Update Harga Tabung Oksigen Ukuran Kecil

Tabung oksigen merupakan salah satu peralatan medis yang diperlukan untuk kondisi kesehatan tertentu. Ada baiknya Anda memiliki tabung oksigen ini di rumah untuk berjaga-jaga. Di pasaran sendiri, tabung oksigen tersedia dalam beragam ukuran, salah satunya berukuran kecil yang saat ini ditawarkan dengan harga berkisar puluhan ribu hingga jutaan .

Tabung oksigen kecil (sumber: boundtree.com)
Tabung oksigen kecil (sumber: boundtree.com)

Manfaat Tabung Oksigen

Seperti namanya, tabung oksigen adalah alat atau wadah berbentuk tabung yang digunakan untuk menampung gas O2 atau oksigen. Mengapa tabung ini sangat diperlukan? Karena tabung oksigen dapat menjadi pertolongan pertama ketika korban tidak sadarkan diri, dan pada saat itulah kinerja jantung mulai menurun. Jika tidak bisa mendapatkan kadar oksigen yang cukup, pasien tersebut dapat meninggal sewaktu-waktu ketika perjalanan ke unit gawat darurat.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari Alodokter.com, ada beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang untuk mendapatkan pasokan oksigen langsung dari wadah khusus seperti tabung oksigen. Salah satu contohnya adalah hipoksia, yaitu kondisi dengan kadar oksigen dalam darah begitu rendah. Kondisi ini sendiri bisa ditandai dengan sesak napas dan kelelahan, terutama sesudah berjalan atau batuk, dapat disertai dengan keringat dingin.

Gejala lain yang menandai seseorang mengalami hipoksia adalah permukaan kulit yang tampak kebiruan, paling mudah dikenali pada area bibir dan ujung-ujung jari. Kondisi medis lain yang memerlukan tabung oksigen adalah penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), apnea tidur, asma, gagal jantung, dan fibrosis kistik.

Namun, pemakaian tabung oksigen sendiri harus mendapatkan petunjuk dan evaluasi dari medis yang kompeten agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Perlu diingat bahwa pemakaian tabung oksigen di rumah bukan untuk pertolongan jangka panjang. Selain jangka waktu pemberian, perlu diperhatikan juga petunjuk pemberian dosis yang tepat. Misalnya, pada pertolongan penyakit jantung atau paru-paru, jika sudah mencapai kadar oksigen dalam darah yang normal, maka disarankan untuk menghentikan pemakaian tabung oksigen.

Di pasaran sendiri, sudah banyak produsen yang menjual tabung oksigen dalam berbagai ukuran. Banyak ragam ukuran tabung oksigen yang dijual bebas tentu membuat Anda memiliki banyak pilihan produk apa yang cocok Anda gunakan. Berikut kami sajikan referensi macam-macam ukuran tabung oksigen yang saat ini beredar di pasaran.

Ukuran Tabung Oksigen

Tabung oksigen kecil (sumber: air-source.com)
Tabung oksigen kecil (sumber: air-source.com)
Ukuran Tabung Dimensi Tabung (Tinggi x Diameter) Berat Isi
500 ml 36 cm x 7 cm 2,5 kg
0,5 m3 40 cm x 11 cm 5 kg
1 m3 69 cm x 14 cm 10 kg
1,5 m3 97 cm x 14 cm 15 kg
2 m3 120 cm x 14 cm 20 kg
6 m3 148 cm x 14 cm 60 kg

Selain ukuran, Anda sebaiknya juga mengetahui estimasi pemakaian tabung oksigen. Berikut estimasi pemakaian tabung oksigen menurut setting alat dan ukuran tabung.

Estimasi Pemakaian Tabung Oksigen

Ukuran Tabung Bukaan Regulator Estimasi Maksimal
1/4 m3 Angka 2

Angka 4

Habis 1 jam (nonstop)
Habis 30 menit (nonstop)
1/2 m3 Angka 2

Angka 4

Angka 6

Habis 2 jam (nonstop)
Habis 1 jam (nonstop)
Habis 30 menit (nonstop)
1 m3 Angka 2

Angka 4

Angka 6

Angka 8

Habis 4 jam (nonstop)
Habis 2 jam (nonstop)
Habis 1 jam (nonstop)
Habis 30 menit (nonstop)
1,5 m3 Angka 2

Angka 4

Angka 6

Angka 8

Habis 6 jam (nonstop)
Habis 4 jam (nonstop)
Habis 2 jam (nonstop)
Habis 1 jam (nonstop)
2 m3 Angka 2

Angka 4

Angka 6

Angka 8

Angka 10

Angka 12

Habis 8 jam (nonstop)
Habis 6 jam (nonstop)
Habis 4 jam (nonstop)
Habis 2 jam (nonstop)
Habis 1 jam (nonstop)
Habis 30 menit (nonstop)
6 m3 Angka 2

Angka 4

Angka 6

Angka 8

Angka 10

Angka 12

Habis 24 jam (nonstop)
Habis 12 jam (nonstop)
Habis 6 jam (nonstop)
Habis 3 jam (nonstop)
Habis 1,5 jam (nonstop)
Habis 45 menit (nonstop)

Nah, setelah mengetahui ukuran dan estimasi pemakaian tabung oksigen, lalu berapa harga alat kesehatan tersebut saat ini? Harga tabung oksigen bervariasi, tergantung ukuran dan merk tabung yang bersangkutan. Berikut kami sajikan kisaran harga tabung oksigen ukuran kecil di pasaran saat ini (dikutip dari berbagai sumber) pada 2022 dan 2023.

Tabung oksigen kecil (sumber: halodoc)
Tabung oksigen kecil (sumber: halodoc)

Harga Tabung Oksigen Kecil

Merk/Ukuran Tabung Oksigen Kecil Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Oxycan 500cc Rp45.900 – Rp75.000 Rp38.500 – Rp47.300
Tabung Oksigen 1 m3 Full Isi Rp490.000 – Rp995.000 Rp396.000 –Rp650.000
Tabung Oksigen 1,5 m3 Full Isi Rp850.000 – Rp1.525.000 Rp825.000 – Rp995.000
Tabung Oksigen 2 m3 Full Isi Rp934.999 – Rp1.650.000 Rp850.000 – Rp1.329.900

Harga tabung oksigen di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan kesehatan dan sejumlah situs online. Sebagai perbandingan, tahun 2021 laluOxycan 500cc ditawarkan dengan harga Rp39 ribu sampai Rp60 ribuan, harga tabung oksigen 1 m3 berkisar Rp525 ribu hingga Rp920 ribu, sedangkan tabung oksigen 2 m3 dijual Rp1 juta hingga Rp1,38 jutaan.

Meski keberadaan tabung oksigen di rumah bisa menyelamatkan jiwa, namun bukan berarti tanpa risiko. Salah satu risiko yang sering menjadi perhatian adalah potensi terjadinya kebakaran. Pasalnya, perhatian akan keselamatan pemakaian tabung oksigen masih sering diabaikan oleh sebagian besar pengguna. Berikut tips aman menyimpan tabung oksigen di rumah.

Tabung Oksigen Ukuran Kecil (sumber: rockwellcollins.com)
Tabung Oksigen Ukuran Kecil (sumber: rockwellcollins.com)

Tips Menyimpan Tabung Oksigen

  • Perhatikan jarak penempatan tabung oksigen dari tempat-tempat yang mengeluarkan api. Jarak aman untuk menempatkan tabung oksigen dari sumber api adalah 1,5-3 meter.
  • Untuk menghindari terjadinya kebakaran, usahakan tidak memakai alat-alat listrik yang berpotensi memercikkan api saat memakai tabung oksigen.
  • Jauhkan cairan yang mudah terbakar dari tabung oksigen, bahkan lotion yang mengandung alkohol sebaiknya tidak dioleskan pada pasien saat sedang menghirup tabung oksigen.
  • Jangan membersihkan tabung oksigen dengan cairan yang mudah terbakar. Menggunakan air lebih aman untuk membersihkannya.
  • Pastikan semua orang mengetahui aturan untuk tidak menyalakan api, misalnya merokok, di tempat Anda menyimpan tabung oksigen.
  • Usahakan tabung oksigen tidak tergeletak begitu saja agar alat ini tidak terlontar saat terjadi kebocoran.
  • Jangan mencoba memperbaiki sendiri kerusakan pada tabung oksigen. Lebih aman jika Anda memanggil teknisi yang kompeten.
  • Pastikan detektor asap di rumah bekerja dengan benar. Anda juga harus melengkapi rumah dengan alat pemadam kebakaran.
  • Jika aliran listrik mengalami kerusakan, pastikan petugas yang memperbaikinya mengetahui bahwa Anda memiliki tabung oksigen.

Selain itu, ketika hendak memakai tabung oksigen, Anda harus memastikan bahwa koneksi antara selang dan tabung tidak mengalami kebocoran. Setelah itu, Anda juga harus memastikan bahwa oksigen memang mengalir alias tabung oksigen berfungsi. Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti kuku dan bibir menjadi , kepala sakit, dan merasa mengantuk, setelah menggunakan tabung oksigen, segera hubungi .

[Update: Dian]

Pos terkait