Update Harga Tanaman Dolar dan Rambat Dolar di Pasaran

Tanaman dolar memiliki banyak jenis, mulai dari dolar gantung, dolar besar, dolar bonsai, dolar biasa, hingga dolar rambat. Meskipun beberapa jenis tanaman ini bisa merusak pagar dan harga jualnya tidak bisa dibilang murah, banyak orang yang mencarinya sebagai salah satu bahan taman. Selain itu, pohon dolar dapat dijadikan sebagai pagar hidup sekaligus untuk memenuhi atau menuruti feng shui agar rumah memiliki energi positif.

Ilustras:i Tanaman Dolar di Taman (credit: Amazon)
Ilustras:i Tanaman Dolar di Taman (credit: Amazon)

Perbedaan Tanaman Dolar dan Rambat Dolar

Dari sekian banyak tanaman dolar yang dijual, tampaknya tanaman dolar pot dan rambat dolar menjadi jenis yang paling laris. Dilihat dari bentuk dan struktur tanaman, tanaman dolar dan dolar rambat adalah jenis pohon dolar yang berbeda. Secara ilmiah, tanaman dolar memiliki nama zamioculcas zamiifolia yang dapat tumbuh subur di daerah yang bertanah gembur dan sedikit lembap, tetapi memiliki pencahayaan penuh.[1]

Bacaan Lainnya

Tanaman dolar memiliki struktur tanaman yang terbilang unik. Tumbuhan tersebut hanya memiliki satu ruas batang dengan daun di sela-sela ketiak batang. Daun-daunnya memiliki daun berbentuk menyirip dengan pangkal bulat dan ujung lancip. Daun dolar berwarna hijau muda hingga tua dan mengilap jika terkena sinar matahari.

Batang tanaman dolar tidak terlalu berkayu dan cenderung lentur. Meskipun tidak terlalu kaku, batang tersebut mampu menopang daun yang cukup tebal dan agak berair. Bagian tumbuhan tersebut cenderung berwarna hijau tua kecokelatan. Bagian pangkal batang memiliki bentuk seperti menggelembung dengan menyimpan air dan zat nutrisi.

Sementara itu, rambat dolar adalah tanaman yang memiliki struktur seperti sulur. Batang tumbuhan ini cenderung lebih tipis dan kecil dibandingkan tanaman dolar. Dolar rambat memiliki daun yang berwarna hijau dan bertumpuk di bagian ketiak dahan. Di setiap sela-sela batang dan daun, terdapat akar kecil berwarna perak.

Ada dua jenis akar yang melekat di tumbuhan rambat dolar, yakni akar di bagian ujung batang dan akar gantung di sela-sela daun. Akar tersebut berfungsi sebagai penyerap nutrisi di dalam tanah sekaligus alat untuk menempel di tembok atau kayu. Ini membuat tumbuhan bisa merambat dan tumbuh ke atas. Adanya akar tersebut juga memungkinkan tumbuhan tidak mudah mati saat dipotong.

Cara Merawat Tanaman Dolar dan Rambat Dolar

Tanaman dolar yang baru dibeli harus segera dipindahkan ke dalam pot, apalagi jika Anda membelinya dalam jumlah banyak dan masih berupa bibit. Setelah itu, letakkan tanaman di tempat yang sejuk dengan pencahayaan penuh. Tanaman dolar yang diletakkan di ruang tertutup juga harus sering dijemur saat pagi, setidaknya selama 5-10 menit. Ini supaya proses fotosintesis dapat berjalan dengan baik.

Peletakan tanaman dolar yang kurang tepat, bisa menyebabkan risiko rusak tanaman, daun layu, daun berwarna kuning, dan kusam. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kelembapan media tanam. Tanaman tidak boleh kekurangan dan kelebihan air. Anda hanya perlu menyemprotkan air saat tanahnya mulai kering.

Untuk rambat dolar, Anda hanya perlu memperhatikan lokasi tanam. Tanaman ini lebih cocok ditanam di ruang terbuka yang memiliki pencahayaan penuh. Anda bisa menanamnya di pekarangan atau halaman depan. Selain itu, beberapa orang juga suka menjadikannya sebagai pagar hidup, sehingga rumah menjadi lebih asri dan sejuk.

Perhatikan juga tingkat kelembapan rambat dolar. Tanaman hias tersebut harus disiram setiap hari, kecuali jika cuaca sedang hujan. Air akan membantu mempercepat perkembangan dan pertumbuhan akar pada daun, sehingga tanaman bisa melekat dengan baik. Supaya tanaman tidak merusak tembok, Anda juga perlu memangkas sedikit daunnya jika dirasa tanaman sudah terlalu besar. Pastikan Anda tidak lupa memberikan pupuk susulan agar tanaman dolar maupun rambat dolar tumbuh subur dan sehat.

Tanaman rambat dolar (sumber: wikipedia)

Harga Tanaman Dolar

Varian Tanaman Dolar Harga
Dolar Mini Rp5.500 per polybag
Dolar Zamia Rp39.500 per bibit
Dolar Zamia Rp90.000 per pot
Dolar Mangkok Bonsai Rp98.000 per pot
Dolar Varigata Gantung Rp150.000 per pot
Dolar Beringin Korea 2 m Rp10.000.000 per pot

Harga Tanaman Rambat Dolar

Varian Tanaman Rambat Dolar Harga
Dolar Rambat Kecil Rp5.000 per bibit
Dolar Rambat Besar Rp8.500 per bibit

Harga tanaman dolar dan rambat dolar di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga tanaman dolar dan rambat dolar tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harganya saat ini terbilang cukup stabil da. Sebagai contoh, rambat dolar kecil yang semula dijual dengan harga Rp4 ribuan per bibit, sedikit naik menjadi Rp5 ribu per bibit.

[1] Silalahi, Marina. 2019. Keanekaragaman Tumbuhan Bermanfaat di Pekarangan oleh Etnis Sunda di Desa Sindang Jaya Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 10(1): 88-104.

Pos terkait