 100 orang, kini sudah melebihi angka 200 orang.

Permintaan bunga krisan dari Kota Batu sendiri berasal dari Surabaya, Semarang, hingga Bali dan Kalimantan. Para penjual bunga dari daerah tersebut juga cukup cerdik dalam memanfaatkan teknologi digital yang berkembang pesat. Dengan sistem , bunga krisan dari Kota Batu pun menunjukkan angka menggembirakan.

Bunga krisan sendiri merupakan sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai pekarangan atau bunga petik. Tanaman dengan nama lain seruni atau krisantemum ini mulai muncul pada zaman Kapur. Bunga krisan merupakan bagian dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang mencakup bermacam-macam jenis Chrysanthemum.

Meski dapat dikembangbiakkan di banyak negara, bunga krisan telah menjadi bunga nasional negara Jepang. Bunga yang dalam Bahasa Jepang disebut sebagai kiku ini sering ditambahkan ke dalam agar lebih dan nikmat karena aromanya yang mewangi.

Untuk menanam bunga krisan, setidaknya ada empat hal yang patut diperhatikan. Pertama, menanam atau menempatkan bunga krisan di bawah sinar matahari penuh. Kedua, menggunakan tanah subur yang mudah mengalirkan air jika ingin menanam bunga ini di dalam wadah. Ketiga, tanam bunga ini di lokasi yang banyak memperoleh sirkulasi udara. Terakhir, pindahkan bunga krisan ke lokasi baru setiap tiga tahun.

Nah, setelah mengetahui apa itu bunga krisan, lalu berapa harga tanaman tersebut saat ini? Sebenarnya, harga bunga krisan bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis bunga dan daerah tempat menjual bunga tersebut. Jika diambil rata-rata, satu tangkai bunga krisan saat ini dijual mulai Rp3.500. Sementara, tanaman bunga krisan dijual mulai Rp23.000 hingga Rp35.000. Bunga potong pompon krisan hijau biasanya dijual dengan harga kisaran Rp150 ribuan. Adapun untuk bibit bunga ditawarkan mulai Rp800 per biji.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Cara Budidaya & Harga Buah Pepaya California
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Tanaman Hias Bunga Krisan di Pasaran"