Update Harga Taco Sheet per Roll (Berbagai Tipe)

Tampilan furniture yang cantik tidak hanya didapatkan dari material pembuatnya, melainkan lewat finishing yang sesuai. Meski furniture terbuat dari bahan kayu yang biasa, tetapi menggunakan finishing yang tepat, maka tampilannya justru akan terlihat lebih cantik. Ada banyak model finishing yang dapat digunakan, dan salah satu yang mulai populer adalah Taco sheet. Dengan harga yang relatif murah, ini adalah finishing tempel yang punya tekstur tersendiri dan hadir dalam berbagai varian warna.

Taco sheet motif kayu (facebook: @taco.id)
Taco sheet motif kayu (facebook: @taco.id)

Mebel atau furniture adalah perlengkapan yang mencakup semua barang, seperti kursi, meja, dan lemari. Di Indonesia, kayu masih menjadi salah satu bahan utama yang diminati banyak seniman mebel. Bahkan, negara ini menempati urutan pertama pemasok kayu jati dunia, terutama untuk mebel, dengan angka penggunaan kayu jenis lainnya, seperti kayu nyatoh, kayu sungkai, dan sejenisnya, juga cukup tinggi.[1]

Bacaan Lainnya

Tidak hanya untuk furniture, kayu juga sering dipilih sebagai bahan berbagai produk di luar ruangan, seperti kursi taman, dek, pagar, fasilitas permainan anak, papan pijak, papan petunjuk, hingga jembatan. Selain mudah dikerjakan, salah satu alasan kenapa kayu kerap dipilih sebagai bahan perabot dan konstruksi karena memiliki penampilan menarik, dengan corak dan gambaran yang khas.[2]

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Sunlight di Pasaran (All Varian)

Sayangnya, sebagai bahan baku, kayu memiliki beberapa kekurangan, seperti mudah berubah warna dan pecah atau retak jika dipaparkan di luar ruangan tanpa perlindungan. Nah, untuk menjaga kualitas dan penampilan, akhirnya digunakan pelapis bahan finishing pada permukaan kayu. Meski demikian, kualitas hasil finishing dipengaruhi kondisi alami substrat kayu dan pelapisan bahan finishing yang dipakai.[3]

Apa Itu Taco Sheet?

Saat ini, ada banyak model finishing yang dapat digunakan untuk melindungi permukaan kayu serta membuat tampilan lebih menawan. Formula melamin-resin dikatakan sebagai salah satu bahan finishing yang paling efektif melindungi kayu tanpa mengubah penampilan alami kayu.[4] Sayangnya, harga bahan ini relatif mahal. Sebagai alternatif yang lebih murah, banyak yang akhirnya beralih ke pernis, cat semprot, hingga Taco sheet.

Khusus nama yang disebutkan terakhir, ini adalah salah satu pelapis yang dewasa ini marak digunakan. Pelapis ini memiliki kesamaan dengan HPL (High Pressure Laminate) sebagai coating dalam finishing tempel yang terbuat dari bahan sintetis. Taco memiliki tekstur tersendiri dan tersedia dalam aneka warna, tetapi umumnya warna-warna kalem.

Baca juga  Info Harga Maple Syrup di Pasaran

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan Taco sheet. Seperti disinggung di atas, bahan ini sudah tersedia dalam berbagai pilihan warna, memiliki permukaan yang sedikit bertekstur sehingga tidak terkesan monoton, memiliki panjang yang tidak terbatas sehingga cocok untuk pelapisan permukaan media yang memanjang dan luas, serta punya fleksibel dan bisa mengikuti bentuk produk media.

Secara tampilan, Taco sheet hadir dalam bentuk lembaran tipis yang siap ditempelkan. Umumnya, material ini dijual dalam bentuk gulungan dengan tebal kurang dari 1 mm. Panjangnya sendiri bisa disesuaikan kebutuhan konsumen dengan pembelian per roll ataupun meter. Sementara, mengenai harga, relatif lebih terjangkau dibandingkan HPL.

Ilustrasi: Pelapis Furniture per Roll (credit: Shopee)
Ilustrasi: Pelapis Furniture per Roll (credit: Shopee)

Harga Taco Sheet

Varian Taco Sheet Harga
Taco Sheet Orange Rp34.850 per meter
Taco Sheet Hitam Doff Rp34.850 per meter
Taco Sheet Putih Tulang Rp34.850 per meter
Taco Sheet Cream Rp34.850 per meter
Taco Sheet Rp34.850 per meter
Taco Sheet Abu-Abu Tua Rp34.850 per meter
Taco Sheet Hitam Motif Rp34.850 per meter
Taco Sheet Hijau Muda Rp34.850 per meter
Taco Sheet Polos Solid Rp38.000 per meter
Taco Sheet Glossy Polos Rp53.000 per meter
Taco Sheet Motif Kayu Rp59.500 per meter
Taco Sheet Metallic Rp59.500 per meter
Taco Sheet PVC Motif Tipe G Rp560.000 per roll
Taco Sheet Tipe P Rp600.000 per roll
Taco Sheet Luxury Seri L Rp660.000 per roll
Taco Sheet Motif Tipe Non L Rp850.000 per roll
Baca juga  Update Harga Lilin Lebah (Beeswax) dan Cara Menggunakannya

Harga Taco sheet di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Biasanya, 1 roll Taco sheet memiliki panjang 100 meter. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga material ini cenderung naik. Taco sheet orange misalnya, awalnya dijual Rp29 ribu dan sekarang menjadi Rp34 ribuan per meter. Untuk memperoleh informasi harga Taco sheet varian lainnya, Anda dapat berkunjung ke toko material bangunan terdekat.

[1] Nangoy, Oktavianus Marti. 2010. Penggunaan Kayu Reklamasi untuk Furniture. Humaniora, Vol. 1(2): 351-358.

[2] Krisdianto, Esti Rini Satiti, Achmad Supriadi. 2018. Perubahan Warna dan Lapisan Finishing Lima Jenis Kayu Akibat Pencuacaan. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Vol. 36(3): 205-218.

[3] Ibid.

[4] Hansmann, C., et al. 2006. Artificial weathering of wood surfaces modified by melamine formaldehyde resins. Holz Als Roh-Und Werkstoff, Vol. 64(3): 168-203.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.