Harga Swing Arm Yamaha R15 (Original, Banana, Second)

Bagi mereka yang gemar mengutak-atik sepeda motor, khususnya motor sport, pasti sudah tidak asing lagi dengan swing arm. Merupakan bagian dari suspensi, swing arm punya fungsi penting dalam suatu kuda besi karena bekerja di semua aksi yang dilakukan motor. Namun, karena satu dan lain hal, swing arm pun bisa rusak dan akhirnya bikin motor ‘goyang’ atau tidak stabil. Untung saja saat ini sudah banyak bengkel yang menjual swing arm, termasuk untuk motor Yamaha R15. produk memang cukup menguras kantong, rata-rata jutaan rupiah.

Apa Itu Swing Arm?

Ilustrasi: Swingarm Motor (credit: motorcyclespecs)
Ilustrasi: Swingarm Motor (credit: motorcyclespecs)

Swing arm atau lengan ayun adalah salah satu komponen di sepeda motor yang punya fungsi untuk menyambungkan roda belakang rangka, sebagai penahan roda penggerak, dan sebagai tumpuan shock breaker.[1] Selain itu, swing arm juga memiliki fungsi untuk menahan beban pengendara, akselerasi, pengereman, bahkan berhubungan dengan handling yang dapat berpengaruh besar pada performa sepeda motor, termasuk untuk kepentingan balapan.

Bacaan Lainnya

Khusus untuk sepeda motor tipe sport, biasanya memiliki swing arm dengan bagian berlubang, letaknya biasanya di dekat baut as roda belakang, sekilas mirip lubang tempat baut, tetapi tidak ada yang terpasang. Disebut swing arm spool, lubang tersebut ternyata berfungsi sebagai dudukan untuk pemasangan jalu paddock yang berguna untuk motor sport. Seperti diketahui, tidak seperti motor pada umumnya, sport bike tidak dilengkapi standar tengah dan fungsinya digantikan dengan standar paddock.

Baca juga  Info Terbaru Harga Gulai dan Sate di Gultik Blok M

Selain lubang tersebut, di dalam swing arm juga terdapat komponen yang dinamakan bushing arm atau kerap disebut bosh arm. Komponen ini berguna sebagai penyeimbang gerak swing arm sekaligus meredam getaran, terutama ketika motor diajak melaju di atas jalanan yang bergelombang. Lokasi bosh arm memang tersembunyi, berada di dalam bagian depan swing arm dan tertutup oleh as.

Bosh arm umumnya terdiri dari dua collar dan dua bearing bambu. Jika salah satu atau bahkan keduanya sudah aus, maka sepeda motor dijamin akan terasa goyang-goyang. Hal tersebut dapat dicek dengan cara menggoyang-goyangkan sepeda motor saat posisi standar tengah. Jika terasa oblak, kemungkinan besar bearing bosh arm sudah bermasalah.

Kondisi bosh arm juga sangat tergantung pada pemakaian sepeda motor. Seperti diketahui, jika Anda sering mengendarai sepeda motor di jalanan yang bergelombang atau tidak rata, akan mengakibatkan getaran berlebih pada kuda besi. Nah, getaran pada motor tersebut akan berpengaruh terhadap kondisi struktur swing arm.[2] Bukan tidak mungkin keadaan bosh arm di dalamnya mengalami kerusakan.

Baca juga  Update Harga Stroller Baby Elle (Semua Varian)

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan kondisi bosh arm aus atau mengalami kerusakan adalah karena sering mengangkut beban berlebih. Perlu diketahui, mengangkut beban berlebih akan membuat kinerja bushing arm lebih berat sehingga akan mengalami keausan. Penyebab lainnya yang memang tidak bisa dihindari adalah faktor usia pemakaian.

Ilustrasi: Bosh Arm Yamaha R15 (credit: Shopee)
Ilustrasi: Bosh Arm Yamaha R15 (credit: Shopee)

Bosh Arm Yamaha R15

Jika kebetulan sepeda motor Anda adalah Yamaha R15 dan kondisi bosh arm sudah mulai aus, maka disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Di pasaran dalam negeri, produk ini sudah dijual bebas, baik di bengkel maupun lewat situs jual beli online. Satu paket bosh arm Yamaha R15 yang diklaim sekarang ditawarkan dengan mulai Rp135.000 hingga Rp240.000, tergantung kebijakan masing-masing penjual.

Namun, apabila kerusakan bosh arm sudah parah dan menjalar ke bagian yang lain, mau tidak mau Anda harus mengganti swing arm sepeda motor Yamaha R15 Anda secara keseluruhan. Untung saja, saat ini produk swing arm untuk Yamaha R15 juga sudah dijual bebas dan dapat Anda beli di banyak bengkel motor. Lalu, berapa swing arm Yamaha R15 saat ini?

Baca juga  Syarat dan Update Biaya Pendaftaran Jaminan Fidusia

Swing Arm Yamaha R15

Model Swing Arm Yamaha R15 Harga
Swing Arm Yamaha R15 Bekas Rp1.350.000 – Rp1.500.000
Swing Arm Yamaha R15 V3 Rp1.880.000 – Rp2.150.000
Swing Arm Yamaha R15 V2 Rp2.870.000 – Rp3.705.000
Swing Arm Yamaha R15 Banana Aluminium Rp4.119.000 – Rp5.272.000

Harga swing arm Yamaha R15 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah bengkel sepeda motor dan beberapa situs e-commerce dalam negeri. Perlu Anda ketahui bahwa harga swing arm Yamaha R15 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang dijual sama.

[1] Kholil, Ahmad. 2013. Analisis Dinamika Struktur Swing Arm Sepeda Motor Suspensi Monoshock Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, Vol. 1: 1-13.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *