Info Harga Tali Rami Pramuka (5, 10, 20 Meter)

hampir tak bisa dilepaskan dari kegiatan tali temali. Biasanya, dalam Pramuka menggunakan tali rami berwarna putih untuk berbagai keperluan, seperti membuat simpul khusus, membangun tenda, mengikat kayu, membuat jembatan, membuat tandu dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Harga tali rami Pramuka ini dipatok variatif, tergantung ukuran panjangnya.

Tali rami pramuka (sumber: lazada)
Tali rami pramuka (sumber: lazada)

Tentang Tali Rami Pramuka

Tali adalah jalinan serat alami atau buatan yang diulin atau dianyam agar tergabung menjadi kesatuan yang lebih kuat. Tali bukan kabel atau kawat, walau begitu tali memiliki kekuatan dan kelenturan yang tidak dimiliki oleh keduanya.

Bacaan Lainnya

Tali sebenarnya bisa dibuat dengan bahan berserat apa saja, walau begitu tali umumnya dibentuk dari serat alami atau bahan sintetis (buatan) tertentu. Serat sintetis umumnya lebih kuat dari serat alami, namun juga memiliki kelemahan, misalnya sangat licin saat dipegang.

Serat alami untuk tali biasanya dari bahan serat manila, linen, jerami, serat kapas dan lainnya. Serat sintetis yang biasa digunakan untuk tali adalah polipropilen, nilon, polyester, aramid atau akrilik. Beberapa jenis tali yang lain dibuat dari bahan beberapa serat.Beberapa jenis tali yang digunakan umumnya pada kepramukaan adalah taliyang terbuat dari bahan nylon, yang mempunyai kelemahan dan kekurangan sebagai berikut.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Kelebihan Tali Pramuka

  • Ringan dan mudah diatur.
  • Mudah dibuat simpul dengan kekuatan tarik yang merata.
  • Mempunyai elastisitas yang tinggi dan meredam sentakan.
  • Menyerap sedikit air.

Kekurangan Tali Pramuka

  • Tidak tahan terhadap panas.
  • Mudah meleleh pada temperatur yang tinggi.

Agar tali tahan lama dan dapat dipergunakan untuk jangka waktu yang panjang, tali harus dan perlu diberi perlakuan khusus setelah dipakai kegiatan. Lakukan beberapa langkah berikut untuk pemeliharaan tali.

Cara Merawat Tali Pramuka

Tali rami pramuka (sumber: siplahtelkom.com)
Tali rami pramuka (sumber: siplahtelkom.com)
  • Kotoran/kerikil yang melekat pada tali dicuci dengan air dingin (tidak tahan terhadap panas) dan dikeringkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung (diangin-anginkan).
  • Tali harus dijauhkan dari bahan-bahan yang merusak tali, misalnya air accu, oil, minyak, bahan-bahan kimia, dan lain-lain.
  • Penyimpanan tali pada tempat/ruangan tertentu yang terhindar dari cahaya matahari secara langsung, dan diusahakan sirkulasi udara lancar dengan kelembapan rendah.
  • Tali disimpan dalam keadaan kering dan digantung dalam bentuk lingkaran atau gulungan yang secara sederhana dan mudah diurai kembali.[1]
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Tali rami Pramuka yang berwarna putih ini memiliki banyak sekali kegunaan, seperti untuk mengerek bendera, membuat jemuran, mengikat, menarik atau mengangkat benda yang tak terlalu berat, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, tali satu ini sering menjadi aksesori wajib bagi Pramuka ketika melakukan kegiatan perkemahan, latihan, atau semacamnya.

Tali rami Pramuka yang dijual di pasaran biasanya terdiri dari yang panjangnya 5 meter, 10 meter, hingga 20 meter. Tali ini kerap dijual ( gulung) atau ada juga yang menjualnya per pack isi 10 buah tali. Tali rami Pramuka ini bisa ditemukan dengan mudah di mana saja, mulai dari toko-toko terdekat yang menjual perlengkapan sekolah hingga di toko-toko online. Berikut informasi harga tali rami pramuka di pasaran.

Harga Tali Rami Pramuka

Jenis & Ukuran Tali Rami Pramuka Harga (Rp)
Tali Rami Pramuka panjang 5 meter 5.000
Tali Rami Pramuka panjang 10 meter 10.000
Tali Rami Pramuka panjang 20 meter 20.000
Tali Pramuka Marlon Super Cap Tunas Special 5 meter 1 pack isi 10 biji 40.000
Tali Rami Pramuka 10 m 1 pak isi 10 tali Cap 58 48.000
Tali Rami Pramuka Special 10m 1 pak isi 10 biji serat 50.500
Tali Rami Pramuka 10 meter 1 pack Super Tali 57 85.000
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Informasi harga tali rami Pramuka di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga tali rami Pramuka dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga tali rami Pramuka yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari atau penawaran pihak penjual.

[1] Badaruddin, K, dkk. 2020. Ragam Keterampilan Kepramukaan. Palembang: Noer Fikri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *